Home » , » Zumi Zola Diingatkan Profesional Tentukan Pilihan Hasil Lelang Jabatan

Zumi Zola Diingatkan Profesional Tentukan Pilihan Hasil Lelang Jabatan

Written By jambipos-online on Tuesday, July 12, 2016 | 8:51 AM


Pemerintah Provinsi Jambi membutuhkan Kadis PU Selevel Ir PB Panjaitan MM yang mampu membangun jaringan dan hubungan baik dengan Menteri dan Kementerian serta DPR di Senayan. Ir PB Panjaitan MM juga sebagai sosok Kadis PU yang mampu menciptakan kekompakan staf dan para kabid di lingkungan PU Provinsi Jambi, serta menghargai semua orang tanpa terkecuali. Foto Asenk Lee Saragih.


Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H Zumi Zola diminta harus profesional untuk menentukan pilihan pejabat hasil seleksi yang dilakukan Panitia Seleksi (Pansel) lelang jabatan. Pasalnya hasil lelang yang dilakukan Pansel terindikasi ada kepentingan lain oleh pihak ketiga. Sehingga Zumi Zola diminta lebih selektif dan hati-hati dalam memilih pejabat pembantunya.

Sebelumnya lelang jabatan yang dilaksanakan Gubernur Jambi H Zumi Zola menjadi perhatian banyak pihak, termasuk Ketua DPRD Provinsi Jambi, Cornelis Buston. Bahkan Cornelis berharap agar Gubernur Jambi, Zumi Zola, benar-benar dapat memilih satu nama yang tepat dan mampu bekerja dengan baik sesuai dengan jabatan yang dilelalang.

Pansel sudah menyeleksi peserta lelang melalui beberapa tahapan. Kini tinggal peserta berhadapan dengan Gubernur Jambi H Zumi Zola. Gubernur Jambi harus berhati-hati dan jeli dalam memilih pembantunya. Karena tidak semua peserta memiliki pengalaman yang cukup baik dan prestasi dibidangnya.

Kata Cornelis, peserta yang terpilih pernah menjabat sebagai kepala dinas di daerahnya masing-masing.  Minimal dia punya track record baik selama dirinya menjabat di suatu instansi. Dan punya pengalaman.

Sebelumnya, Gubernur Jambi, Zumi Zola mengatakan bahwa dirinya sangat berhati-hati dalam memilih peserta pada posisi jabatan Direktur RSUD Raden Mattaher Jambi. Karena menyangkut pelayanan publik.

Cornelis pun sepakat akan hal tersebut. Ia juga berharap pada posisi ini, didapati seorang dokter yang tidak memiliki jabatan lain, dan fokus pada jabatannya sebagai Dirut RSUD Raden Mattaher serta loyal terhadap pengabdian.

Namun dirinya juga menekankan terdapat posisi lain yang tidak kalah pentingnya untuk memilih nama yang akan menjabat pada instansi tersebut, yakni jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi.

Disebutkan, Kepala dinas PU ini kan memiliki anggaran terbesar. Berbeda dengan kadis yang lain. Jadi ini harus berhati-hati. Jangan nanti kedepan menimbulkan masalah. Kan ini ada tiga nama, Gubernur Jambi harus jeli dalam memilih, karena memiliki keahlian berbeda-beda. Kadis PU juga harus bisa membangun jaringan ke Kementerian PU Pusat.

“Memang kewenangan dimiliki Gubernur Jambi. Tapi DPRD bersamaan dengan eksekutif yang bertugas memberikan masukan dan pandangan terhadap kebijakan gubernur. Jadi kalau mau memutuskan ada pertimbangan," ujarnya.

Sementara itu terkait beredarnya isu adanya gratifikasi pada lelang jabatan ini, Cornelis juga berharap Gubernur Jambi untuk berhati-hati dalam mengambil langkah. “Tapi Gubernur kan sudah berbicara jika memang ada diserahkan kepada hukum. Kami sepakat untuk itu, kalau ada laporan ya silahkan ditindaklanjut," katanya. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos