Home » , » Jambi Siapkan 7.364 Ekor Sapi Hadapi Ramadan

Jambi Siapkan 7.364 Ekor Sapi Hadapi Ramadan

Written By jambipos-online on Friday, June 3, 2016 | 9:28 AM

Ilustrasi daging sapi (Antara/Wahyu Putro A)
Jambipos Online, Jambi-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi memiliki persediaan sekitar 7.364 ekor sapi siap potong menghadapi Ramadan dan Idul Fitri Fitri 1437 Hijriyah. Persediaan sapi tersebut mampu memenuhi kebutuhan sekitar 4.465 ekor sapi potong di Jambi selama Ramadan dan Idul Fitri. Karena itu warga masyarakat Jambi diharapkan tidak perlu panik bila harga daging sapi mengalami kenaikan jelang Ramadan.

Hal tersebut dikatakan Ketua Tim Pengendali Inflasi dan Harga Daerah (TPIHD) yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, Ridham Priskap kepada wartawan di Jambi, Kamis (2/6) terkait persediaan kebutuhan pokok di daerah itu.
Menurut Ridham, kenaikan harga daging sapi di Jambi beberapa pekan menjelang Ramadan dipengaruhi meningkatnya permintaan masyarakat di masa awal libur sekolah. Kenaikan harga daging bukan karena persediaan daging sapi langka.

“Pantauan kami di pasar sebulan terakhir, persediaan daging mencukupi. Persediaan sapi potong di Jambi juga banyak. Harga daging sapi naik karena permintaan banyak menyusul banyaknya warga mengadakan hajatan di musim libur sekolah,”katanya.

Ridham mengatakan, pihaknya baru menggelar operasi pasar (OP) daging sapi sepekan menjelang Idul Fitri nanti. Menghadapi awal Ramadan, Pemprov Jambi tidak mengadakan OP daging sapi.

“Kalau harga daging sapi masih berkisar Rp 130.000/kg, kami belum melakukan OP daging sapi. Tapi kalau harga daging sapi sudah mencapai Rp 140.000/kg dan persediaan menipis, maka OP daging sapi dilakukan jelang Ramadan,”katanya.

OP Beras

Menurut Ridham, pihaknya memprioritaskan OP beras mengantisipasi kenaikan harga beras jelang Ramadan. OP beras di Kota Jambi mulai dilaksanakan Kamis (2/6) hingga H-1 Lebaran. OP beras dilakukan Badan Urusan Logistik (BUlog) Kota Jambi di tiga lokasi, yakni di pasar induk Angso Duo, di gudang Bulog Pasir Putih, Jambi Selatan dan Gudang Bulog Telanaipura. Harga beras kualitas medium yang dijual pada OP tersebut hanya Rp 7.900/kg. Harga tersebut lebih murah dibandingkan harga beras kualitas medium di pasaran antara Rp 9.000/kg – Rp 10.000/kg.

“Kami mengutamakan ketersediaan dan stabilitas harga beras agar tidak ada warga masyarakat kurang mampu yang kesulitan mendapat kebutuhan pokok menghadapi Ramadan atau Puasa dan Idul Fitri atau Lebaran. Persediaan dan harga beras akan terus kami pantau hingga Lebaran nanti,”katanya.

Dijelaskan, persediaan beras di Jambi hingga Lebaran mendatang mencukupi.Berdasarkan pendataan di lapangan, distributor atau agen beras di Jambi memiliki persediaan beras 20.000 ton. Kemudian pihak pasar swalayan juga memiliki persediaan beras ribuan ton. Sedangkan Bulog Jambi memiliki persediaan beras 13.000 ton. Jadi persediaan beras tersebut mencukupi untuk Kota Jambi hingga Lebaran nanti.

“Yang perlu diantisipasi hingga Lebaran nanti hanya tindakan spekulan yang mempermainkan harga dan aksi borong kebutuhan pokok. Karena itu TPID Jambi menerjunkan petugas memantau harga dan persediaan kebutuhan pokok setiap hari di pasaran maupun di gudang distributor,”katanya.

Ridham mengakui, kebutuhan pokok yang sulit diprediksi persediaan dan harganya di Kota Jambi, terutama ayam rasa tau ayam potong. Masalahnya kebutuhan ayam potong di Jambi banyak didatangkan dari Sumatera Selatan, Riau dan Sumatera Utara.

“Sekitar 70 % kebutuhan daing ayam ras di Jambi didatangkan dari ketiga provinsi tersebut. Kalau pasokan tersendat, otomatis harga daging ayam ras di Jambi melonjak. Jadi kami berusaha pasokan daging ayam ras dari ketiga provinsi itu ke Jambi lancar hingga Lebaran nanti,”katanya.

Sementara itu pantauan di pasar Handil Jaya, Jelutung, Kota Jambi, Kamis (2/6) pagi, harga daging sapi dan daging ayam yang sempat naik sejak pekan lalu bertahan. Harga daging sapi di pasar tersebut Rp 130.000/kg dan harga daging ayam Rp 35.000/kg. Kemudian harga telur ayam ras tetap Rp 1.200/butir, harga minyak goring Rp 15.000/kg dan harga gula pasir Rp 11.000/kg.(SP)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos