Home » , » Zola: Kita Harus Terus Kurangi Ketergantungan Pangan pada Provinsi Lain

Zola: Kita Harus Terus Kurangi Ketergantungan Pangan pada Provinsi Lain

Written By jambipos-online on Tuesday, July 12, 2016 | 4:44 PM

Gubernur Jambi Bersilaturahmi Dengan Masyarakat dan Pemkab Merangin
Jambipos Online, Merangin-Melanjutkan silaturahmi dan halal bi halal dengan masyarakat dan Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, Gubernur Jambi, H.Zumi Zola, S.TP,MA bersilaturahmi dengan tokoh masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Merangin, bertempat di Pendopo Rumah Dinas Bupati Merangin, Selasa (12/7/2016) sore.

Zola mengungkapkan, awalnya bupati/walikota dan tokoh masyarakat menyatakan akan bersilaturahmi dan halal bi halal dengan Gubernur Jambi ke Rumah Dinas Gubernur Jambi, namun dengan segala pertimbangan, Zola mengatakan, "Pak Bupati dan Pak Walikota tidak usah datang, biar saya yang datang keliling ke 11 kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Dan selagi sehat, saya ingin meneruskan menjadi tradisi yang baru untuk 5 tahun kedepan," ujar Zola.

Zola menjelaskan, pada dasarnya, baik gubernur maupun bupati/walikota berusaha untuk mencarikan solusi permasalahan yang dihadapi masyarakat.

"Dan gubernur dan bupati akan melaksanakan program pembangunan sesuai tanggung jawab dan kewenangan masing-masing," lanjut Zola.

"Diantaranya permasalahan PETI. Saya sudah berkoordinasi dengan Kapolda Jambi yang baru untuk penanggulangan permasalahan PETI tersebut," jelas Zola.

Zola juga mengemukakan salah satu permasalahan penting yang bisa dikatakan tiap tahun dihadapi oleh masyarakat, yakni harga-harga bahan pangan yang melambung tinggi saat bulan Ramadhan.

Zola menuturkan, dua penyebab utama melambungnya harga bahan pangan tersebut, yaitu 1.Permintaan masyarakat lebih tinggi, 2.Stoknya tidak mencukupi, sehingga bahan pangan disuplai dari provinsi lain. "Ada ketergantungan terhadap provinsi lain dalam bahan pangan," ungkap Zola.

Zola mengemukakan bahwa ketergantungan Provinsi Jambi terhadap provinsi lain dalam pemenuhan pangan harus terus dikurangi. "Kita Harus Terus Kurangi Ketergantungan Pangan pada Provinsi Lain," ujar Zola.

Zola menyatakan, Provinsi Jambi punya potensi pangan dan meminta agar Pemerintah Kabupaten/Kota bersama-sama dengan Pemerintah Provinsi Jambi memetakan potensi pangan dan menanam komoditi pangan sesuai dengan potensi kabupaten/kota masing-masing. "Insyaallah, Pemerintah Provinsi Jambi mendukung dan siap membantu," tegas Zola.

Zola mengatakan, jika ada komitmen untuk melaksanakannya, dia optimis, perlahan-lahan ketergantungan Provinsi Jambi terhadap provinsi lain dalam pemenuhan pangan akan terus berkurang.

Zola juga mengungkapkan, baik bupati maupun gubernur sangat terbatas anggarannya untuk membangun dan untuk memenuhi harapan masyarakat. Untuk itu, dia akan berusaha untuk memperjuangkan dana dari Pemerintah Pusat untuk melaksanakan program pembangunan di Provinsi Jambi. "Saya siap untuk memfasilitasi untuk mendapat dana dari Pusat," ungkap Zola.

Selanjutnya, Zola mengapresiasi kerja keras Pemerintah Kabupaten Merangin dalam persiapan MTQ Tingkat Provinsi Jambi Tahun 2016. "Mesjidnya bagus, lokasinya bagus. Mudah-mudahan ini menjadi ikon dan kebanggaan Kabupaten Merangin dan Provinsi Jambi," tutur Zola.

Sebelumnya, Bupati Merangin, H.Al Haris, S.Sos,MH, dalam sambutannya menyatakan, hari ini masyarakat dan Pemerintah Kabupaten Merangin memotong kerbau sebagai pertanda sukacita telah dibangunnya Jembatan Syamsudin Uban.

Al Haris mengapresiasi langkah gubernur mendatangi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten/Kota untuk bersilaturahmi dan halal bi halal.

Perwakilan Tokoh Masyarakat Kabupaten Merangin, H.Samsudin S.Pd.I, dalam sambutannya, pada intinya menyampaikan bahwa tokoh masyarakat Merangin mendukung program pembangunan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi.

Sekretaris Daerah Provinsi Jambi, H.Ridham Priskap,SH,MH,MM turut hadir dalam silaturahmi dan halal bi halal tersebut. (Mustar Hutapea)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos