Home » , » Relokasi Pasar Angso Duo, Gubernur Jambi Ingatkan Pentingnya Hasil Audit BPKP

Relokasi Pasar Angso Duo, Gubernur Jambi Ingatkan Pentingnya Hasil Audit BPKP

Written By jambipos-online on Monday, March 21, 2016 | 1:06 PM


Gubernur Jambi Zumi Zola saat meninjau pembangunan Relokasi Pasar Angso Duo Jambi, Minggu (20/3/2016) pagi.  IST


Gubernur Jambi Zumi Zola (kiri) didampingi oleh Kabid SDA PU Provinsi Jambi Ibnu Z saat meninjau pembangunan Relokasi Pasar Angso Duo Jambi, Minggu (20/3/2016) pagi.  IST

Jambipos Online, Jambi-Gubernur Jambi H.Zumi Zola,S.TP,MA mengingatkan pentingnya hasil Audit BPKP Jambi terkait dengan terlambatnya pembangunan relokasi Pasar Modern Angso Duo Kota Jambi.

Hal itu dikatakan Zumi Zola saat meninjau pembangunan Relokasi Pasar Angso Duo Jambi, Minggu (20/3/2016) pagi. Peninjauan ini dilakukan untuk melihat langsung kondisi pembangunan Relokasi Pasar Angso Duo yang sampai saat ini belum juga rampung. Zola juga berbincang langsung dengan kontraktor pelaksana pembangunan pasar tersebut, PT Era Guna Bumi Nusa (EGBN).

Zumi Zola meninjau kios dan ruko yang sedang dibangun, juga drainase dan darmaga di pinggir Sungai Batanghari yang berdekatan dengan Relokasi Pasar Angso Duo tersebut.

Kepada wartawan, Zumi Zola mengatakan, kalau melihat rencananya bagus, tetapi ada teknis yang harus dikaji. “Masalah persediaan bajanya. Baja ini harus pesan khusus dari Jakarta, dan waktu deadline yang sudah disepakati dari awal apakah ini mencukupi atau tidak. Oleh sebab itu, sebelum memutuskan ini diperpanjang atau tidak, saya minta BPKP untuk turun,” ujarnya.

“Sudah seminggu lebih yang lalu saya minta untuk diprioritaskan ini supaya Pemerintah Provinsi Jambi bisa mengambil keputusan yang tepat. Saya rasa juga sekarang sudah banyak reaksi-reaksi dari para pedagang yang sudah dijanjikan untuk menempati ini," ujar Zola.

“Bicara masalah pedagang-pedagang ini tentu perlu kita daftar. Berapa banyak, siapa saja yang berhak untuk menempati kios-kios ini. Ada tercatat 3.000 lebih pedagang. Tetapi sampai hari ini dari Dinas Pasar Kota Jambi melaporkan baru terdaftar 30%, dari 3.000 lebih baru 30%. Sedangkan bangunan ini mengacu pada berapa jumlah pedagangnya,” kata Zola.

“Kami mohon dapat dukungannya dari Dinas Pasar Kota Jambi untuk menginformasikan segera kepada kami. Jangan sampai nanti ada pedagang yang tidak dapat. Kalau yang saya tanyakan tadi, justru kekuatirannya banyak yang tidak ambil, masih sisa tempatnya. Yang jadi masalah kalau ada yang tidak dapat, ini yang harus kita persiapkan," jelas Zola.

Kata Zola, dirinya sangat mendukung Walikota Jambi juga yang sangat memperhatikan PKL. “PKL semua sudah oke, tinggal pedagang-pedagangnya ini. Seperti tadi kita lihat, pedagang sayur sendiri, pedagang ikan sendiri, pedagang daging sendiri, itu bagus sekali, tinggal masalah waktu dan teknis, seperti pengiriman barang, sebelumnya, untuk ngirim baja saja butuh waktu sampai satu tahun," tutur Zola.

Zola menegaskan, pertimbangan untuk melanjutkan atau tidak pembangunan Pasar Angso Duo, pondasi yang paling penting adalah dari BPKP, BPKP akan mempelajari dari awal, mulai dari perencanaan sampai perjanjian-perjanjian, semuanya akan dipelajari, apakah sesuai atau tidak.

Zola mengungkapkan, dari pihak kontraktornya menyatakan, pekerjaannya sekitar 45%, namun  harus dilihat hasil penilaian BPKP. 

“Kami berpegang pada apa rekomendasi dari BPKP. Saya harap pemeriksaan BPKP segera selesai, dan saya memang minta ini yang diprioritaskan karena sudah mendekati deadline. Ini pasti diminta untuk diperpanjang. Sebelum memutuskan itu, saya butuh kajian hukumnya dulu, Deadlinenya 9 April. Saya minta juga dukungan dari BPKP agar bisa cepat selesai karena setelah itu kami harus kaji lagi dengan instansi terkait sebelum menutuskan," tutur Zola.

Selain itu, Zola juga menegaskan kepada para subkontraktor untuk benar-benar memperhatikan pekerjaannya, termasuk pembayaran gaji tenaga kerjanya serta jaminan keselamatan kerja "Mereka dan keluarganya kan juga mau makan, tolong diperhatikan itu, jadi jalan juga, biar sama-sama enak. Jadi, harus diperhatikan hak dan kewajibannya untuk semua pihak," tegas Zola.

Dalam peninjauan tersebut, Gubernur Jambi didampingi oleh Kabid SDA PU Provinsi Jambi Ibnu Z, Kepala Biro Administrasi Pembangunan dan Kerjasama, dan Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Jambi. (JP-03)


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos