Home » , » H. Fachrori Umar Berharap TIK Digunakan Mengembangkan Iptek dan IMTAQ

H. Fachrori Umar Berharap TIK Digunakan Mengembangkan Iptek dan IMTAQ

Written By jambipos-online on Tuesday, September 6, 2016 | 12:39 PM

Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H. Fachrori Umar, M.Hum
Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur (Wagub) Jambi, H. Fachrori Umar, M.Hum berharap agar Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) digunakan untuk mengembangkan ilmu pengetahuan dan teknologi (Iptek) serta iman dan taqwa (Imtaq). 
 
Hal tersebut dikemukakan oleh Wagub dalam Pembukaan Gebyar TIK Provinsi Jambi Tahun 2016, bertempat di Ball Room Hotel Novita, Kota Jambi, Selasa (6/9/2016) siang

Gebyar TIK tersebut diselenggarakan oleh Dinas Pendidikan Provinsi Jambi.

Supaya pemanfaatan TIK bisa mengembangkan Iptek dan Imtaq, Wagub menekankan agar penggunaan TIK bijak dan beretika, bisa membendung dan menanggulangi dampak negatif, serta memanfaatkan TIK dengan sehat.

Wagub menyatakan, saat ini sudah sangat banyak orang yang memiliki hand phone canggih, termasuk anak-anak sekolah, namun hendaknya hand phone canggih tersebut digunakan untik hal-hal positif, agar bisa menghasilkan manfaat. 

Wagub mengapresiasi diselenggarakannya gebyar TIK ini, sebagai ajang untuk menuangkan kreativitas, serta berharap agar peserta gebyar TIK provinsi Jambi bisa bersaing di tingkat nasional.

Wagub menghimbau para siswa siswi, guru, dan masyarakat untum memanfaatkan TIK secara positif, yang bisa meningkatkan kemajuan masyarakat, daerah, bahkan Indonesia. 

Terkait adanya Gerakan Seribu Film Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Jambi, Wagub menyambut baik diadakannya Gerakan Seribu Film Pendidikan dan Kebudayaan Jambi tersebut, sembari berharap agar semakin banyak lagi khasanah, budaya, dan keindahan alam Provinsi Jambi yang dituangkan dalam film itu,  serta agar kreativitas putra pitri Provinsi Jambi semakin terasah dengan pembuatan film tersebut. 

"Perkembangan teknologi telah memberikan kemudahan bagi para praktisi pendidikan untuk mengembangkan film-film pendidikan," ujar Wagub. 

Selanjutnya, Wagub melakukan pencanangan Seribu Film Pendidikan dan Kebudayaan Jambi, didampingi oleh Kapuspenkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI dan Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi. 

Setelah membuka Gebyar TIK tersebut, Wagub meninjau Balai Penembangan Multimedia Pendidikan dan Kebudayaan (BPMPK).

Kepala Puspenkom Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia, Didik Wira Samudera, SH.M.Kom mengatakan, Gebyar TIK sudah diselenggarakan 4 tahun di Provinsi Jambi, dan dari tahun ke tahun animo siswa-siswi dan guru sangat tinggi. 

Didik Wira Samudera menyatakan, kehadiran TIK harusnya mampu meningkatkan kualitas pendidikan. "Gebyar TIK ini merupakan salah satu trigger untuk memotivasi para guru untuk meningkatkan kualitas pendidikan," ungkal Didik Wira Samudera. 

Dikatakan oleh Didik Wira Samudera, Indonesia meruoakan negara terbesar ke-6 di dunia dalam penggunaan media sosial, namun kebanyakan penggunaannya lebih pada hiburan, bukan untuk pendidikan. 

Didik Wira Samudera berharap 10 tahun kedepan, Indonesia bukan lagi hanya sebagai user (pengguna) TIK, namun sebagai produser (penghasil). 

Didik Wira Samudera mengungkapkan, pada tahun 2040, Indonesia diperkirakan menghadapi bonus demografi, dan untuk itu, generasi yang akan mengisi bonus demogradi tersebut harus dipersiapkan sebaik mungkin, termasuk dengan penggunaan TIK dengan positif. 

Didik Wira Samudera juga berharap supaya guru yang sudah memiliki blog, membagikan (share) materi yang penting dan bermanfaat kepada para siswa siswinya. 

Didik Wira Samudera mengemukakan, TIK tidak hanya internet, tetapi bisa juga intranet, yang bisa digunakan dengan sistem jaringan di sekolah.

Didik Wira Samudera menyarankan para siswa siswi dan guru untuk menggunakan hand phone untuk membuat (mengabadikan) hal-hal di sekitar, yang bisa membantu proses belajar mengajar. 

"Pendidkan dengan teknologi pendukungnya harus diarahkan untuk membentuk manusia yang cerdas dan berkarakter baik," pungkas Didik Wira Samudera. 

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, H.Rahmat Derita Harahap, M.Pd.I melaporkan, Gebyar TIK diselengharakan sebagai bentuk apresiasi kepada guru dan siswa SD, SMP, SMA, SMK dalam pengembangan teknologi informasi dan komunikasi untuk pendidikan.

Rahmat Derita menyatakan, kegiatan yang dilaksanakan dalam Gebyar TIK tersebut adalah: 1.Pameran TIK,  2.Seminar TIK, diikuti 500 guru se Provinsi Jambi, 3.Lomba TIK dengan Lomba Blog Siswa, Lomba Blog Guru, dan Lomba Blog Sekolah, 4.Lomba Ki Hadjar.

"Pemenang Gebyar TIK akan dikirim ke tingkat nasional di Jakarta yang akan diselenggarakan pada Oktober 2016," lanjut Rahmat Derita. 

Rahmat Derita menyatakan, 2 tahun berturur-turut, Gubernur Jambi memperoleh Anugerah Ki Hadjar, dan berharap tahun ini masih tetap memperolehnya. 

Pada kesempatan tersebut, ditayangkan film dokumenter pendidikan karya anak Provinsi Jambi. Tarian dari Sanggar Graha Puspa yang diperagakan oleh siswi-siswi Jambi turut memeriahkan acara tersebut. (Mustar Hutapea-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos