Home » » Sekolah Yadika Jambi, Sekolah Favorit di Jambi Yang Komitmen Mencerdaskan Anak Bangsa

Sekolah Yadika Jambi, Sekolah Favorit di Jambi Yang Komitmen Mencerdaskan Anak Bangsa

Written By jambipos-online on Thursday, February 18, 2016 | 8:45 AM

SMP-SMA-SMK Yadika Jambi beralamat di Jalan Abdul Muis (Jerambah Bolong ) Lorong Anggrek Rt 38. Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.Foto-foto Asenk Lee Saragih
Jambipos Online, Jambi-Yayasan Abdi Karya Yadika (Yadika) yang berkedudukan di Jakarta bertekat dan berkomitmen untuk mencerdaskan anak bangsa melalui dunia pendidikan. Pemilik Yayasan ini Raja DL Sitorus juga bernazar untuk membangun Sumber Daya Manusia SDM dibidang pendidikan dan kesehatan di seluruh Indonesia, khususnya di Jambi.

Kepala Sekolah SMP-SMA Yadika Jambi, Friston Rayanto Sinaga, S.Pd kepada Jambipos Online baru-baru ini mengatakan, Yadika Jambi mulai berdiri sejak Juli 2007. Di Yadika Jambi ada 3 unit sekolah yakni SMP,SMA dan SMK. SMP Yadika kini sudah Angkatan ke 5, SMA angkatan ke 4 dan kelulusan setiap tahunnya selalu 100 % .

SMP-SMA-SMK Yadika Jambi beralamat di Jalan Abdul Muis (Jerambah Bolong ) Lorong Anggrek Rt 38. Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.

Sementara Kepala Bidang Pendidikan Yadika Pusat Drs. Himsar Nababan, MM. SMP Yadika Jambi merupakan salah satu sekolah swasta di Jambi yang menjadi Pilot Projek Kementrian Pendidikan dalam melaksanakan Kurikulum 2013.

Disebutkan, SMP Yadika Jambi telah melaksanakan Kurikulum 2013 sejak tahun pelajaran 2013/2014 dan pada TP 2014/2015 seluruh sekolah akan melaksanakan Kurikulum 2013. Nilai Akreditasi SMP Yadika Jambi adalah Nilai A.

Sedangkan SMA Yadika Jambi pada Tahun pelajaran 2014/2015 yang akan datang akan melaksanakan Kurikulum 2013, dimana akan ada 2 Peminatan yakni SMA jurusan IPA dan SMA Jurusan IPS.

SMP-SMA Yadika Jambi juga telah membuka Pendaftaran untuk penerimaan siswa baru (PSB) Tahun Pelajaran 2014/2015. Pelepasan lulusan angkatan pertama SMP-SMA Yadika Jambi Tahun Pendidikan 2010/2011 di Sekolah Yadika Jambi 21 Mei 2011 lalu. Lulusan pertama SMA Yadika Jambi yang lulus Ujian Nasional 100 persen.

Menurut Friston Rayanto Sinaga, Yadika didirikan pada tanggal 14 Februari 1976 oleh DR.Sutan Raja D.L. Sitorus dan Ny. Luceria Siagian,BSc keduanya adalah swasta bertempat tinggal di Jakarta.

Akte Pendirian Yayasan dibuat oleh Notaris Willy Silitonga dengan No. 14 tanggal 14 Februari 1976 dan kemudian diubah/disempurnakan dengan Akte Notaris No.164 pada tanggal 29 November 1983 oleh Notaris yang sama.

Aktivitas awal yang ditempuh Yadika adalah Penyelenggaraan Bidang Kesehatan dengan mendirikan Rumah Sakit Bersalin di Ciputat pada Tahun 1976. Dua tahun kemudian pada tahun 1978 Yadika menyelenggarakan Bidang Pendidikan dengan mendirikan SMP yadika 1 di Tanjung Duren Jakarta Barat.

Dalam perjalanan waktu dan Nazar dari Ketua Yayasan kalau dia diberikan rezeki oleh Tuhan yang Maha Kuasa dan Penyayang dia akan turut berbhakti kepada Nusa dan Bangsa dengan mengembangkan Pendidikan dan Kesehatan untuk mencerdaskan anak bangsa.

Sejak Tahun 1976 Yadika telah mengelola 2 Rumah Sakit Umum dan 1 Rumah Sakit Bersalin di Cikarang dan 3 Klinik Yadika yaitu di Petukangan, Cibubur dan Tegal Alur. Di Bidang Pendidikan sejak tahun 1978 Yayasan Abdi Karya telah menyelenggarakan 41 Unit Sekolah di 6 propinsi mulai dari Taman Kanak-kanak sampai dengan Perguruan Tinggi.

Kini Yadika telah memeiliki 60 unit sekolah dari Taman Kanakkanak hingga Perguruan Tinggi (PT) tersebar di 7 provinsi yakni DKI, Banten, Lampung, Sumatera Selatan dan Jambi. Bahkan tahun ajaran baru 2011 ini Yadika juga membuka sekolah di Manado Sulawesi Utara.

Disebutkan, DR Sutan DL Sitorus melalui Yasasan Pergurian Indonesia Membangun (Yapim) yang berkedudukan di Medan, Sumut juga telah memiliki 39 unit sekolah. Selain bidang pendidikan, DL Sitorus juga memiliki 5 Rumah Sakit, 3 klinik, dan 4 Perusahaan Perkebunan.

Diseluruh perusahaan dan yayasan itu telah mempekerjakan sitar 80 ribu tenaga kerja berbagai ragam profesi. DL Sitorus bukan mengambil untung dari bidang pendidikan, namun hanya sebagai nazar untuk membangun SDM pendidikan dan kesehatan.

Menurut Friston Rayanto Sinaga, pendidikan di Yadika Jambi saat ini masuk dalam sekolah favorit di Jambi. Selain bangunan sekolah yang megah dan fasilitas lengkap, tenaga pengajarnya juga berkualitas.

Terpisah, seorang orang tua murid SMA Yadika Jambi, mengatakan, pihaknya cukup bersyukur Sutan DL Sitorus peduli dengan dunia pendidikan di Jambi.

“Banyak orang kaya di negeri ini, namun kepedulian untuk dunia pendidikan minim. Namun Bapak DL Sitorus mau bernazar untuk dunia pendidikan walaupun harus mengeluarkan biaya yang cukup mahal. Kami sangat bangga dengan Sekolah Yadika Jambi tempat anak kami menimba ilmu,”katanya.

Sekolah Yadika Jambi kini sudah mengantongi agreditas A atau sudah setara dengan sekolah negeri. Pihaknya juga cukup bangga terhadap berdirinya Sekolah Yadika Jambi empat tahun lalu. (Asenk Lee Saragih)
 


MISI SMA Yadika Jambi adalah :

* Mempertebal iman dan taqwa dan mempertinggi budi pekerti.
* Menjadikan disiplin sebagai kebutuhan
* Mengabdi dan berkarya
* Membudayakan berfikir logis
* Menumbuhkembangkan sikap, mental, moral dan berwawasan luas.
* Menciptakan manusia yang kreatif, mandiri, terampil dan bertanggungjawab
* Bertindak aktif dan dinamis
* Meningkatkan kualitas pembelajaran
* Mengembangkan bakat, minat dan keterampilan
* Memotivasi siswa untuk mencintai sains dan teknologi





SMP-SMA-SMK Yadika Jambi beralamat di Jalan Abdul Muis (Jerambah Bolong ) Lorong Anggrek Rt 38. Kelurahan Lingkar Selatan, Kecamatan Jambi Selatan, Kota Jambi.Foto-foto Asenk Lee Saragih


Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos