Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Petani Merangin Nikmati Panen Cabei Merah Selama Ramadhan


Ilustrasi/Gubernur HBA dan Bupati Merangin Al Haris saat panen cabai merah di Desa Jangkat, Kabupaten Merangin, November 2015 lalu. Dok

Jambipos Online, Merangin-Petani cabai merah di Desa Simpang Merangin, Kecamatan Pamenang, Kabupaten Merangin menikmati hasil panen mereka selama bulan Ramadhan. Seorang petani bisa panen hingga 3 ton selama umur cabei 4 bulan.

Dedi SB, seorang petani cabai merah Desa Simpang Merangin kepada Jambipos Online, Senin (13/6/2016) pagi mengatakan, luas lahan yang dia tanam tahun 2016 ini hanya tiga perempat hektar. Menanam cabai merah itu, kata Dedi menggunakan dana pribadi tanpa adanya bantuan dari pihak lain.

“Saya puas dengan hasil panen kali ini. Saya berharap kedepan Pemkab Merangin bisa membantu petani dengan bantuan bibit dan pupuk bersubsidi,” ujar Dedi.

Sementara petani Desa Simpang Limbur Merangin megatakan, tahun 2015 lalu ada juga kelompok tani cabai merah seluas 2 ha. Satu di pinggir sungai gagal. Satu di lokasi pondok pesanren dapat hasil 4 kintal.

Tapi yang dapat panen itu hanya PPLnya. Kelompok tani itu mendapatkan bantuan berupa benih  cabai merah 16 bungkus, PPK orgenik 100 kg, PPK ZA 200 kg, PPK TSP 250 kg, PPK KCCL 100 kg. Juga herbisida 4 liter, insektisida 5 liter, PPK Pungsida 5 liter, Mulsa 6 rol (plastik untuk menutup bibit cabe yang baru di semai). (Yah)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar