Home » , , , » Kabar Gembira untuk Indonesia! Seekor Bayi Gajah Sumatera Lahir

Kabar Gembira untuk Indonesia! Seekor Bayi Gajah Sumatera Lahir

Written By jambipos-online on Friday, October 14, 2016 | 8:07 AM





Jambipos Online, Lampung-Kabar Gembira untuk Indonesia!  Seekor Bayi Gajah Sumatera Lahir (Elephas maximus sumatranus) betina lahir di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas (TNWK), Lampung, pada Senin (10/10/2016) pukul 22.30 WIB. 

Bayi gajah betina tersebut lahir dalam kondisi sehat, berbobot 81 kg, panjang badan 98 cm, dan merupakan anak dari Gajah Dita (23 tahun) yang berasal dari daerah Susukan Baru, Provinsi Lampung. 

Dengan lahirnya bayi gajah betina ini, populasi gajah captive di Pusat Latihan Gajah TNWK menjadi 65 ekor. Selain di Pusat Latihan Gajah, juga terdapat populasi gajah liar di TNWK yang mencapai 248 (Data Sensus 2011). Total populasi gajah di area TNWK adalah 313 ekor.

Sepanjang tahun 2016, sudah tiga ekor anak gajah lahir di kawasan Taman Nasional di Indonesia yang semuanya berjenis kelamin betina, yaitu Fitria, anak gajah sumatera betina yang lahir pada tanggal 29 Mei 2016 di Pusat Latihan Gajah Taman Nasional Way Kambas. 

Kemudian Rimbani, anak gajah sumatera betina lahir pada 1 Juni 2016 di Camp Flying Squad Taman Nasional Tesso Nilo. Nama gajah Fitria dan Rimbani diberikan langsung oleh Wakil Presiden RI H.M. Jusuf Kalla pada saat pembukaan Pekan Lingkungan Hidup dan Kehutanan Ke-20 Tahun 2016 tanggal 9 Juni 2016 lalu di Jakarta Convention Center Jakarta. Terakhir, Kelahiran anak gajah betina tanggal 10 Oktober kemaren di TNWK dan belum diberi nama.

Total populasi gajah captive (ex-situ) di Indonesia saat ini adalah 1.322 ekor, terdiri dari jantan 473 ekor dan betina 849 ekor. Dari total populasi tersebut, 545 ekor berada di Lembaga Konservasi Khusus/Pusat Latihan Gajah/Pusat Konservasi Gajah, dan 777 berada di Lembaga Konservasi untuk kepentingan umum.

Untuk meningkatkan populasi satwa gajah, Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan telah melakukan berbagai upaya, diantaranya melakukan survei dan monitoring jumlah, distribusi, keragaman genetis populasi Gajah.

Selain itu melakukan kampanye penyadartahuan, konservasi Gajah Sumatera dan Kalimantan secara regular kepada semua lapisan masyarakat.

Mempertahankan habitat dengan mendorong pelaksanaan pembangunan yang mengikuti kaidah-kaidah perencanaan yang berpihak pada pelestarian lingkungan serta hidupan liar seperti populasi Gajah Sumatera.

Mengatasi konflik manusia dan Gajah melalui tiga pendekatan yaitu ekologi, ekonomi dan sosial. Serta Menindak tegas perburuan dan perdagangan illegal Gajah. Mari lindungi dan sayangi Gajah Sumatera! (Siti Nurbaya FB)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos