Home » » Kebun Binatang Taman Rimba, Shiro dan Hiro Jadi Koleksi Baru

Kebun Binatang Taman Rimba, Shiro dan Hiro Jadi Koleksi Baru

Written By jambipos-online on Tuesday, September 27, 2016 | 2:14 PM

Menunggang Gajah di Taman Rimab Jambi. Satu Orang Karcis Rp 15.000 Satu Kali Lintasan Sepanjang 50 Meter. Foto Asenk Lee Saragih 










Ezer Twopama Manihuruk (depan dipeluk pawang) ikut Menunggang Gajah di Taman Rimab Jambi. Satu Orang Karcis Rp 15.000 Satu Kali Lintasan Sepanjang 50 Meter. Foto Asenk Lee Saragih 

Menunggang Gajah di Taman Rimab Jambi. Satu Orang Karcis Rp 15.000 Satu Kali Lintasan Sepanjang 50 Meter. Foto Asenk Lee Saragih 
Jambipos Online, Jambi- Ada sesuatu yang menjadi daya tarik di Kebun Binatang Taman Rimba, daya tarik tersebut, adalah penambahan sembilan ekor koleksi baru. Yang merupakan hasil kerjasama dengan Kebun Binatang Safari. Sembilan satwa baru tersebut, adalah; dua ekor Singa Jantan bernama Shiro dan Hiro, serta enam ekor satwa lainnya.

Kepala Seksi Pemeliharaan Satwa Kebun Binatang Taman Rimba, Arif Md mengatakan, kerjasama kedua Kebun Binatang tersebut, merupakan program yang dicanangkan oleh Kebun Binatang Taman Rimba pada 2016 ini.

Kebun Binatang Taman Rimba beralamat di Jalan Sunaryo, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi. Tepatnya tujuh kilometer dari pusat kota dan 500 Meter dari Bandara Sultan Thaha.

Arif menjelaskan, pihaknya menukarkan beberapa satwa yang jumlahnya overload, yaitu bangau tong-tong, cangak merah,  nabu, kukang kepada Taman Safari.

Arif juga menjelaskan, Taman Rimba ini ada tiga edukasi diantaranya yaitu, konservasi, edukasi serta rekreasi. “Fungsi konservasi kita saling tukar menukar, dan kita memelihara satwa-satwa yang dilindungi, untuk kepentingan edukasi, saling terkait kan, edukasi untuk pembelajaran maka perlu penambahan beberapa satwa yang baru supaya masyarakat tahu,” ujarnya.

Arif menjelaskan, sekarang habitat satwa semakin sedikit. “BKSDA bekerjasama dengan Dinas Kehutanan membawa satwa yang terluka dan sakit yang akan kita obati dan rawat, akan kita pelihara dan kita kembalikan ke habitatnya,” tambahnya.

Selanjutnya, Arif juga menjelaskan, setahun ada 1.000 sekolah yang mendatangin Bonbin Taman Rimba untuk belajar, dan banyak mahasiswa S3 melakukan  penelitian terhadap hewan di kebun binatang.

Menurut Arif, kebun binatang adalah salah satu alternatif wisata keluarga yang murah, kebun binatan taman rimba ini paling murah Se-Sumatera, cukup membayar tiket Rp8 ribu untuk dewasa, Rp5 ribu untuk tiket anak-anak, dan membayar karcis pakir sebesar Rp. 3.000 untuk motor, Rp5 ribu untuk mobil kecil dan Rp10 ribu untuk mobil Bus.

Tahun depan kebun binatang akan menaikan harga tiket orang dewasa menjadi Rp10 ribu untuk dewasa “kita akan menaikan harga tiket tapi tidak signifikan.”
Arif mengemukan, koleksi hewan di kebun binatang untuk hewan khas sumatera sudah lengkap dan arif menargetkan untuk menambah koleksi baru yaitu binatang Jerapah dan Zebra.

Masih dalam wacana, Kebun Binatang Medan menawarkan kerjasama untuk barter Singa wanita, karena kita memiliki dua ekor Singa jantan. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos