Home » , , » Zola Minta Semua Etnis Berpartisipasi Bangun Jambi

Zola Minta Semua Etnis Berpartisipasi Bangun Jambi

Written By jambipos-online on Sunday, September 25, 2016 | 8:41 PM

Gubernur Jambi H Zumi Zola hadiri Silaturahmi Keluarga Tebo Jambi.


Gubernur Jambi H Zumi Zola hadiri Silaturahmi Keluarga Tebo Jambi.
Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi, H Zumi Zola meminta seluruh elemen masyarakat dari berbagai etnis yang ada di Provinsi Jambi ikut berpartisipasi dalam meningkatkan pembangunan di Provinsi Jambi. Zola juga mengemukakan bahwa pembangunan Provinsi Jambi harus melibatkan semua suku dan kalangan yang ada di Provinsi Jambi. Pembangunan tidak mungkin berhasil tanpa dukungan masyarakat.

Hal tersebut diungkapkan H Zumi Zola dalam Pembukaan Musyawarah Wilayah (Muswil) II Persatuan Keluarga Daerah Pariaman (PKDP) Provinsi Jambi Tahun 2016, bertempat di Sumatera Meeting Room Hotel Nusa Wijaya, Kota Jambi, Sabtu (24/9) siang.

Tema Musyawarah Wilayah II PKDP Provinsi Jambi Tahun 2016 tersebut adalah "Baserak Kito Dibaok Untuang Bakumpue Kito Tando Sakampuang Basatu Ranah Jo Rantau Kito Rajuk Jabatan Hati Basamo Mangko Manjadi."

Zola mengatakan, Pemerintah Provinsi Jambi menyambut baik upaya pembangunan daerah dengan menggerakkan partisipasi masyarakat.

“Saya menyambut baik keberadaan organisasi PKDP Provinsi Jambi dan Muswilnya. Pembangunan di Provinsi Jambi ini harus melibatkan semua lapisan masyarakat, semua suku yang ada di Provinsi Jambi, tidak bisa kalau tidak ada dukungan dari masyarakat," kata Zola.

Disebutkan, Provinsi Jambi kaya akan keragaman suku dan masyarakat yang majemuk, dan menjadi modal sosial penting dalam pembangunan Provinsi Jambi.

“Kalau satu suku saja kita analogikan satu warna, ketika kita ikat semua suku yang ada di Provinsi Jambi, maka akan menjadi campuran berbagai warna seperti pelangi yang sangat indah, yang jauh lebih indah daripada hanya satu warna. Begitu juga dengan pembangunan, semua suku ini terikat, satu tujuan dalam program pembangunan, apakah itu Pemprov, Pemkab, dan juga Pemkot," jelas Zola.

Zola mengatakan, dia hadir dalam acara Pembukaan Muswil II PKDP Provinsi Jambi, selain sebagai Gubernur Jambi, juga sebagai anak dari H.Zulkifli Nurdin, mantan Gubernur Jambi, yang memiliki hubungan emosional dengan PKDP provinsi Jambi.

Terkait Munas II PKDP, Zola mengemukakan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi membuka pintu untuk dapat berkoordinasi dengan PKDP Povinsi Jambi. "Apa program yang bisa disinergikan, kita sinergikan," tutur Zola.

Sebelumnya, Bupati Padang Pariaman, Drs. Ali Mukni mengungkapkan dirinya sangat mengapresiasi PKDP Provinsi Jambi dan menjadi contoh bagi PKDP di provinsi lainnya se Indonesia.

Ali Mukni menekankan bahwa PKDP adalah paguyuban, sifatnya kekeluargaan, oleh karena itu jangan ditunggangi oleh kepentingan politik. "PKDP adalah wadah paguyuban, jangan ditunggangi oleh kepentingan politik," tegas Ali Mukni.

Ali Mukni berpesan agar seluruh masyarakat Provinsi Jambi asal Padang Pariaman jangan ada yang terlibat penggunaan dan peredaran narkoba. Ali Mukni juga menghimbau PKDP untuk mendukung program kerja Gubernur Jambi.

Mewakil Ketua Umum Himpunan Masyarakat Minang Provinsi Jambi, Sekretaris Himpunan Masyarakat Minang Provinsi Jambi, Drs. Arman Safat, MM mengharapkan masyarakat Provinsi Jambi asal Sumatera Barat saling menolong, bahu-membahu, dan semakin maju, serta bisa berkontribusi terhadap kemajuan daerah tempat tinggal (Provinsi Jambi) dan daerah asal (Provinsi Sumatera Barat).
Arman Safaat menambahkan, ayahanda Zumi Zola, H.Zulkifli Nurdin, mantan Gubernur Jambi memberikan perhatian besar badi PKDP dan Himpunan Masyarakat Minang Provinsi Jambi.

Ketua Umum PKDP Provinsi Jambi, Hairul Naim, SH,MH berpesan agar PKDP selalu memelihara semangat persatuan dan kesatuan, serta memupuk solidaritas.

Hairul Naim menyatakan, tujuan Muswil II adalah : 1.Mengganti Ketua, 2.Mengevaluasi program kerja, 3.Menyempurnakan (memperbarui) Anggaran Dasar/Anggaran Rumah Tangga.

"Mudah-mudahan kita bisa bermusyawarah dengan baik, dan mudah-mudahan musyawarah yang kita laksanakan menjadi bagian dari kontribusi kita terhadap pembangunan Provinsi Jambi," ujar Hairul Naim.

Dikatakan oleh Hairul Naim, masyarakat asal Pariaman sudah ada di Provinsi Jambi sejak tahun 1957, bersamaan dengan tahun berdirinya Provinsi Jambi, dan pada 15 Maret 2007 dicapai kesepakatan untuk membentuk PKDP Provinsi Jambi.

Ketua Panitia Muswil II PKDP Provinsi Jambi, H.Abdul Latif, M.Si pada intinya mengharapkan agar dalam Muswil II PKDP Provinsi Jambi Tahun 2016 ini terpilih Ketua PKDP Provinsi Jambi Periode 2016 - 2021. (JP-04)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos