Home » , » Puluhan Rumah di Kerinci Rusak Akibat Gempa Sumatera Barat

Puluhan Rumah di Kerinci Rusak Akibat Gempa Sumatera Barat

Written By jambipos-online on Friday, June 3, 2016 | 9:30 AM

Ilustrasi (Istimewa)
Jambipos Online, Kerinci-Sedikitnya 10 unit rusak berat dan ringan di empat desa, Kecamatan Airhangat Timur, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi akibat gempa berkekuatan 6,5 scala richter di Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang terasa sampai ke Kerinci. Beberapa keluarga yang rumahnya rusak akibat gempa di empat desa tersebut hingga Jumat (3/6) masih mengungsi. Namun tidak ada korban luka dan korban jiwa akibat gempa di Kerinci tersebut.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kerinci, Evi Rasmianto melalui Kepala Seksi Pengendalian BPBD Kerinci, Ansari di Kerinci, Jumat (3/6) menjelaskan, kendati getaran gempa tidak terasa lagi di Kerinci hingga Kamis (2/6) malam, namun warga Kerinci masih waspada. Warga masih ada yang berjaga di luar rumah Kamis malam hingga Jumat pagi.

“Warga yang rumahnya rusak berat akibat gempa masih menumpang di rumah keluarga terdekat mereka. Sedangkan warga yang rumahnya hanya rusak ringan sudah kembali ke rumah mereka. BPBD Kerinci sudah mengerahkan beberapa orang tenaga membantu perbaikan rumah warga,”katanya.

Dijelaskan, kerusakan puluhan rumah akibat gempa di Pesisir Selatan, Sumatera Barat yang terasa hingga ke Kerinci, Kamis (2/6) terdapat di Desa Sungai Bernas lima unit, Pauh Tinggi (tiga unit), Kemantan Balai dan Pasar Kerman masing-masing satu unit. Kemudian satu unit mesjid juga rusak di Desa Kemantan Balai akibat gempat tersebut.

Evi Rasmianto mengatakan, selain di Kabupaten Kerinci, gempa Pesisir Selatan, Sumatera Barat juga menimbulkan kerusakan bangunan di Kota Sungaipenuh, tetangga Kabupaten Kerinci. Beberapa ruangan kelas Sekolah Menengah Atasa Negeri (SMAN) 1 Sungaipenuh rusak akibat gempa tersebut. Kerusakan sekolah tersebut mengakibatkan proses belajar di sekolah tersebut terganggu.

Secara terpisah, anggota pemantau Gunung Kerinci yang juga staf Balai Besar Taman Naasional Kerinci Seblat (BBTNKS), Kerinci, Dudung mengatakan, gempa yang melanda Pesisir Selatan, Sumatera Barat, Kamis (2/6) yang terasa hingga ke Kerinci tidak memengaruhi aktivitas Gunung Kerinci.

“Aktivitas Gunung Kerinci hingga Jumat (3/6) masih normal. Status gunung tersebut pun masih tetap waspada level II. Semburan abu vulkanik di puncak gunung tersebut yang terjadi beberapa kali sehari masih seperti biasa,” katanya.(SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos