Home » , » Diskusi Menata Kota Sebrang Jadi Kawasan Wisata Religi Jambi

Diskusi Menata Kota Sebrang Jadi Kawasan Wisata Religi Jambi

Written By jambipos-online on Friday, October 21, 2016 | 10:02

Diskusi Menata Kota Sebrang Jadi Kawasan Wisata Religi Jambi.IST
Jambipos Online, Jambi-Memandu diskusi terbatas selama 3 jam lebih siang tadi (Kamis 20 Oktober 2016) sebenarnya tidak terlalu melelahkan. Justru sebaliknya memberi tambahan ilmu dan rejeki bisa berjumpa kembali dengan beberapa tokoh masyarakat "Jambi Kota Sebrang" yang beberapa tahun lalu kerap saya sambangi sewaktu masih bertugas di KPU. 

Beberapa hal jadi catatan saya, antara lain penetapan "Sebrang" sebagai Kawasan Wisata Religi tahun 2012 (oleh mantan gub HBA) dan penetapannya sebagai Cagar Budaya oleh Walikota (walau SK nya masih sumir) belum ditindaklanjuti dengan program penataan lingkungan pemukiman yang merefleksikan penetapan kedua status diatas. 

"Sebrang" yang disebut-sebut sebagai representasi Melayu asli Jambi dan memiliki begitu banyak aset sejarah, budaya dan religi, lagi-lagi masih menjadi objek kebijakan yang "tak serius". Masterplan Kawasan Jambi Kota Sebrang tahun 2014 yang menelan anggaran Rp 700 juta, juga tak tentu rimbanya. 

Dokumen itu mungkin kini teronggok disalah satu sudut kantor sebuah instansi sedangkan instansi yang lainnya tengah merumuskan program baru tanpa pernah mengetahui ada dokumen sebelumnya yang berharga. 

Jadilah diskusi siang tadi meremuk redamkan dada saya yang menyimpan geram dan penasaran. Saat-saat demikian, welfie memang selalu jadi pelampiasan kesal yang terbaik. (FB-Ratna Dewi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambipos Online | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. Jambipos Online - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Publiser/Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos