Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sekda Sudirman: Pemprov Jambi Bersinergi dengan Semua Pihak dalam Meningkatkan SDM


Jambipos Online, Jambi- Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Jambi H. Sudirman, SH, MH menyampaikan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi terus berkomitmen menjaga dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM). Itu dilakukan tak lain agar masyarakat Jambi bisa memajukan daerahnya serta bersaing di era globalisasi saat ini. Upaya yang dilakukan Pemprov Jambi itu yakni bersinergi dengan semua pihak menelurkan penerus bangsa yang berkualitas. Salah satunya dengan pihak kampus.

Hal tersebut disampaikan Sekda saat  menghadiri Rapat Terbuka Senat Universitas Batanghari (UNBARI) dalam rangka Wisuda Diploma, Sarjana, dan Magister ke-55 Tahun Akademik 2023/2024 di Abadi Convention Center (ACC) Jambi, Sabtu (25/05/2024). 

Dalam sambutan dan arahannya Sekda Sudirman mengatakan bahwa setidaknya ada 3 misi yang diusung untuk memajukan Jambi ke depan agar lebih baik.

“Pemerintah Provinsi Jambi terus berupaya untuk memajukan daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat, pemerintah kabupaten/kota, dunia usaha, akademisi dan masyarakat dengan tiga misi yakni memantapkan tata kelola pemerintahan, memantapkan perekonomian masyarakat dan memantapkan kualitas sumber daya manusia,” kata Sekda Sudirman.

Ditambahkan Sudirman, salah satu tujuan pembangunan yakni meningkatkan sumber daya manusianya. Dirinya pun menyampaikan data Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Provinsi Jambi yang dirilis oleh BPS Provinsi Jambi beberapa waktu lalu.

Dijelaskan Sekda Sudirman, sejak tahun 2016, IPM Provinsi Jambi terus mengalami peningkatan. Dimana, angka 69,62 tercatat pada tahun 2016, tahun 2017 sebesar 69,99, tahun 2018 sebesar 70,85 dan tahun 2023 sebesar 73,73 persen.

“Saudara-saudara telah menyandang sarjana bahkan ada yang pascasarjana. Hal ini menyiratkan bahwa saudara-saudara semua memiliki kemampuan membaca dan menganalisa kondisi serta realita yang ada. Baik kondisi daerah, nasional bahkan global,” jelas Sekda Sudirman.

Dalam kesempatan tersebut Sekda Sudirman juga mengingatkan semua pihak yang dihadapi terkait ketidakpastian global saat ini. Salah satunya saat pandemi covid-19 maupun pasca pandemi covid 19. Selain itu, kemajuan era digitalisasi dengan segala kecanggihan informasi dan komunikasi.

Sekda Sudirman juga menyoroti degradasi lingkungan yang menyebabkan perubahan iklim, serta berkurangnya daya tumbuh lingkungan untuk memenuhi kebutuhan pangan dan kebutuhan hidup. Juga semakin menipisnya cadangan energi sampai konstelasi keamanan dunia yang sebagian bergejolak.


Untuk itu dirinya berpesan kepada para wisudawan, agar terus mengasah diri meningkatkan kualitas dan kompetensi menghadapi era globalisasi yang sangat cepat.

“Izinkan saya menyampaikan pesan agar Universitas Batanghari meningkatkan kualitas dalam semua sektor, guna mendukung terwujudnya pendidikan tinggi yang berkualitas dan berdaya saing,” pesan Sekda Sudirman.

“Kepada wisudawan dan wisudawati untuk terus meningkatkan kompetensi dan kemampuan agar kompetitif dalam memasuki tahapan selanjutnya. Selamat kepada seluruh wisudawan-wisudawati, selamat juga kepada orang tua dan keluarga. Semoga meraih kesuksesan dalam tahapan kehidupan selanjutnya,” pungkas Sekda Sudirman. (JPO-Diskominfo Provinsi Jambi/Foto Normansyah Patra)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar