Home » » Pimpin Rakor Hadapi Hari Raya Gubernur Minta Pantau dan Stabilkan Harga Bahan Pokok

Pimpin Rakor Hadapi Hari Raya Gubernur Minta Pantau dan Stabilkan Harga Bahan Pokok

Written By jambipos-online on Wednesday, June 22, 2016 | 1:38 PM

 



Zola : Saya Minta Pantau dan Stabilkan Harga Agar Dapat Dijangkau Masyarakat

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H.Zumi Zola Zulkifli,S.TP,MA meminta SKPD dan pihak terkait untuk terus melakukan pemantauan dan berupaya menstabilkan harga bahan pokok. Pernyataan ini disampaikannya saat memimpin Rakor Stabilisasi Harga Bahan Pokok Menghadapi Hari Raya Idul Fitri 1437 H, Selasa (21/6) bertempat di ruang utama kantor Gubernur. 
 
Hadir pada kesempatan ini Ketua DPRD Provinsi Jambi Cornelis Buston, Kapolda Jambi Brigadir Jenderal Polisi Yazid Fanani,M.Si, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Ridham Priskap, SH,MH,MM selaku Ketua TPID Provinsi Jambi, Kepala Dinas ESDM Provinsi Jambi, dan Kepala Dinas/instansi terkait.
 
“Meningkatnya kebutuhan masyarakat pada bulan Ramadhan ini tentunya akan diikuti oleh kenaikan harga barang, untuk itu kita harus memantau  dan mempersiapkan ketersediaan barang selama bulan Ramadhan dan pada Idul Fitri, hal ini dalam upaya juga untuk menjaga kenyamanan, keamanan masyarakat kita, saya meminta TPID terus memantau dan berupaya untuk menjaga kestabilan harga, dan kita juga menghimbau kepada masyarakat untuk tidak membeli barang secara berlebihan, dan kita juga harus mewaspadai upaya-upaya yang dapat menggangu kestabilan harga barang pokok di pasaran oleh oknum-oknum tertentu, dan saya minta kepada seluruh pihak yang hadir disini untuk menjadikan rapat ini dapat memberikan sumbang saran untuk kepentingan Provinsi Jambi juga aktifitas yang kita lakukan dalam menghadapi lebaran ini,” ujar Gubernur.
 
               
Gubernur juga menegaskan beberapa hal yang patut diperhatikan yaitu pengawasan untuk mengantisipasi peredaran daging oplosan, ketersediaan obat dan tenaga medis di posko-posko kesehatan, distribusi bahan bakar dan gas elpiji, perbaikan jalan yang rusak, dan alternatif untuk mengurai kemacetan.
 
"Saat ini ada pembangunan jalan beton di jalan Tembesi-Tebo, yang mungkin menghambat, kita berharap jangan sampai terjadi, apalagi dalam menghadapi lebaran nanti pasti akan semakin padat, saya minta kepada Dinas Perhubungan untuk mencari jalan alternatif untuk bisa diurai kemacetan tersebut, dan bukan hanya itu saja kita juga menyediakan alat berat, jika ada potensi misalkan terjadi longsor di beberapa titik alat berat sudah disiapkan jangan seperti sebelumnya sampai terjadi kecamatan sampai belasan jam dan kita minta Kabupaten untuk mengerahkan alat beratnya juga,” kata Zola.
 
  Menanggapi harga daging ditegaskan Gubernur bahwa Pemerintah Provinsi Jambi tidak dapat menekan harga senilai Rp 40 ribu.”Pemerintah Provinsi Jambi telah berupaya untuk melakukan penurunan harga daging melalui pasar murah tetapi tetap pada kisaran harga Rp 120 ribu, tetapi sama di tempat lain, harga masih di atas 100 ribu perkilonya, hal ini yang membuat pemerintah pusat melakukan operasi daging dan diharapkan apa yang dilakukan pemerintah pusat dapat mengurangi beban masyarakat,” ungkapnya.

                Sementara itu Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H.Ridham Priskap, SH,MH,MM selaku Ketua TPID Provinsi Jambi menyatakan bahwa TPID Provinsi Jambi telah melakukan rapat bersama. “Dalam rangka menjaga stabilitas harga dan stok barang ke daerah kita telah melakukan 2 (dua) kali pertemuan dengan mengundang TPID dari Kabupaten/Kota, terkait dengan yang disampaikan Bapak Gubernur untuk memantau dan menjaga kestabilan harga, kami telah berupaya melakukannya, pada awal Ramadhan memang terjadi gejolak harga, karena kebutuhan yang meningkat, dan stok barang sampai saat ini masih aman,” ujar Sekda.

                Pada kesempatan ini juga Sekda meminta kepada Kepala Satpol PP untuk menjaga keamanan selama libur panjang.”Saya minta kepada Kepala Satpol PP untuk menjaga keamanan di seluruh kantor,karena libur yang cukup panjang jangan sampai terjadi pencurian, diharapkan adanya koordinasi dengan seluruh pihak terkait,” ungkapnya.

                Sementara itu juga sebelumnya Kapolda Jambi Brigadir Jenderal Polisi Yazid Fanani,M.Si menyatakan baha saat ini Provinsi Jambi relative aman dan kondusif.”Agenda pemikiran bersama kegiatan pengamanan tidak hanya pada Idul Fitri. Operasi Kepolisian saat ini dengan sandi Rahmadiyana, dimana Polda Jambi menjadi bagian dari seluruh Polda di Indonesia. Terkait tupoksi dan fokus kegiatan kami melakukan pengamanan dan persiapan masyarakat dalam rangka idul fitri dan paska idul fitri. Koordinasi dan ketersediaan bahan pokok dan kebutuhan lainnya yang akan berimplikasi kepada keamanan selama bulan Ramadhan dan Idul Fitri,” ujar Kapolda.

                Dilanjutkan Kapolda bahwa selama kegiatan awal puasa ada beberapa kelompok-kelompok intoleransi beberapa kelompok ormas agama tertentu untuk melakukan sweeping dan setelah diikuti hal yang tidak diinginkan tidak terjadi.”Keselamatan transportasi menjelang dan paska lebaran telah kita atur, karena kita ada beberapa titik lelah, yang perlu diantisipasi untuk diamankan, upaya ini dilakukan untuk mewujudkan ketentraman dan ketertiban dan pengaturan dilakukan untuk mencegah terjadinya kecelakaan,” ucapnya.(Maria)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos