Home » , , , » Polda Jambi Terjunkan 1.800 Personel Amankan Natal

Polda Jambi Terjunkan 1.800 Personel Amankan Natal

Written By jambipos-online on Friday, December 23, 2016 | 16:47


Tim Gegana Polda Jambi. IST

Jambipos Online, Jambi - Jajaran kepolisian di Provinsi Jambi mengerahkan kekuatan penuh mengamankan perayaan Natal 2016 hingga Tahun Baru 2017. Pengamanan Natal dan Tahun Baru dilakukan ekstra ketat di daerah itu untuk menutup celah aksi teror, khususnya teror pada pelaksanaan ibadah perayaan natal, akhir tahun dan tahun baru di rumah-rumah ibadah.

“Untuk mencegah terjadinya gangguan keamanan, ketertiban dan kekacauan lalu lintas selama perayaan Natal 2016 hingga Tahun Baru 2017 di Jambi, jajaran Polda Jambi yang memiliki 10 kepolisian sektor (Polres) menerjunkan 1.800 orang personel. Kemudian Polda Jambi juga membentuk sekitar 200 unit pos komando (posko) pengamanan Natal dan Tahun Baru di 10 polres,” kata Kapolda Jambi Brigjen Pol Yazid Fanani kepada wartawan seusai gelar pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru dengan sandi Operasi Lilin 2016 di Polda Jambi, Kamis (22/12/2016) sore.

Dijelaskan, pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di Jambi merupakan gabungan dari unsur kepolisian, TNI dan dinas instansi terkait di daerah itu. Sekitar 1.350 orang atau 75% personil pasukan pengamanan Natal dan Tahun Baru di daerah itu berasal dari kepolisian. Sedangkan sisanya 450 orang atau 25 % berasal dari TNI dan dinas instansi terkait. Selain itu pasukan pengamanan natal dan tahun baru di Jambi juga diperkuat puluhan anjing pelacak. Anjing pelacak dikerahkan untuk mengantisipasi terror bom.

Pasukan pengaman Natal dan Tahun Baru di Jambi, lanjut Yazid Fanani disiagakan di lapangan mulai Jumat (23/12) hingga Minggu (1/1/2017). Setiap posko natal dan tahun baru di daerah itu diperkuat 30 orang personil. Kemudian pasukan pengamanan natal dan tahun baru dari jajaran kepolisian, khususnya pasukan penjinak bom atau Gegana Polda Jambi dikerahkan melakukan patroli dan sterilisasi rumah ibadah atau gereja dan bandara.

“Prioritas pengamanan kami lakukan di komplek rumah ibadah, bandara, terminal, jalan lintas Sumatera, perbankan dan pusat – pusat keramaian keramaian seperti tempat wisata dan pusat perbelanjaan. Posko pengamanan natal dan tahun baru sudah didirikan di tempat-tempat yang membutuhkan pengamanan tersebut,” jelasnya.

Sementara itu Kapolresta Jambi, Komisaris Besar Polisi (Kombes Pol) Bernard Sibarani mengatakan, pihaknya sudah menerjunkan sekitar 1.000 orang personel gabungan mengamankan Natal dan Tahun Baru di Kota Jambi, mulai Kamis (22/12).

“Pasukan pengamanan natal dan tahun baru di Kota Jambi tidak hanya siaga di posko, tetapi juga ada yang melakukan patroli selama 24 jam. Pasukan pengamanan natal dan tahun baru juga kami siagakan di gereja-gereja yang berada di pinggiran kota atau di luar komplek gereja Kotabaru dan Pasar,” tambahnya.

Sedangkan jumlah posko pengamanan natal dan tahun baru yang didirikan di Kota Jambi, tambah Bernard sebanyak 10 unit. Posko tersebut berada di komplek gereja Kotabaru dan Pasar, bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS), terminal bus Alam Barajo dan pusat perbelanjaan Pasar, Kota Jambi. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos