Home » , » Lagu “Dame” dan Paduan Suara “Holong” Pererat Jalinan Kasih Punguan Panjaitan

Lagu “Dame” dan Paduan Suara “Holong” Pererat Jalinan Kasih Punguan Panjaitan

Written By jambipos-online on Monday, March 7, 2016 | 12:28 PM


Lagu “Dame” dikumandangkan dengan merdu oleh Paduan Suara Panjaitan dan Trio Holong (Fauzan Samosir-Goxen Purba-Alex Zebua) Feat Ir PB Panjaitan MM dan br Simarmata. Foto Asenk Lee Saragih

Paduan Suara Lagu “Holong” oleh Paduan Suara Punguan Panjaitan Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih

Jambipos Online, Kota Jambi-Suasana kasih persaudaraan tampak di pelaksanaan Ibadah Pesta Bona (awal) Tahun Punguan (kumpulan) marga Panjaitan-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi sekitarnya yang dilaksanakan di Gedung AsiniRoha Kotabaru Jambi, Minggu (6/3/2016). Dua lagu Ciptaan Ir PB Panjaitan MM yakni “Holong” dan “Dame” dikumandangkan dengan merdu oleh Paduan Suara Panjaitan dan Trio Holong (Fauzan Samosir-Goxen Purba-Alex Zebua) Feat Ir PB Panjaitan MM dan br Simarmata. 



Lagu Holong yang dibawakan Paduan Suara Panjaitan-Boru Jambi tampil apik dan menggema membuat suasana hening. Pesan yang disampaikan Lagu “Holong” yang terinspirasi dari Ayat Firman Tuhan 1 Petrus 2: 17 (ayat-Pernikahan Ir PB Panjaitan MM/ S br Silaen Mpd) itu untuk mengingatkan kembali begitu pentingnya Kasih untuk sesama.

Ayat Firman Tuhan 1 Petrus 2: 17 (“Hormatilah Semua Orang, Kasihilah saudara-saudara Mu, Takutlah kepada Tuhan, Hormatilah raja”) juga sebagai Tema Pesta Bona Tahun Punguan Panjaitan-Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi.

Siraman rohani yang disampaikan Pdt R Panjaitan STh, juga menekankan akan pentingnya “Holong” dalam hidup. Tanpa “holong” semua akan sia-sia. Hal itu juga yang diharapkan pada Punguan Panjaitan agar saling tolong menolong, saling mengasihi satu degan yang lain dengan tetap menjalin komunikasi dua arah.

“Tema 1 Petrus 2: 17, Hormatilah Semua Orang, Kasihilah saudara-saudara Mu, Takutlah kepada Tuhan, Hormatilah raja”, sebagai pedoman kita dalam menjalani punguan ini. Tema ini juga sebagai dasar kita dalam menjalankan dan melestarikan budaya dan adat Batak “Dalihan Natolu” lewat pesta Bona Taon,” ujar Pdt R Panjaitan.

Kemudian lagu “Dame” yang dinyanyikan Trio Holong (Fauzan Samosir-Goxen Purba-Alex Zebua) Feat Ir PB Panjaitan MM dan br Simarmata, juga menyejukkan hati. Lagu ini membawa pesan tentang petuah orang tua kepada anaknya yang tetap menjalankan “Dame’ dalam hidupnya.

Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM. Foto Asenk Lee Saragih.
Menurut Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM mengatakan, tujuan Punguan adalah untuk melaksanakan tugas organisasi kumpulan marga sebagai tanggungjawab bersama (laho pasadahon pangantoion diangka ulaon hatopan, na gabe tanggung jawab ni Punguan Raja Panjaitan Dohot Boruna, Bere, Ibebere asa marhitei i dapot dos ni roha dohot harentaon diganup anggota ni punguan).

Sedangkan tujuan dilaksanakannya acara pesta awal tahun Panjaitan semata-mata untuk meningkatkan rasa kekeluargaan dan tali silaturahmi saling kasih mengasihi (Holong), saling tolong menolong sesama warga Jambi asal Batak khususnya Marga Panjaitan dan Boru, Bere-Ibebere se Kota Jambi.

“Terciptanya rasa cinta kasih dalam pergaulan terutama kerukunan umat beregama yang ada di Provinsi Jambi. Dimana dalam bahasa Batak dapat diuraikan menjadi 5M sebagai berikut: Mandok Mauliate tu Tuhanta (Mengucap syukur dan terimakasih kepada Tuhan, Martangiang (Memanjatkan Doa kepada Tuhan, Masitandaan (Mempererat Tali Silaturahmi), Marsihaholongan, Marsianjuan (Menumbuhkan Rasa Saling Kasih Mengasihi-Holong), Marsiamin-aminan (Merjalin Persatuan dan Kesatuan),” kata PB Panjaitan yang meletakkan jabatan Ketum Panjaitan Jambi dan jadi Penasehat Panjaitan Jambi sejak 6 Maret 2016.

PB Panjaitan juga menekankan harus meninggalkan 5M yakni Manarita (Sakit Hati), Marungut-ungut (Iri hati), Mardandi (Dendam), Marbada (Bertengkar), Marsirang (Berpisah atau bercerai).

Tujuan acara pesta ini juga merupakan momentum untuk mewujudkan pepatah yang mengatakan “Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung”. “Artinya kita Punguan Panjaitan harus tetap eksis mendukung berbagai program pembangunan yang tujuannya untuk kepentingan masyarakat Jambi,” katanya.

“Saat ini kita dipimpin oleh Gubernur dan Wakil Gubernur Baru, Bapak H Zumi Zola Zulkifli dan H Fachrori Umar dengan program kerja “JAMBI TUNTAS” 2021 yaitu Tertib Unggul Nyaman Tanggung Adil dan Sejahtera”. Mari kita bersama mendukung program Pemerintah Provinsi Jambi untuk kemajuan kita bersama di Provinsi Jambi,” tambah PB Panjaitan.

PB Panjaitan juga mengajak anggota Punguan Panjaitan dan Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi untuk bersatu. “Janganlah kita cerai berai. Panjaitan itu satu. Jangan merasa hebat tapi hebatlah merasa. Pemerintah mengatakan, kita harus bersatu dalam satu kesatuan Republik Indonesia, Bhineka Tunggal Ika. Pesan saya kepada Ketua Umum yang baru beserta pengurus periode 2016-2019, satukan kembali Panjaitan. Tidak ada gunanya cerai berai karena kerugian yang datang dan juga berkat malah menjauh,” ujar PB Panjaitan yang sudah menjabat selama 14 tahun jadi Ketua Umum Panjaitan Jambi ini.

Disebutkan, para orangtua juga diharapkan untuk dapat menumbuh kebanggaan terhadap budaya Batak dihati anak-anak. “Kita mempunyai warisan yang sangat kaya dan dikagumi oleh masyarakat luas, antara lain memiliki bahasa, adat, budaya, aksara tulisan, juga warisan budaya semisal ulos, tortor, seni gorga, musik uning-uningan dan sebagainya,” tambah PB Panjaitan.

“Kita juga harus memberikan motivasi kepada anak-anak kita agar mereka juga bersemangat dalam belajar. Karena hanya melalui pendidikan, orang dapat merubah masa depannya. Karena saat ini kita tidak hanya berkompetensi dengan bagsa sendiri, tetapi juga terhadap dunia yakni arus globalisasi dan teknologi digital yang semakin hari semakin canggih. Dan juga kita harus siap menghadapi MEA (Masyarakat Ekonomi Asia) sejak 1 Januari 2016 lalu. Kita dituntut Profesional, Kompetensi (pendidikan), Integritas (jujur, adil, loyal, kredibel, cakap dan mampu),” katanya.

PB Panjaitan juga menjelaskan pentingnya anak-anak dapat mengerti dan menguasai bahasa Batak. Sebab hanya dengan bahasa dapat dipahami budaya. Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati pahlawan-pahlawannya.

“Suku yang besar adalah suku yang mencintai bahasa dan budayanya. Filosofi mengatakan “Bila kita menguasai Bahasa (Multy Bahasa) dan budaya, maka kita dapat menaklukan dunia,” katanya.

“Kami selaku pengurus atas nama anggota punguan mengucapkan terimakasih tak terhingga kepada Penasehat, Panitia Pesta, Para Ketua dan Ketua Wilayah, Semua anggota Punguan Panjaitan dan Boru-Bere-Ibebere se Kota Jambi. Jangan ditanya apa yang telah saya terima dari Punguan, tetapi cobalah bertanya apa yang telah saya perbuat kepada Punguan,” katanya.

Ir PB Panjaitan MM dalam kepemimpinan sejak 2002 hingga Maret 2016, dia juga tidak luput dari salah dan kehilafan yang tidak sesuai dengan harapan anggota, karena kesibukan kerja selaku kadis di birokrasi (sekarang Kadis PU Provinsi Jambi).

“Saya mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kiranya harapan saya kedepan, semoga Punguan Panjaitan dohot Boru, Bere-Ibebere se Kota Jambi berkembang di hari yang akan datang,” katanya.

“Kapas dipintal benangnya jadi, buatkan kain seputih awan. Saya menyusun sepuluh jari slah dan silap mhon dimaafkan. Balintang ma pagabe, Tumundalhon Sitadoan, Arinta ma gabe, Molo hita masi paolo-oloan. Eme ni sitamba tua, Parlingomannisiboro, Tuhanta do sileon tua, Luhut ma hita  diparorot. Pir ma pongki, Bahul-bahul pansalongan, Pirma ma antong tondi, Tiur-tiurma nang pansamotan. Daun Selasih diatas batu, Terimakasih dan Thank You,” demikian PB Panjaitan MM mengakhiri sambutannya.

Meriah

TRIO JKR MUSIK (Goxen Purba CS). Foto Asenk Lee Saragih
Pesta Bona Taon Punguan Panjaitan se Kota Jambi tampak meriah, dihadiri sekitar 500 KK dengan anggota baru 83 KK. Pesta Bona Taon Punguan Panjaitan se Kota Jambi diawali dengan ibadah dipimpin Pdt R Panjaitan / Br Sinaga.

Inti dari kotbah yakni agar kumpulan marga Panjaitan di Jambi hidup rukun dan berdampingan serta saling tolong menolong sejalan dengan Tema : 1 Petrus 2: 17 (“Hormatilah Semua Orang, Kasihilah saudara-saudara Mu, Takutlah kepada Tuhan, Hormatilah raja”).

Pengurus Punguan Panjaitan, Boru se Kota Jambi juga memberikan hadiah bagi pelajar (SD, SMP, SMA) berprestasi dari anggota kumpulan. Hadiah itu diserahkan Ir E Panjaitan/br Pangaribuan, untuk memotivasi anak didik di marga Panjaitan untuk lebih berprestasi di sekolah masing-masing.
Pesta bona taon itu juga diadakan tor-tor dalam mencari dana, mulai dari Pengurus, Penasehat, Panjaitan, Boru, Bere Ibebere. Penampilan Trio JKR Musik dengan tembang-tembang Batak membuat susana pesta tersebut meriah. Terkumpul dana puluhan juta rupiah untuk kepentingan organisasi Punguan Panjaiatan tersebut.

Pesta juga diselingi dengan penarikan undian serta diakhir acara dilakukan Doa Penutup oleh Pdt R Panjaitan STh serta penarikan hadiah utama sesuai dengan daftar hadir.

Pergantian Pengurus

Pada saat itu juga dilakukan pengukuhan Pengurus Punguan Panjaitan-Boru-Bere-Ibebere Kota Jambi Periode 2016-2019. Pemilihan Ketua Umum dan Wakil Ketua dipilih langsung oleh anggota punguan (Panjaitan dan Boru).

Pengurus Punguan Panjaitan-Boru-Bere-Ibebere Kota Jambi Periode 2016-2019

Ketua Umum: S Panjaitan SPd, MPd / R Br Situngkir SH (tengah)
Wakil Ketua : J Panjaitan/ Br Sitorus (kanan) dan Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM/ Dra S br Silaen (kiri). Foto Asenk Lee Saragih.
Ketua Umum: S Panjaitan SPd, MPd / R Br Situngkir SH
Wakil Ketua : J Panjaitan/ Br Sitorus

Sekretaris: Drs K Limbong/Br Panjaitan
Bendahara: AP Situmeang/ Br Panjaitan

Ketua-Ketua Wilayah
Wilayah I: 1.Pdt R Panjaitan STh/Br Sinaga
                    2. J Panjaitan/br Munthe

Wilayah II: 1.H Panjaitan/br Tarigan
                      2. B Panjaitan/br Sitompul

Wilayah III: 1. J Panjaitan/br Sormin
                       2. N Panjaitan/br Manurung

Wilayah IV: 1. P Panjaitan/br Hutagaol
                       2. B Panjaitan/br Gurning


Tim Formatur (Penasehat)

-B Panjaitan/br Napitupulu
-H Panjaitan/br Tamba
-B Panjaitan/br Simanjuntak
- Ir PB Panjaitan MM/ S br Silaen MPd
- J Lubis/br Panjaitan
 ********

Lagu “Dame” dikumandangkan dengan merdu oleh Paduan Suara Panjaitan dan Trio Holong (Fauzan Samosir-Goxen Purba-Alex Zebua) Feat Ir PB Panjaitan MM dan br Simarmata. Foto Asenk Lee Saragih


DAME
Cipt: Ir PB Panjaitan MM

Mauliate Ma Amang Inang
Di Sude Na Poda Mi
Ima Gabe Songon Sulu di Ngoluki
Loja Doho, Parmudu Mudu Hami Gelleng Mon
Sabar Doho, Sabar Doho Disude Ulaon Mi

Mancai Lambok Tu Pusu-Pusui
Sasude Na Hatami
Nang Pe Sipata, Marsak Rohami
Dipangalahokki
Tung Gomos Doho Amang Inang
Na Martangiangi
Juppang Tado, Naji Nalahan
Torop Pinopparmi

REFF:
Pasonang Ma Roham Amang Inang
Nauli Nalagu
Mardame Do Hami Sude Popparan Mon
Marsiamin Aminan, Marsitukkolan
Mauliatema Taddok Tu Tuhani
Ala Basa Nai

Hu Ingot Do Amang Inang
Hata Si Panigot Mi
Mar Hapatunon, Mar Sipasangapan
Mar Sianjuan
Mar Sada Roha Ma Hamu
Jala Sapakkilalaan
Mar Holong Ni Roha Di Donganmi
Serep Jala Marasi Rohai
Dapot Mu Ma Pasu Pasu
Sonang Ma Rohami...........
Ayah dan Anak. Ir PB Panjaitan MM dan Candra B Panjaitan ST. Foto Asenk Lee Saragih

 
 




Candra B Panjaitan ST dan Ibunda Dra S br Silaen.

Pdt R Panjaitan STh

Pdt R Panjaitan STh

Candra B Panjaitan ST

Ketua Panitia Pesta Bona Taon 2016.


Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Paduan Suara Lagu “Holong” oleh Paduan Suara Punguan Panjaitan Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih
Paduan Suara Lagu “Holong” oleh Paduan Suara Punguan Panjaitan Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih
Paduan Suara Lagu “Holong” oleh Paduan Suara Punguan Panjaitan Kota Jambi. Foto Asenk Lee Saragih


Prosesi Estapet Kepemimpinan Ketua Umum Panjaitan Jambi.

Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Trio JKR Pusik (Goxen Purba CS)
Panortoron di Pesta Bona Taon Panjaitan Jambi Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.


Trio Holong Feat Candra B Panjaitan ST.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.
Prosesi Adat Memasuki Gedung Pesta Bona Taon Panjaitan Minggu 6 Maret 2016. Foto Asenk Lee Saragih.

Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.
Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM / Dra S br Silaen Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM / Dra S br Silaen Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Pemberian Ulos Passamot Sebagai Tanda Terimakasih Kepada Ketua Umum Panjaitan Jambi Periode 2002-2016, Ir PB Panjaitan MM / Dra S br Silaen Oleh Penasehat Panjaitan Jambi. Foto Asenk Lee Saragih.

Ayah dan Anak. Ir PB Panjaitan MM dan Candra B Panjaitan ST. Foto Asenk Lee Saragih
Ketua Umum: S Panjaitan SPd, MPd / R Br Situngkir SH (tengah) Wakil Ketua : J Panjaitan/ Br Sitorus. 
Penasehat Panjiatan Jambi Ir PB Panjaitan MM Memberikan Hadiah Utama Doorprice Daftar Hadir Kepada Br Panjaitan. Foto Asenk Lee Saragih.
Penasehat Panjiatan Jambi Ir PB Panjaitan MM Memberikan Hadiah Utama Doorprice Daftar Hadir Kepada Br Panjaitan. Foto Asenk Lee Saragih.



 
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos