Home » , , » Dewan Kesenian Akan Rekomendasikan Arah dan Kebijakan Kebudayaan Jambi ke Gubernur Zumi Zola

Dewan Kesenian Akan Rekomendasikan Arah dan Kebijakan Kebudayaan Jambi ke Gubernur Zumi Zola

Written By jambipos-online on Friday, March 4, 2016 | 7:29 AM

Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi Zumi Zola-Fachrori Umar. Foto Usman M.
Jambipos Online, Kota Jambi-Ketua Umum Dewan Kesenian Jambi, Fahmi Sabki, menyatakan pihaknya akan bertemu dengan Gubernur Jambi terpilih untuk memberikan masukan termasuk rekomendasi arah dan kebijakan pembangunan kebudayaan di daerah ini.
 
Selain itu, pihaknya juga akan mengkomunikasikan visi dan misi Dewan Kesenian Jambi yang merupakan aspirasi para seniman Jambi.

Saat ini, kata dia, merupakan memomentun yang tepat untuk memulai semuanya, sebab sejalan dengan momentum pelantikan Gubernur Jambi yang baru setelah selesai pilgub 2015 lalu.

“Saat ini merupakan momentum yang tepat sekali. Pergantian Gubernur Jambi terpilih akan diresmikan dalam waktu dekat ini. 

Sambil menunggu itu, kita juga persiapkan arah kebijakan kesenian dan kebudayaan yang akan disampaikan dan kalau dapat menjadi rekomendasi kepada Gubernur Jambi baru,” ujarnya dikonfirmasi usai dialog dengan seniman di Taman Budaya Jambi, Sabtu 31 Januari 2016.

Fahmi juga menguraikan pendekatan-pendekatan yang akan mereka lakukan ke pemerintah agar program-program pemerintah sejalan dengan DKJ dan mampu mengakomodir seniman Jambi dalam setiap kegiatan mereka.

“Selain gubernur kami juga akan mengkomunikasikan perihal ini ke dua lembaga lain, yakni Badan Perencanaan Pebangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Jambi dan kota, kemudian legislatif. Tiga lembaga ini penting kita berikan pemahaman,” katanya.

Menurut mantan Kepala Bappeda Kota Jambi ini, sebagai perencana, bappeda merupakan kunci yang akan menetukan arah dan kebijakan pembangunan daerah. Legislatif sebagai lembaga pengawas juga perlu didekati dan diberi pemahaman.

“Jadi tiga lembaga ini, Gubernur, Bappeda, dan Legislatif (DPR) harus sejalan terkait arah dan kebijakan kebudayaannya. Kita akan komunikasikan ke ketiga lembaga ini. Kalau gubernur saja, atau Bappeda saja, atau DPR saja, akan sulit, makanya harus satu arah semuanya. Itu salah satu kerja kami nantinya,” pungkas Fahmi.

Apa arah dan visi misi Dewan Kesenian Jambi periode ini? Ketua Litbang DKJ Nukman, menyatakan visi misi Dewan Kesenian Jambi periode 2015-2020 ini adalah “Penguatan Komunitas Seni yang Berbasis Tradisi dan Kearifan Lokal Jambi”. (Nurul Fahmy/INILAHJAMBI.COM)

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos