Home » » Manten Sapi, Tradisi Unik Sebelum Lebaran Haji

Manten Sapi, Tradisi Unik Sebelum Lebaran Haji

Written By jambipos-online on Sunday, September 11, 2016 | 11:39 PM

http://www.inilahjambi.com/wp-content/uploads/2016/09/manten-sapi.jpg
Manten Sapi, Tradisi Unik Sebelum Lebaran Haji
Jambipos Online-Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya-budaya nya yang bisa dikatakan sangat unik dan menarik. Salah satunya adalah budaya yang ada di Pasuruan, Jawa Timur.
 
Budaya unik yang dilakukan sebagian masyarakat di Pasuruan kali ini dikatakan sangat unik. Pasalnya, menjelang Idul Adha beberapa warga desa di Pasuruan melangsungkan sebuah tradisi yang dinamakan ‘Manten Sapi’.

Dalam tradisi Manten Sapi ini, biasanya sang pemilik sapi yang akan dikurbankan melakukan sebuah kegiatan seperti memandikan sapi menggunakan kembang tujuh rupa, dan meriasnya layaknya seorang pengantin.

Sapi-sapi tersebut biasanya juga akan dipakaikan kalung melati dan mawar serta kain putih agar terlihat bersih sebelum disembelih.

Menurut kepercayaan beberapa warga, tradisi unik ini memiliki makna bahwa sapi-sapi yang dikurbankan tersebut akan masuk surga, oleh karena itu mereka dirias dulu dan dipakaikan kain putih.
“Sapi-sapi ini nantinya akan di sembelih, artinya sapi-sapi ini harus dimuliakan terlebih dahulu” Ujar seorang warga Pasuruan yang melakukan tradisi Manten Sapi.

Dilansir dari merdeka.com, tradisi unik ini sudah berlangsung sejak lama dan turun temurun dari jaman dahulu. Biasanya tradisi ini dilakukan pada sore hari sebelum malam Takbiran. Sejumlah warga akan mengarak sapi-sapi yang akan dikurbankan tersebut ke Masjid untuk diserahkan ke Panitia Kurban.

Tradisi unik ini harus dilestarikan agar tidak tergerus zaman, karena bagaimanapun juga tradisi dan budaya seperti ini merupakan salah satu kekayaan Indonesia yang bisa di promosikan ke dunia sebagai salah satu objek wisata. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos