Home » , » DAMPAK PENYALAHGUNAAN FACEBOOK

DAMPAK PENYALAHGUNAAN FACEBOOK

Written By jambipos-online on Thursday, July 7, 2016 | 12:11 PM


ILUSTRASI

Oleh: Lija Nababan

Jambipos Online-Facebook merupakan salah alat komunikasi dimana para penggunanya dapat bergabung dalam komunitas seperti kerja, sekolah dan daerah untuk melakukan koneksi dan berinteraksi dengan orang lain dan orang dapat melakukan pertemanan mereka dengan cara mengirim pesan dan memasang poto profil pribadi agar orang lain dapat mengenalnya.

Facebook sangat diminati anak kecil, remaja, dewasa dan bahkan orang tua sudah dapat dipastikan bahwa facebook memiliki dampak positif dan negatif bagi penggunanya sendiri. Pemanfaan facebook saat ini sangat berkembang pesat dikalangan masyarakat, facebook tidak hanya lagi digunakan untuk berkomunikasi saja tetapi sudah digunakan untuk pergaulan sosial.

Seperti sekarang ini banyak anak remaja dan anak dibawah umur yang telah merusak hidupnya melalui facebook, contohnya seperti anak pelajar sekarang yang sudah menghabiskan waktu lebih banyak bermain facebook dari pada belajar dan bahkan kurang perduli terhadap keluarga dan lingkungan disekitarnya akibat kecanduan facebook.

Melalui situs jaringan sosial facebook juga banyak orang-orang melakukan penipuan sampai kasus pembunuhan karena banyak pengguna facebook yang menberikan alamat identitas seperti nomor henphone dan alamat rumah dengan sembarangan kepada orang yang tidak dikenal sehingga mudah digunakan para pelaku untuk melakukan hal-hal yang negatif.

Facebook dimanfaatkan banyak orang untuk keperluan yang tidak baik dengan cara membuat accaunt palsu untuk melakukan hal-hal yang kriminal seperti pemerkosaan dan pembunuhan.

Mereka menggunakan modus dengan cara berkenalan dan akhirnya menjadi akrab dalam dunia maya dan bahkan sampai pacaran padahal belum pernah saling tatap muka dengan korban.

Dengancara seperti ini lah pelaku dengan mudah menjerat  korban untuk menjadi mangsanya melakukan tidakan hubungan seksual karena tanpa sadar korban sudah dipengaruhi dan di hasut oleh perkataan sipelaku tersebut.

Apa yang tidak kita duga dan pungkiri hal-hal yang tidak kita inginkan dapat terjadi jika pengguna facebook tidak mengetahui seluk beluk cara penggunaan facebook dengan accaunt palsu yang saat ini banyak digunakaan orang-orang untuk merusak kehidupan orang lain.

Kepada pengguna facebook apalagi yang baru mengenal facebook berhati-hati lah dalam menggunakan nya. Karena facebook memiliki dampak negatif tidak hanya memiliki dampak positif dalam dirimu sendiri.

Jangan terlalu banyak meluangkan waktu untuk bermain facebook karena jika kamu kecanduan dengan facebook maka kamu bisa melupakan hal-hal yang penting dalam kehidupan mu. Kita bisa menggunakan facebook tetapi untuk hal-hal yang baik dan dalam waktu tersisa dengan tujuan mengurangi rasa stres dan beban pikiran. (Penulis Mahasiswa Universitas HKBP Nommensen Medan-Jurusan Sastra dan Bahasa Indonesia)


               
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos