Home » , , , » Gunung Kerinci Keluarkan Abu Vulkanik, Penduduk Sekitar Dilarang Mendekat

Gunung Kerinci Keluarkan Abu Vulkanik, Penduduk Sekitar Dilarang Mendekat

Written By jambipos-online on Saturday, June 4, 2016 | 7:26 PM

Gunung Kerinci Keluarkan Abu Vulkanik, Penduduk Sekitar Dilarang Mendekat
Gunung Kerinci Keluarkan Hujan Abu, Sabtu 4 Juni 2016 sore. (Foto: Humas BNPB)
Jambipos Online, Kerinci-Gunung Kerinci yang berada di Provinsi Jambi mengeluarkan abu vulkanik. Penduduk sekitar serta wisatawan saat ini dilarang mendekati gunung berapi tersebut.

Kepala Pusat Data Infomrasi dan Humas BNPB Sutopo Purwo Nugroho dalam keterangannya, Sabtu (4/6/2016) mengatakan bahwa hujan abu terjadi di Desa Sungai Sikai dan Desa Tangkil, kecamatan Gunung Tujuh, kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi. Hujan abu ini terjadi sejak Jumat (3/6).

"Terjadi hujan abu tipis dengan ketebalan abu sekitar 0,01 hingga 0,05 milimeter. Asap kelabu tinggi di sekitar gunung lebih kurang 400 hingga 500 meter. Tekanan luar condong ke arah timur dan barat," jelas Sutopo.
Gunung Kerinci Keluarkan Hujan Abu (Foto: Humas BNPB)

Dengan kondisi ini, BNPB menyimpulkan bahwa Gunung Kerinci tengah berada dalam kondisi waspada. "Sehingga masyarakat sekitar hingga wisatawan di sekitar gunung tidak diperbolehkan mendekati kawah yang ada di puncak gunung dalam radius 3 kilometer dari kawah aktif," ujarnya.

Selain itu BNPB meminta agar menghindari jalur penerbangan di sekitar Gunung, karena dikhawatirkan hujan abu masih akan terjadi hingga hari ini.
Gunung Kerinci Keluarkan Hujan Abu (Foto: Humas BNPB)

"Sebaiknya jalur penerbangan di sekitar Gunung Kerinci dihindari karena sewaktu-waktu masih dapat terjadi abu dengan ketinggian yang bisa mengganggu jalur terbang," tutup dia. (*)

Sumber: Detik.com
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos