Home » , , , » Setiap Tahun Mahasiswa Unja Tanam 6.500 Pohon

Setiap Tahun Mahasiswa Unja Tanam 6.500 Pohon

Written By jambipos-online on Friday, October 7, 2016 | 7:49 PM

POHON: Gubernur Jambi H Zumi Zola bersama mahasiswa dan pelajar menanam pohon di Lingkungan Kampus Unja Mendalo, Muarojambi, Jumat (7/10). FOTO IST

Mahasiswa dan Pelajar Simak Kuliah Umum Gubernur Jambi

Jambipos Online, Jambi-Ratusan mahasiswa dari Universitas Jambi, Universitas Batanghari dan IAIN serta sejumlah pelajar di Kabupaten Muarojambi menghadiri kuliah umum Gubernur Jambi H Zumi Zola yang digelar dalam rangkaian kegiatan penanamn pohon dalam rangka implementasi Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan semua pihak di Kampus Unja Mendalo, Jumat (7/10).

Rektor Universitas Jambi, Prof. Johni Najwan dalam sambutannya mengatakan Unja mendukung penuh program Kementrian Lingkungan Hidup terkait 25 pohon yang ditanam masing-masing individu untuk seumur hidupnya.

Salah satu bentuk dukungan tersebut, UNJA berencana mewajibkan masing-masing mahasiswa yang baru untuk menanam pohon 1, sementara ketika tamat kuliah 5 pohon.

“Setiap tahun dengan jumlah 6.500 mahasiswa yang masuk, maka pertahunnya akan ada 6.500 pohon. Sementara setiap tahun UNJA meluluskan sekitar 5 ribu wisudawan, maka dikali 5 minimal setiap tahunnya selain 6500 dari siswa baru ditambah 25 ribu pohon akan tumbuh dikampus ini, ungkap Johni Najwan.

Sementara Gubernur Jambi, Zumi Zola dalam kuliah umum menjelaskan penanaman dan pelestarian hutan sangatlah penting.  Berkaca dari bencana kabut asap tahun lalu, kebanyakan disebabkan oleh manusia.

Berdasarkan data yang didapatkan Kementrian Kehutanan bahwa penyebab kebakaran hutan pada kabut asap tahun lalu disebabkan oleh alam.

Dalam hal ini tentu saja butuh komitmen bersama untuk menjga kelestarian dan mencegah tidak bertambahnya kerusakan hutan , termasuk perlu dilakun rehabilitasi hutan, lanjut pihaknya.

Dalam rangkaian kegiatan tersebut, setidaknya 5 MOU yang terjalin oleh Balai Pengendalian DAS dan LHK, diantaranya kerjasama pihak UNJA, IAIN, Kemenag Provinsi Jambi, dan Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos