Home » , » Aktivitas Vulkanik Meningkat, Jalur Pendakian Gunung Kerinci Ditutup

Aktivitas Vulkanik Meningkat, Jalur Pendakian Gunung Kerinci Ditutup

Written By jambipos-online on Monday, April 4, 2016 | 1:58 PM

Gunung Kerinci
Gunung Kerinci (Burufly)
Jambipos Online, Jambi-Jalur pendakian Gunung Kerinci di Kabupaten Kerinci Provinsi Jambi ditutup sejak sepekan yang lalu akibat meningkatnya aktivitas gunung berapi tersebut.
"Iya jalur pendakian ditutup total dan penutupan atas rekomendasi pihak berwenang yakni Pos Pemantauan Gunung Api Kerinci," kata Petugas Pos Pendakian Resort 10 Andi saat dihubungi dari Jambi, Minggu (3/4).
Sejak sepekan lalu aktivitas gunung yang memiliki ketinggian 3.805 meter dari permukaan laut itu mengeluarkan semburan debu panas dari kawah aktif.
Oleh karena itu, Taman Nasional Kerinci Seblat (TNKS) wilayah seksi I menutup jalur pendakian gunung tertinggi di Sumatera itu sampai batas waktu yang belum ditentukan.
"Belum bisa ditentukan kapan dibuka kembali, tergantung setelah ada rekomendasi dari pihak terkait jika sudah dinyatakan aman," kata Andi menjelaskan.
Bagi wisatawan dan pendaki dari luar daerah yang sudah terlanjur datang untuk melakukan pendakian, akan dialihkan ke Danau Gunung Tujuh yang memiliki ketinggian 1.996 MDPL dan juga dialihkan ke Danau Kaco.
"Untuk mengurangi rasa kecewa pendaki yang sudah datang jauh-jauh, mereka dialihkan ke Danau Gunung Tujuh yang tidak kalah indahnya," kata Andi.
Sementara itu, Ketua Pos Pemantauan Gunung Kerinci Indra mengatakan gunung tersebut saat ini berada dalam status waspada level II.
Dia mengungkapkan, aktivitas Gunung Kerinci tersebut meningkat dengan mengeluarkan asap tebal hingga ketinggian 800 meter dari lobang kawah aktif yang cenderung mengarah ke arah barat dan timur.
"Asap yang bercampur dengan abu keluar dari kawah tercacat 150 kali perhari, sementara untuk aktivitas gempa vulkanik belum tercatat," kata Indra.
Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) wilayah setempat katanya telah mengeluarkan surat peringatan bagi masyarakat di sekitar Gunung Kerinci, pendaki dan wisatawan untuk tidak mendekati gunung dalam radius tiga kilometer dari bibir kawah.
"Sudah ada rekomendasi yang dikeluarkan untuk mengurangi resiko yang terjadi, karena sewaktu-waktu bisa terjadi letusan yang dapat membahayakan," katanya menambahkan.(BSC)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos