Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Peluang Usaha Menjanjikan di Tengah Maraknya Kolam Pancing


Cici saat melayanan pembeli di Toko Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi. Foto-foto Asenk Lee Saragih/Jambipos Online.
Jambipos Online, Jambi-Usaha kolam pancing di Kota Jambi dan sekitarnya kian menggoda pemancing mania. Pehobi mancing kini tak lagi susah-susah memancing ke Sungai Batanghari, namun kini sudah banyak kolam pemancingan yang memberikan sarana dan prasarana bagi pemancing mania di Jambi. Bahkan kolam pemancingan cukup berkembang setahun belakangan. Seiring maraknya pembukaan kolam pemancingan di Jambi, minat pengusaha untuk membuka usaha jual alat-alat pancing juga semakin tertajamkan.

Toko Hans Pancing, salah satu toko yang menjual ragam keperluan memancing di Kota Jambi. Pemilik Toko Hans Pancing yang beralamat di Jalan Kompol M Taher No 3 Telp 0741 2555 adalah salah satu pengusaha yang melirik perkembangan kolam pancing di Kota Jambi dan sekitarnya.

Kalau selama ini alat-alat pancing yang dikenal luas di Istana Pancing, Aneka Pancing dan Sinar Nelayan di Kasang Kota Jambi, kini pemancing mania di Jambi sudah ada pilihan lainnya. Ketiga toko pancing itu menguasai pasar alat-alat pancing selama ini.

Dengan dibukanya Toko Hans Pancing menjadi ada pilihan lain dari satu induk pengusaha. Bicara soal harga, Toko Hans Pancing boleh dibilang lebih murah dari tiga toko pancing tersebut. Harga sungguh selisih jauh, seperti harga stik joran, benang joran hingga kerekan pancing. 

Harganya bisa selisih hingga Rp 50 ribu. Hal itu terdapat pada harga stik joran merek Simano panjang 165cm. Di Toko Aneka pancing, stik tersebut dibadrol Rp 220 ribu rupiah, namun di Toko Hans Pancing hanya Rp 165 ribu rupiah. 

“Sebagai toko alat pancing baru, kami memberikan harga yang terjangkau buat pemancing mania di Jambi. Kita hanya mengambil untung sedikit, namun banyak pembeli. Kita bukan banting harga, namun hanya mengambil untung sedikit saja. Kita bersaing sehat sesama toko pancing di Kota Jambi,” ujar Cici, pemilik Toko Hans Pancing Jambi kepada penulis.

Menurut Cici, dirinya membuka dua ruko sekaligus dalam membuka usaha jual alat-alat pancing tersebut. Dirinya yakin usahanya bakal maju seiring dengan minat warga Jambi untuk memancing begitu tinggi. 

“Warga Jambi sangat hobi memancing, baik di kolam pemancingan, sungai, hingga laut. Kita semua menyediakan segala keperluan alat pancing. Mulai dari aksesoris pancing, tas pancing, umpan hingga perlengkapan pancing lainnya,” katanya.

Toko Pancing Terlengkap

Sejarah bukanya Toko Hans Pancing, karena suami dari Cici hobi mancing. Saat itu dirinya membeli peralatan pancing di salah satu toko pancing di Jambi yang sudah sangat dikenal para mancing mania.
Namun saat membeli, harganya lumayan mahal. Sehingga suami dari Cici memutuskan untuk membeli peralatan pancing ke Jakarta. Suami Cici terkejut dengan selisih harga di Jakarta dengan di Jambi. 

Toko Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi.
Tiga toko pancing di Jambi yang sudah akrab bagi pemancing mania, terkesan monopoli. Karena tiga toko pancing itu adalah satu keluarga. Untuk membuat harga-harga alat pancing pun, mereka membuat lebih mahal.

Munculnya Toko Hans Pancing, membuat para mancing mania lebih leluasa untuk memilih alat pancing yang sesuai dengan kemampuan kantong. Perlengkapan alat pancing di Toko Hans Pancing lebih beragam dan menyediakan berbagai merek dengan harga terjangkau.

Jenis umpan pancing yang dijual juga cukup beragam. Para pemancing mania diberikan keleluasaan untuk memilih jenis umpan yang paling jitu di arena kolam pancing. Toko Hans Pancing juga kerap memberikan hadiah doorpize bagi even-evan lomba mancing di Jambi.

Hans Pancing juga menjalin hubungan baik kepada pemilik kolam pemancingan di Jambi dan memberikan harga grosir alat-alat pancing untuk dijual di tempat kolam pemancingan mereka.

Usaha Kolam Pancing

Sejumlah kolam pemancingan akhir-akhir ini bermunculan di Kota Jambi. Bisnis hobi ini tampaknya cukup menjanjikan dewasa ini. Masyarakat Jambi banyak menghabiskan waktu luang di kolam pancing sebagai hiburan.

Pemberian hadiah kepada pemenang lomba mancing di Kolam Pancing R&R Paal 6 Kotabaru Jambi 2 Februari 2014 lalu.
Minimnya obyek hiburan, membuat kolam pemancingan sebagai alternatif tempat rekreasi yang bermanfaat dan juga bisa membawa hasil ikan ke rumah. Kolam pancing memang sudah menjadi obyek wisata di Kota Jambi.

Penelusuran Penulis di sejumlah kolam pemancingan di Kota Jambi menunjukkan, setiap kolam pemancingan selalu dipenuhi pemancing, baik hari-hari biasa. Jika hari libur, kolam pemancingan akan membludak. 

Seperti terjadi di Kolam Pemancingan R&R Paal V Kotabaru Jambi. Di kolam tersebut, kerap membuat hadiah hiburan bagi pemancing. Harga masuk satu pemancing dari jam 07.00 WIB hingga pukul 22.00 WIB hanya dipatok Rp 30 ribu.

Setiap hari Sabtu dan Minggu, Rafiq, pemilik kolam pemancingan R&R selalu membuat hadiah doorprize berupa alat-alat pancing dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Cara mendapatkan hadiah tersebut dengan cara memberikan pita kepada ikan-ikan tertentu yang dilepas. 

Jika pemancing mendapatkan ikan yang ada tanda pita baru mendapatkan hadiah. Kemudian hadiah lainya, yakni bagi pemancing yang mendapatkan tarikan ikan patin pertama saat hari itu. Hadiah ikan patin cukup lumayan, bahkan untuk hadiah maskot ikan patin kini mencapai Rp 6 juta rupiah.

Persaingan Kolam Pancing

Persaingan kolam pancing kini begitu ketat untuk memikat para pemancing mania di Jambi. Pelayanan-pelayanan di setiap kolam pemancingan juga begitu beragam. Mulai dari harga kopi, teh, rokok, hingga makanan yang tidak terlalu mahal.

Kemudian memberikan siraman ikan ke kolam pemancingan yang beragam dan banyak. Strategi ini kerap dilakukan pemilik kolam pemancingan agar memikat pemancing agar tidak berpindah ke kolam pemancingan lain.

Kemudian, persaingan ini juga tampak dengan adanya kegiatan-kegiatan lomba mancing dengan melibatkan celon legislatif (caleg) sebagai sponsor. Lomba mancing dengan melibatkan sponsor caleg ini kini menjadi daya tarik baru bagi pemancing mania di Jambi.

Betapa tidak, para pemancing lebih bergairah memancing karena disuguhi hadiah-hadiah menarik bagi para pemancing yang menang lomba. Kini kolam pemancingan di Jambi berlomba untuk memberikan pelayanan yang terbaik kepada pemancing mania agar kolam pemancingannya tidak ditinggalkan. (Asenk Lee Saragih)

Manfaat Hobi Mancing

Banyak alasan yang menyebabkan para mancing mania rela harus duduk berjam–jam di tempat memancing menunggu umpan disambar ikan. Meski hasil tangkapan yang dihasilkan mungkin takkan lebih banyak dari biaya yang dikeluarkan. 

Banyak mancing mania yang bahkan rela mengeluarkan beratus–ratus ribu bahkan jutaan rupiah hanya untuk membeli peralatan mancing yang kalau dibandingkan dengan hasil ikannya pastilah akan jauh sekali harganya. 

Yang namanya mancing mania adalah orang yang dengan cara yang extrem mau menggeluti hobi memancing dan mau menyediakan waktunya untuk berburu ikan dengan memancing.

Apa alasan mereka menjadi mancing mania? Mancing adalah hobi yang menyenangkan. Dengan memancing, orang dapat merasakan mendapatkan pengalaman menarik ikan di mana saat inilah saat paling mengesankan bagi para mancing mania. 

Saat ikan mulai menyambar dan dengan keterampilan kita akhirnya kita bisa menariknya maka ada kepuasan tersendiri bagi para pemancing. Juga merupakan tempat ajang wisata & liburan bagi keluarga (Sekolah Pariwisata).

Mancing akan mendapatkan manfaat kesehatan. Mancing juga merupakan sarana olahraga, bagi mancing mania seperti anda olahraga memancing akan memberikan aktifitas fisik yang cukup berhasil, melempar joran, menarik reel, menarik ikan, dan aktifitas fisik lainnya sehingga anda mendapatkan kesehatan.

Mancing adalah obatnya stress, para mancing mania pastilah sudah tahu bahwa aktifitas mancing dapat menghilangkan kepenatan pikiran, mengurangi perasaan bosan dari seminggu penuh anda beraktifitas di kantor, bahkan memancing dapat menumbuhkan kegembiraan sekaligus menghancurkan stress yang mungkin anda derita.

Mancing melatih kesabaran. Mancing mania biasanya adalah orang yang sabar..lho kok bisa? Berbeda dengan orang sabar dalam hal temperamen, memancing memberikan efek sabar dalam sebuah usaha meraih sesuatu. 

Hal kecilnya yakni saat memancing, pasti akan dibutuhkan waktu yang tidak sedikit, ber jam –jam anda harus menunggu umpan anda dimakan ikan, berkali–kali anda mencoba untuk menangkap ikan yang memakan umpan anda. 

Memancing bisa di terapkan pada anak sebagai sebuah permainan anak yang melatih kesabaran dan konsentrasi anak. Kadang anda berhasil, kadang anda gagal namun anda tidak menyerah dan tetap berkonsentrasi.

Ya..untuk memancing tetap harus konsentrasi melihat pelampung yang ditarik oleh ikan…lalu apa yang anda dapatkan? Kesabaran dan Konsentrasi khan?. (Asenk Lee). (Sumber: BLOG BERITAKU)


Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi.

Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi.

Lomba mancing di Kolam Pancing R&R Paal 6 Kotabaru Jambi 2 Februari 2014 lalu.

Ragam pilihan stik joran pancing di Toko Hans Pancing.

 
Ragam Umpan di Toko Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi

Ragam Umpan di Toko Hans Pancing Jalan Kompol M Taher Depan Persijam Jambi Selatan Kota Jambi . Foto-foto Asenk Lee Saragih. HP 0812 7477587.

  

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar