Home » , , » Menagih Pamrih Anggota DPD-DPR Dapil Provinsi Jambi

Menagih Pamrih Anggota DPD-DPR Dapil Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Saturday, October 15, 2016 | 8:13 AM

Menagih Pamrih Anggota DPD-DPR Dapil Provinsi Jambi.Lee

Tak Mampu Tarik APBN Ke Provinsi Jambi

Jambipos Online, Jambi- Kini Provinsi Jambi menanti gebrakan tujuh anggota DPR RI dan empat anggota DPD RI hasil Pileg 9 April 2014 lalu. Dua tahun sudah senator Jambi itu berkantor di Senayan, namun Provinsi Jambi Tahun 2016 ini mengalami devisit anggaran Rp 122, 15 Miliar. Bahkan Dana Alokasi Umum (DAU) Provinsi Jambi disunat oleh Pemerintah Pusat tanpa bisa dicegah oleh 11 wakil rakyat Provinsi Jambi di Senayan.

Tujuh Anggota DPR RI Periode 2014-2019 hasil Pemilu 9 April 2014 lalu Dapil Provinsi Jambi yakni Hj Saniatul Lativa (Golkar), MR Ihsan Yunus (PDIP), Drs Zulfikar Achmad (Demokrat), Ir HR Sutan Adil Hendra (Gerindra), H.A Bakri HM SE (PAN),  H Handayani (PKB) dan Dra Hj Elviana Msi (PPP).

Sedangkan empat Anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) Dapil Provinsi Jambi Periode 2014-2019 di Senayan yakni M Syukur SH ( 235.941 suara), Hj Daryati Uteng S SE MM (127.376 suara), Dra Hj Juniwati T Masjchun S (perolahan 94.841 suara), H Abu Bakar Jamalia (93.605 suara).

Kunker Hanya Seremonial

Anggota Komisi X DPR RI yang diketuai H Sutan Adil Hendra (Gerindra) akhir-akhir ini kerap melakukan kunjungan kerja ke Provinsi Jambi. Semoga politisi Gerindra Dapil Provinsi Jambi ini tidak memiliki agenda lain yang dibungkus dengan Kunker Komisi X DPR RI. Bahkan kunker itu kerap hanya seremonial belaka.

Kunjungan Kerja Panja RUU tentang Sistem Pembukuan Komisi X DPR RI Provinsi Jambi Masa Persidangan I Tahun Sidang 2016 - 2017 di Provinsi Jambi, bertempat di Aula Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Jumat (14/10) siang, H.Sutan Adil Hendra menyatakan, pada tahun 2016 ini, anggaran APBN untuk sektor pendidikan Rp43,6 triliun dan Rp816,26 miliar untuk perpustakaan.

Ketua Rombongan Komisi X DPR RI yang juga anak daerah Provinsi Jambi, H.Sutan Adil Hendra menyatakan, Komisi X DPR RI ingin mendapatkan masukan tentang sistem perbukuan di Provinsi Jambi dan pada tahun 2016, menjaring masukan tersebut hanya dilaksanakan di 2 provinsi, yakni Provinsi Jambi dan Provinsi Jawa Timur.

Setelah Ishomaan lanjut Sutan Adil Hendra, Komisi X DPR RI akan melakukan kunjungan ke perpustakaan. 

Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap,SH,MH,MM berharap agar masukan dari Provinsi Jambi mermanfaat terhadap Rancangan Undang-Undang (RUU) Sistem Perbukuan. 

Ridham Priskap menyatakan, Provinsi Jambi sangat berharap supaya semakin banyak lagi buku bacaan yang diberikan ke Provinsi Jambi, dan semakin banyak pula perpustakaan dibangun. 

Kata Ridham Priskap mengemukakan bahwa sistem perbukuan dan perpustakaan sangat berguna untuk menambah wawasan masyarakat, yang juga seiring dengan upaya meningkatkan kualitas pemikiran masyarakat. 

Selain itu, Ridham Priskap mengucapkan terimakasih kepada rombongan Komisi X DPR RI, yang telah memilih Provinsi Jambi sebagai 1 dari 2 daerah kunjungan kerja (selain Provinsi Jawa Timur), untuk menyerap aspirasi tentang Sistem Perbukuan.

Berbagai masukan terkait perbukuan dalam acara tersebut adalah: 1.Agar diupayakan dan ditambah buku gratis untuk anak sekolah, baik buku pendidikan (pengajaran) maupun buku umum.

2. Pentingnya upaya membina para penulis cilik, dan Provinsi Jambi sudah memiliki komunitas penulis cilik. 3. Sangat pentingnya upaya meningkatkan minat baca masyarakat, terutama kepada anak sekolah dan mahasiswa. 4. Pentingnya royalti bagi penulis. (JP-03/Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos