Home » , » Harga Daging Sapi di Kota Jambi Tembus Rp 130.000/kg

Harga Daging Sapi di Kota Jambi Tembus Rp 130.000/kg

Written By jambipos-online on Monday, May 30, 2016 | 8:36 AM

Ketua KPPU Pusat, Muhammad Syarkawi Rauf (kanan) berdialog dengan pedagang sapi di pasar induk Angso Duo, Kota Jambi ketika melakukan inspeksi mendadak harga sapi dan kebutuhan pokok di pasar tersebut, Rabu (19/5/2016). RDS

Jambipos Online, Jambi-Harga beberapa berbagai kebutuhan pokok di Kota Jambi beberapa pekan terakhir terus merangkak naik. Kebutuhan pokok yang mengalami kenaikan harga secara signifikan antara lain daging sapi, daging ayam, telur, minyak goreng dan gula pasir. Kenaikan harga kebutuhan pokok di Kota Jambi naik menyusul meningkatnya permintaan konsumen menjelang Ramadan.

Pantauan di pasar tradisional Angso Duo, Kota Jambi, Jumat (27/5) pagi, harga daging sapi kualitas terbaik mencapai Rp 130.000/kg atau naik Rp 10.000/kg (8,3 %) dari harga sebelumnya Rp 120.000/kg. Kemudian harga daging ayam ras di pasar terbesar di Jambi itu mencapai Rp 34.000/kg atau naik dari harga sebelumnya Rp 30.000/kg.

Sedangkan harga telur ayam ras naik dari Rp 1.100/butir menjadi Rp 1.200.butir, harga gula pasir naik dari Rp 13.000/kg menjadi Rp 15.000/kg dan harga minyak goring curah naik dari Rp 10.000/kg menjadi Rp 11.000/kg. Kendati harga naik, persediaan kebutuhan pokok di pasar tersebut mencukupi.

Hadi (38), seorang pedagang daging sapi di pasar Angso Duo, Kota Jambi, Jumat (27/5) mengatakan, kenaikan harga daging sapi beberapa pekan menjelang Ramadan disebabkan tingginya permintaan konsumen. Permintaan daging di Kota Jambi meningkat seiring dengan banyaknya warga masyarakat yang menggelar hajatan atau pesta di musim libur dan menjelang Ramadan.

“Permintaan daging sapi di Kota Jambi sepekan ini mencapai Rp 1,5 ton/hari. Padahal permintaan daging setiap hari di Kota Jambi selama ini rata-rata hanya satu ton. Sedangkan persediaan daging sapi di pasaran hanya satu ton per hari. Pasokan daging impor di Jambi belum mampu menekan harga daging sapi. Masalahnya persediaan daging impor yang harga jualnya Rp 95.000/kg tak mencapai 100 kg/hari,” katanya.

Dikatakan, tingginya permintaan daging sapi di Kota Jambi nampak juga dari persediaan daging sapi di pasaran yang cepat habis setiap hari. Biasanya persediaan daging di pasar Angso Duo Kota Jambi baru habis pukul 11.00 WIB. Namun sepekan terakhir, persediaan daging di pasar tersebut sudah habis pukul 08.00 WIB.

Sementara itu Gubernur Jambi, Zumi Zola meminta jajaran Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Jambi memantau kenaikan harga dan ketersediaan harga berbagai kebutuhan pokok jelang Ramadan, khususnya daging sapi dan ayam. Pemantauan tersebut penting dilakukan setiap hari mencegah spekulasi pedagang menaikkan harga secara sepihak.

“Kami juga mengimbau warga masyarakat agar tidak melakukan aksi borong kebutuhan pokok. Aksi borong kebutuhan pokok tersebut dinilai menjadi salah satu penyebab kelangkaan persediaan dan lonjakan harga kebutuhan pokok di pasar,” tambahnya. (JP-03)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos