Home » , , » Darwin Sitanggang Bantah Tudingan Mentan Andi Amran Soal Hibah Bibit

Darwin Sitanggang Bantah Tudingan Mentan Andi Amran Soal Hibah Bibit

Written By jambipos-online on Thursday, September 8, 2016 | 8:16 PM

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman (keempat kanan) didampingi Gubernur Jambi Zumi Zola (kiri) berbicang dengan petani jagung di Muarojambi yang tidak diberi bantuan benih. Kasus ini akhirnya berujung dengan pencopotan Kepala Dinas Pertanian Muarojambi.[Istimewa]
Jambipos Online, Muarojambi-Kepala Dinas Pertanian, Muarojambi, Darwin Sitanggang membantah teledor dalam menjalankan bantuan bibit dari Kementrian Pertanian (Kementan). Pihaknya berdalih bantuan bibit yang diprogramkan Kementan memang belum turun ke daerahnya.(Baca Juga: Petani Tak Dibantu Benih, Kadis Pertanian Muarojambi Akhirnya Dicopot)

Pengadaan itu kan Pusat, bukan di kabupaten. Tapi kalau tahun ini memang belum ada turun kok bantuanya.(Baca Juga: Ke Muaro Jambi, Mentan Marah-marah Minta Kadis Pertanian Dicopot)

Hal itu ditegaskan Darwin Sitanggang kepada wartawan, Kamis (8/9/2016). Dia dengan keras membantah tuduhan Mentan, Andi Amran Sulaiman yang menganggap dirinya lalai dalam menyalurkan bantuan bibit ke petani. 

Bahkan dirinya menegaskan jika bantuan apapun dari Pemerintah Pusat selalu selalu diberikan kepada petani ataupun kelompok tani dengan tepat waktu.

"Tahun lalu, kita distribusikan ke para petani, termasuk yang tahun ini yang katanya juga ada bantuan dari pemerintah pusat. Tapi memang tahun ini kan belum turun" tambahnya.

Terpisah, Syarial, anggota Kapoltan, Kelompok Tani di desa simpang 5 kecamatan Jaluko mengatakan Dulu pada tahun 2013 pernah dapat bantuan bibit padi dan Pupuk dari pemerintah Daerah Muarojambi secara gratis.

"Tahun 2013 dulu pernah dapat bantuan bibit padi dan pupuk" ujarnya. Bukan sekali itu saja, pada tahun 2014 pihaknya pun pernah dapat bantuan bibit padi. Namun di tahun 2015 dapat bantuan yang berbeda, yakni bantuan untuk membuat penyaluran air ke sawah-sawah.

"Bantuan berupa mesin dan infrastruktur pertanian," ujar Syarial lagi. Sebelumnya, kunjungan mendadak Mentan ke salah satu lahan pertanian di Kecamatan Kumpe Muarojambi mengakibatkan perintah untuk memecat Kadis Pertanian. Pasalnya Mentan melihat langsung petani bercocok tanam secara swadaya tanpa bantuan pemerintah.

Menanggapi hal tersebut, Mentan marah dan menganggap Dinas Pertanian Muaro Jambi tidak menjalankan tugas dengan baik. Padahal bantuan bibit dari pemerintah pusat terus mengucur setiap tahunya. (JP-03)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos