Home » » Melirik Kearifan Lokal Lubuk Larangan di Merangin

Melirik Kearifan Lokal Lubuk Larangan di Merangin

Written By jambipos-online on Monday, July 11, 2016 | 2:16 PM

Panen Lubuk Larangan di Desa Muara Jernih Tabir Ulu. Foto Bayhaki/Jampos
Jambipos Online, Merangin-Sebuah Kearifan Lokal di Kecamatan Tabir Ulu Kini Mulai digelar. Salah satunya ialah Lubuk Larangan. Lubuk Larangan ini adalah salah satu aset terbesar di Desa Muara Jernih Tabir Ulu.

Pembukaan lubuk ini sangatlah  antusias dihadiri oleh Kapolsek dan Camat Tabir Ulu dan didatangi oleh berbagai kalangan masyrakat di Kabupaten Merangin.
 
Agustar/Jang Ndut sebagai Ketua Utama Lubuk Larangan Rt 4 Dusun Tuo Keramat Mengatakan Pada Jampos Online mengatakan, buka Lubuk kali ini sangatlah ramai dari yang biasanya.

"Kami selaku Panitia mohon maaf kepada tamu-tamu yang ikut memeriahkan acara kami. Jika ada kesalahan mohonlah dimaafkan," ujarnya.

Nah ini sudah benar adanya tradisi turun temurun pemeliharaan ikan di Lubuk Larangan Desa Muara Jernih ini  sudah menambah level pengunjung ribuan jiwa.

Rustam Kades Muara Langeh Kecamatan Tabir Barat saat di wawancarai tim Jampos Online menambahkan, pihaknya sengaja menyempatkan diri ke Tabir Ulu untuk ikut memeriahkan acara buka lubuk larangan.

"Ada beberapa kepala desa di Kecamatan Tabir Barat yang bersama kami saat ini. Diantaranya Kades Sungai Tabir, Kades Tanjung Beringin dan lainnya. Kami ikut merasa bangga kepada Pemerintah Desa Muara Jernih yang masih bisa bertahan dengan tradisi yang hampir tertinggal ini," katanya. ( Bay )
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos