Home » , , » Posko Tanggap Bencana Ditambah di Bungo

Posko Tanggap Bencana Ditambah di Bungo

Written By jambipos-online on Friday, December 16, 2016 | 10:10


KABUT ASAP di Kota Jambi  KAMIS 3 SEPT 2015. Dok Jampos

Jambipos Online, Jambi-Badan SAR Nasional (Basarnas) menambah satu lagi posko siaga bencana di Provinsi Jambi, tepatnya di Kabupaten Bungo, guna mempermudah penanganan bencana di daerah itu Kepala Basarnas Marsekal Madya TNI FH Bambang Soelistyo mengatakan posko di Bungo untuk membantu apabila sewaktu-waktu terjadi bencana antarkabupaten di Provinsi Jambi yang memiliki wilayah perairan sungai yang cukup panjang.

“Posko di Bungo ini untuk memperpendek jalur jika harus terjadi evakuasi di wilayah luar Kota Jambi," kata perwira tinggi bintang tiga itu.

Menurut dia, pembentukan posko di Bungo juga didasarkan atas tingginya frekuensi bencana di daerah itu berupa banjir, longsor, dan kecelakaan di peraiaran.

Selain di Kabupaten Bungo, Basarnas juga mempertimbangkan untuk membangun posko siaga bencana di Kabupaten Kerinci, tetapi tidak masuk prioritas.

“Meski Kabupaten Kerinci dikatakan rawan bencana juga, namun kejadiannya periodik dan tidak setiap saat terus terjadi, berbeda dengan Kabupaten Bungo yang hampir setiap minggu mengancam tiap jiwa," kata Bambang.

Kehadiran Kepala Basarnas di Kota Jambi juga untuk mengecek personel dan alat penyelamatan yang ada di markas Basarnas di daerah itu. Secara nasional, kata Bambang, Basarnas memiliki 2.000 personel rescue dari jumlah ideal yang dibutuhkan sekitar 5.000 personel. (JP-01)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos