Home » , » MA Usulkan Legislasi Anggaran Berwawasan Lingkungan

MA Usulkan Legislasi Anggaran Berwawasan Lingkungan

Written By jambipos-online on Monday, February 29, 2016 | 8:39 PM


Kabut Asap di Kota Jambi Akibat Kebakaran Lahan dan Hutan di Jambi Oktober 2015. Foto Asenk Lee Saragih.

Jambipos Online, Jakarta-Mahkamah Agung (MA) RI mengusulkan adanya green legislation dan green budget atau legislasi hijau dan anggaran hijau di daerah. Usulan itu tentang legislasi dan anggaran yang berwawasan lingkungan, termasuk didalamnya preventif karhutla.

Menanggapi hal itu, Gubernur Jambi Zumi Zola pada acara Launching Lokakarya dan Pelatihan (Lokalatih) Nasional Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan dengan Penegakan Hukum Multidoor, bertempat di Auditorium Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Gedung Manggala Wanabakti, Jakarta, Senin (29/2) siang mengatakan, bahwa dirinya sangat setuju dan mendukung usulan tersebut.

“Tentu ini akan menjadi kebijakan yang akan kami teruskan ke tingkat provinsi. Nanti akan kami sampaikan juga kepada semua instansi yang terkait. Karena ini kan suatu kesepakatan di tingkat nasional, harus kita dukung,” tutur Zola.

Terkait maraknya perambah hutan di Lembah Masurai, Kabupaten Merangin, Zola menyatakan bahwa harus ada ketegasan dari pihak yang berwenang bagi para pelakunya. “Hanya satu kuncinya, ketegasan, ketegasan pihak yang berwenang untuk menangkap perambah. Yang dirusak itu hutan, jadi apapun alasannya, pelakunya harus ditangkap,” tegas Zola.

Begitu pula dengan pihak yang melakukan karhutla, lanjut Zola, harus ada ketegasan pihak yang berwenang. “Jangan hanya perorangan, tetapi korporasi juga. Saya merekomendasikan, kalau bisa, kita cabut aja izinnya, kalau memang Pemerintah Pusat setuju,” kata Zola. 

Zola menambahkan, pihaknya menghargai investasi, tetapi investasi yang punya etika. “Bagaimanapun juga, perusahaan adalah tamu, tuan rumahnya adalah masyarakat. Kalau tamunya sudah merugikan masyarakat, ya buat apa,” ungkap Zola. (Asenk Lee)
Share this article :

Post a Comment

 
Support : Redaksi Jambi Pos | KONTAK KAMI | Pedoman Media
Copyright © 1998. JAMBIPOS ONLINE - All Rights Reserved
Template Created by Creating Website Published by Admin Jambipos Online
Proudly powered by Jambipos