Home » , , , » Wagub: Perempuan Memiliki Peran Mulia dalam Kehidupan Manusia

Wagub: Perempuan Memiliki Peran Mulia dalam Kehidupan Manusia

Written By jambipos-online on Friday, April 22, 2016 | 5:36 AM




Jambipos Online, Jambi-Wakil Gubernur Dr. Drs. H. Fachrori Umar, M.Hum menyatakan bahwa perempuan memiliki peran mulia dalam kehidupan manusia. Pernyataan ini disampaikannya pada peringatan Hari Kartini ke 137 tingkat Provinsi Jambi, Kamis (21/4) bertempat di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi. Hadir pada kesempatan ini Ketua BKOW Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori, Ketua TP-PKK Provinsi Jambi Hj. Sherrin Tharia Zola, dan perwakilan organisasi Wanita di Provinsi Jambi.

Disampaikan Wagub bahwa sosok kaum perempuan, termasuk ibu sangat besar dalam mewarnai dan membentuk dinamika zaman. Lahirnya generasi-generasi bangsa yang unggul dan kreatif, penuh inisiatif, bermoral tinggi, bervisi kemanusiaan, beretos kerja andal, dan berwawasan luas, tidak luput dari sentuhan peran seorang ibu.
“Ibulah sosok perempuan yang pertama kali memperkenalkan, menyosialisasikan, menanamkan, dan mengajarkan nilai-nilai agama, budaya, moral, kemanusiaan, pengetahuan, dan keterampilan dasar, serta nilai-nilai luhur lainnya kepada seorang anak, dengan kata lain, peran ibu seabgai pencerah peradaban “pusat” pembentukan nilai sangat besar” ujar Wagub.

Dilanjutkan Wagun bahwa peran perempuan mulai dari mendidik anak, mengurus suami, menambah pendapatan, mencari biaya tambahan,serta terus berupaya juga agar dirinya bisa mandiri.
“Oleh karena itu tiga indikator pembangunan di perempuan harus ada, harus diperkuat. Perempuan sehat, maka harus ada fasilitas kesehatan sampai ke tingkat desa. Perempuan berpendidikan, maka pendidikannya harus diperkuat, diberi kesempatan seluas-luasnya agar menjadi pandai dan berkualitas” katanya.

Kiprah perempuan Indonesia di berbagai bidang pun dalam mengisi kemerdekaan sudah tidak diragukan lagi. “Salah satu bidang di mana peran perempuan sangat menonojol adalah di bidang kemanusiaan.
Perempuan bukan hanya sekedar agen, tetapi penggerak pembangunan. Kalau perempuan tidak ikut membangun berarti pembangunan macet, tetapi bila perempuan memiliki semangat membangun, tentu negeri itua kan bergiat membangun dan maju. Keberhasilan ibu dalam membangun keluarga, akan membawa keberhasilan pembangunan secara keseluruhan masyarakat” katanya.
Sementara itu Ketua TP-PKK Hj.Sherrin Tharia Zola menyampaikan bahwa sebagai perempuan adalah bagaimana meningkatkan daya saingnya.
“ Pertama yang terpenting perempuan harus berpendidikan, karena perempuan adalah madrasah bagi anak-anaknya, jika ingin kita memilliki generasi yang handal maka ibunya harus pintar terlebih dahulu, kalu ibunya pintar maka anak-anak akan dapat belajar dari bundanya, untuk ke depannya kita dapat mengajarkan anak-anak kita dari pengalaman hidup, dan juga belajar ilmu pasti keduanya harus seimbang dan untuk memberikan hal tersebut itu tidak terlepas dari bagaimana kita meningkatkan diri kita sebagai perempuan untuk anak-anak kita”ujar Ketua TP-PKK.

Disampaikan oleh Ketua TP-PKK bahwa saat ini perempuan sudah dapat menunjukkan kemampuan dan kemandiriannya dengan memanfaatkan kemampuan yang dimilikinya.
“ Saat ini perempuan sudah menunjukkan kemajuan dan eksistensinya, dan sudah banyak yang memulai usahanya sendiri dengan menggunakan media sosial misalnya, banyak yang memiliki kemampuan dalam membuat kerajinan dan juga makanan, yang telah sangat berkembang, para perempuan telah memiliki pemikiran jika kita bisa berbuat mengapa harus bergantung?”ungkap Ketua TP-PKK.

Ketua TP-PKK juga menanggapi maraknya kekerasan dan juga kasus pelecehan yang terjadi pada kaum perempuan yang dinilai sangat memprihatinkan. “Semua yang paling utama adalah pendidikan,kita sebagai perempuan pertama yang harus kita lakukan adalah bagaimana menghargai diri kita sendiri terlebih dahulu,misalkan perempuan dipukul oleh suaminya, dan kita membiarkan itu terjadi dan itu akan terus berkelanjutan, kekerasan dalam rumah tangga itu menurut saya tergantung pada perempuan itu sendiri, kalau tidak mau ya berbuat , banyak kasus pelecehan terjadi karena Saya menilai bahwa kekerasan yang terjadi pada kaum perempuan karena adanya pembiaran dari perempuan sendiri”ujarnya.

Sementara itu Ketua BKOW Provinsi Jambi Hj.Rahima Fachrori menyatakab bahwa Kartini adalah pahlawan perempuan Indonesia yang telah mempelopori dan menggugah semangat kaum perempuan Indonesia. “Sesuia dengan sejarah dan martabatnya, telah mencatat karena perjuangan Kartini, perempuan Indonesia mulai maju dan sadar akan hak-haknya sebagai insan hidup merdeka dan terhormat sesuai kodratnya”ujar Hj.Rahima Fachrori.

Dijelaskan Ketua BKOW bahwa acara peringatan ini memiliki arti penting khususnya bagi perempuan untuk mengingat kembali jasa-jasa ibu Kartini, dalam proses pemberdayaan perempuan. “Di samping itu, peringatan ini menjdi penting untuk meningkatkan kesadaran kita tentang pentingnya mengakui dan mengangkat hak-hak perempuan sebagai makhluk ciptaan Tuhan”lanjutnya. (Maria-Humas Prov Jambi)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos