Home » , » Bantuan Dana Kelompok Tani Rp 60 Juta Digelapkan Kades

Bantuan Dana Kelompok Tani Rp 60 Juta Digelapkan Kades

Written By jambipos-online on Tuesday, June 14, 2016 | 10:25 PM




Jambipos Online, Merangin-Bantuan dana sebesar Rp 60 Juta untuk kelompok tani di Desa Tanjung Beringin, Kecamatan Tabir, Kabupaten Merangin pada tahun 2010-2012 raib dibuat Kepala Desa (Kades). Bahkan pengurus kelompok usaha tani yakni Ahmad (Bendahara) tak mengetahui pasti habisnya dana bantuan dari pemerintah itu.

Safrudin, warga Desa Tanjung Beringin kepada Jambipos Online, Selasa (14/6/2016) mengatakan, bantuan dana Rp 60 Juta itu telah dibeli kebun sawit  seluas  1,5 ha. Penghasilan 1 bulan 1 ton. Namun hasilnya  masyarakat  tidak tau untuk apa uangnya.

Dikatakan, kebun sawit tersebut kini dikuasai oleh AZ, Pjs Kades Tanjung Beringin. Sementara masyarakat tidak dapat mencicipi hasil dari kebun sawit tersebut. “Selama ini uangnya masuk kantong pengurus.   Dapat untung besak nian pengurus tu,’’ ujar Safrudin.

AZ saat dikonfirmasi mengatakan, dana bantuan itu benar ada. Tapi dibeli lahan kebun kelapa sawit 1,5 ha. “Dulu waktu saya Pjs kades itu panen 3 kali, hasil 1, ton. Cuman 3 kali panen  itu lah yang saya tau,” katanya.

Masyarakat Tanjung Beringin mengatakan, kebun sawit tersebut kini sudah diambil kembali oleh pemilik pertama. Kerena kebun  lunas 1,5 ha hanya dibayar Rp 22 Juta. Tapi tidak dilunasi oleh pengurus. Sekarang kebun sawit itu diambil pemiliknya.

“Kami masyarakat Tanjung Beringin sempat terbantu juga  dengan adanya kebun sawit itu. Namun kebun sawit milik kelompok usaha tani itu raib. Kami meminta Pemkab Merangin menindak oknum yang menjual lahan sawit milik kepolpok usaha tani itu,” ujar warga. (Yah)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos