Maskot HPN 2016, Rusa Timor

Written By jambipos-online on Sunday, February 7, 2016 | 10:59 PM


 
Jambipos Online-Nusa Tenggara Barat (NTB) selama ini lebih dikenal karena Gunung Tambora dan Gunung Rinjani juga Pantai Sengigi dan Gili Trawangan. 

Namun ada satu lagi ikon penting di Provinsi NTB yang menggambarkan kekayaan alamnya yang khas, yakni Rusa Timor atau Menjangan. Hewan bertanduk indah dengan nama Latin Ervus timorensis ini banyak ditemukan di Pulau Sumbawa.

Sedemikian bangganya masyarakat NTB pada Rusa Timor, sampai-sampai Rusa Timor menjadi salah satu ikon penting di dalam logo Provinsi NTB sejak berdiri pada 14 Agustus 1958.

Panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2016 memilih Rusa Timor sebagai maskot HPN 2016. Karakter Rusa Timor melambangkan semangat kemajuan, inovatif, solutif dan persahabatan.

Rusa Timor yang memegang pena menggambarkan sinergi masyarakat Pers Indonesia dalam membangun bangsa dan negara. 

Penggambaran ini juga menekankan tema HPN 2016, "Kemerdekaan Pers dari dan untuk Rakyat".

Jalinan dan kerjasama yang utuh, antara masyarakat NTB dengan insan Pers dari seluruh wilayah Indonesia yang hadir di acara puncak HPN 2016 diyakini akan menjadi kunci sukses penyelenggaraan.

Sukses HPN 2016 adalah sukses bagi masyarakat Pers Indonesia, dan di dalamnya otomatis melekatkan sukses sebagai kehormatan NTB yang menjadi tuan rumah. 

Adapun subtema HPN 2016, "Mendorong Poros Maritim dan Pariwisata Nusantara" digambarkan dengan logo TNI Angkatan Laut sebagai salah satu ujung tombak dan pengawal laut Nusantara, serta tulisan Wonderful Indonesia yang merupakan tagline Kementerian Pariwisata Republik Indonesia yang menggambarkan keanekaragaman Indonesia yang melahirkan keharmonisan.

Secara khusus, TNI AL dan Kementerian Pariwisata menjadi dua partner penting dalam penyelenggaraan HPN 2016 di Mataram, Lombok, NTB. 

Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos