Home » , » Peserta UN di Jambi Tertib dan Percaya Diri Mengikuti Ujian

Peserta UN di Jambi Tertib dan Percaya Diri Mengikuti Ujian

Written By jambipos-online on Monday, April 4, 2016 | 2:02 PM

Gubernur Jambi Zumi Zola (kanan) didampingi Kadisdik Prov jambi Drs Rahmad Derita Harahap MPDi melakukan sidak untuk melihat bagaimana proses UN berlangsung di SMAN 4 Kota Jambi, Senin (4/4/2016). IST
Jambipos Online, Jambi-Peserta ujian nasional (UN) di Kota Jambi mengaku cukup tenang menghadapi UN karena matangnya pembekalan terhadap siswa serta UN juga tidak lagi menjadi penentu utama kelulusan.
Dekri (19), peserta UN dari SMA Yadika Kota Jambi kepada SP di Kota Jambi, Senin (4/4) mengaku meski agak deg-degan tapi tidak terlalu khawatir karena penentu kelulusan SMA dan sederajat buka lagi semata UN.
“Kami juga sudah mendapatkan pembekalan menghadapi UN di sekolah beberapa bulan terakhir. Yah, agak enjoy lah menghadapi UN ini, tidak sampai stress,” katanya.
Pantauan SP di SMA Yadika dan SMA Negeri 6 Kota Jambi, Senin pagi, peserta UN tidak ada yang bergerombol dan kasak-kusuk di warung-warung sekitar sekolah. Peserta UN juga tampak lebih santai. Peserta UN belum banyak datang ke sekolah hingga pukul 07.00 WIB, setengah jam sebelum UN dimulai pukul 07.30 WIB. Sedangkan pada UN tahun lalu, peserta UN sudah banyak yang datang ke sekolah pukul 06.00 WIB, satu setengah jam menjelang UN dimulai. Pelaksanaan UN di Kota Jambi juga berlangsung tertib.
Para peserta UN masuk ke ruang ujian setelah dipersilahkan pengawas seperti tampak di SMA Negeri 6 Kota Jambi. Peserta UN juga cukup disiplin dan patuh pada larangan membawa telepon genggam dan alat hitung ke meja ujian. Semua peserta UN di sekolah tersebut memasuki ruang ujian nasional berbasis komputer (UNBK) dengan tertib.
Sementara itu Gubernur Jambi Zumi Zola dan Wali Kota Jambi Syarif Fasha meninjau pelaksanaan UN di beberapa sekolah di Kota Jambi. Peninjauan dilakukan di sekolah yang melaksanakan UN tertulis dan UNBK, baik sekolah swasta maupun negeri. Untuk mencegah terganggunya konsentrasi peserta UN, pemantauan UN di Kota Jambi hanya dilakukan di luar ujian untuk mengetahui kelancaran UN, ketersediaan komputer, kekurangan soal dan kendala lain.
Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jambi, Rahmat Derita mengatakan, UN SMA dan sederajat Sembilan kabupaten dan dua kota di Provinsi Jambi diikuti sekitar 37.410 siswa. Peserta UN SM sekitar 24.992 orang dan peserta UN sekolah menengah kejuruan (SMK) dan Madrasah Aliyah (MA) sekitar 12.365.
Peserta UN di daerah itu paling banyak di Kota Jambi, yakni 10.304 siswa. Peserta UN di kota itu terdiri dari 6.029 siswa peserta UN SMA dan 4.212 orang peserta UN SMK/MA.(RDS-SP)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos