Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubenur Jambi Al Haris Minta Pemerintah Pusat Bantu Korban Banjir Kerinci dan Kota Sungaipenuh

Gubernur Jambi H Al Haris meminta bantuan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan sandang pangan kepada korban banjir Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci. Dari data BPBD Kabupaten Kerinci Jambi total yang terkena banjir itu ada di 41 desa dengan 9 kecamatan dengan jumlah total sebanyak 7.659 jiwa yang terdampak.(IST)

Jambipos Online, Kerinci-
Gubernur Jambi H Al Haris meminta bantuan Pemerintah Pusat untuk memberikan bantuan sandang pangan kepada korban banjir Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci. Dari data BPBD Kabupaten Kerinci Jambi total yang terkena banjir itu ada di 41 desa dengan 9 kecamatan dengan jumlah total sebanyak 7.659 jiwa yang terdampak.

Sedangkan jalan yang mengalami kerusakan terdapat 30 titik di Kabupaten Kerinci. Lalu untuk di Kota Sungaipenuh, BPBD setempat mendata bahwa ada 4 kecamatan yang mengalami terendam oleh banjir dengan sebanyak 19.472 jiwa warga terdampak.

Secara keseluruhan di dua daerah berdekatan itu Kota Sungaipenuh dan Kabupaten Kerinci jumlah korban sebanyak 27.131 jiwa yang terdampak banjir. Bahkan banjir ini masih terus terjadi hingga Kamis karena intensitas hujan tinggi.

Gubernur Jambi Al Haris mengunjungi wilayah Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh setelah dilanda banjir besar. Dari data BPBD Jambi, ada sekitar 27 ribu warga di dua daerah itu yang sudah terdampak banjir.

Gubernur Jambi Al Haris melihat kondisi warga setelah tiga hari dilanda oleh banjir, Selasa (2/1/2024). Dia naik di atas perahu karet dan berkeliling melihat kondisi rumah warga yang terendam. Kemudian Al Haris ke tenda pengungsian dan mengirimkan bantuan makanan untuk warga.

Al Haris mengatakan, dia sengaja turun untuk memastikan agar warga yang tinggal di pinggir sungai untuk segera mengungsi. Hal ini mengingat hujan deras masih terjadi di Kerinci dan Kota Sungaipenuh, Provinsi Jambi.

"Yang rumahnya di pinggir sungai kita minta harus segera diungsikan, karena curah hujan masih tinggi, potensi air sungai meluap, maka segera tim bergerak lakukan langkah pengungsian terhadap warga," kata Al Haris.

Dari data BPBD Jambi, banjir yang melanda Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh Jambi ini merupakan banjir terparah di akhir tahun 2023 dan diawal tahun 2024. Banjir ini juga tentunya sudah meluas dan menggenangi ribuan rumah warga.

Saat berada dilokasi banjir, Gubernur Jambi Al Haris keliling dari perumahan warga serta melihat kondisi pengungsi di eks kantor DPRD Kota Sungaipenuh. Di tempat pengungsian itu, Al Haris ingin memastikan kondisi posko harus tersedia makanan, air bersih dan tim medis.

"Nah saya ingin soal bantuan logistik ini yang perlu, jadi tujuan kita turun langsung agar jangan sampai ada warga yang terdampak banjir malam tak dapat bantuan sama sekali. Makanya saya harus mastikan tidak ada warga yang tidak mendapatkan bantuan," ujar Al Haris.

Menurut Gubernur Jambi Al Haris, bagai manapun Jembatan Tamia ini, merupakan urat nadi perekonomian masyarakat Kerinci dan Kota Sungaipenuh. Juga arus keluar masuk  Kerinci Via Bangko Jambi

"Bila kondisi ini tidak segera ditanggulangi, dampaknya sangat berpengaruh terhadap lonjakan beberapa kebutuhan masyarakat, sebab jalan ini satu-satu jalan transportasi untuk mengakut barang  ke Kabupaten Kerinci dan Kota Sungaipenuh dan sebalaiknya beberapa komonite hasil peretania dari Kerinci maupun Kota Sungai Penuh juga melalui jalan ini ’’jelas Gubernur Jambi Al Haris.

 Pada hari yang sama, Al Hari bersama Pj Bupati Kerinci Asraf, juga membesuk kerumah duka Almarhum Syafrizal (55) Kepala SMP N Kerinci Sungai Abu, korban meninggal dunia karena  motornya tergelincir dan terseret derasnya Sungai Batang Merao. "Atas nama Pemerintah Provinsi Jambi turut berduka cita, semoga keluarga almarhun diberi ketabahan," ucap Al Haris.

Gubernur Jambi Al Haris bersama Pejabat Buopati Asraf didampingi Camatn Depati Tujuh mendatangi warga terkena musibah banjir. Perjalan rombongan Gubernur Jambi bersama Pejabat Bupati, dilanjutkan ke Kecamatan Gunung Kerinci, menyaksikan pembersihan material longsor disejumlah titik dan salah satunya di jalan Nasional  Perbatasan antara Desa Lubuk Nagodang dan Siulak Deras, tebing ek galian C Ilegal  yang lonsor.
Gubernur Jambi Al Haris mempir  di Sekretariat Posko penanganan darurat bencana banjir dan longsor Kabupaten Kerinci di Kantor Camat Air Hangat. (IST)

Sebelum mengakiri kunjungan di Kabupaten Kerinci, Gubernur Jambi Al Haris mempir  di Sekretariat Posko penanganan darurat bencana banjir dan longsor Kabupaten Kerinci di Kantor Camat Air Hangat, Gubernur Jambi  mendapat penyelaskan, tahab-tahab pelaksanaan penanganan  tanggap darurat  dan selanjutnya rombongan  Gubernur Jambi Al Haris, melanjutkan perjalanan menijau Lokasi banjir dalam wilayah  kota Sungaipenuh.

Sementara ratusan personil Polres Kerinci, Polda Jambi, Polsek serta Satuan Brimob  dikerahkan  turun langsung ke lokasai bencana untuk memberikan bantuan dalam proses evakuasi dan bantua makan ringan.

Tampa terkeculai Anggota Polwan  Polres Kerinci juga Turun ke lokasi banjir, meberikan bantuan siap saji kepada warga yang mengalami musibah.

Hujan deras yang melanda wilayah di Kabuten Kerinci dan Kota Sungaipenuh menyebabkan banjir  di beberapa kecamantan dan ribuan rumah terendam air. Menyikapi situasi darurat ini, Kapolres Kerinci AKBP Patria Yuda Rahdian,SIK.MIK sejak Senin (1/1/2024) langsung memimpin dengan mengerahkan  ratusan pesonelnya serta Satuan Brimob dalam upaya penanganan dan bantuan kepada warga yang terdampak banjir.

“Kami berada di sini untuk membantu masyarakat yang terkena dampak banjir. Kehadiran kami diharapkan dapat memberikan bantuan dan dukungan moral kepada warga yang sedang mengalami kesulitan akibat musibah ini,” ujar Kapolres Kerinci AKBP Patri Yuda Rahadian,.

Bantuan yang disediakan oleh Polres Kerinci bersama anggota Brimob merupakan hasil koordinasi dengan berbagai pihak, termasuk Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Basarnas dan Pemerintah kedua Daerah,Kodim 0417 Kerinci, relawan, dan instansi terkait lainnya. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya bersama untuk memberikan tanggapan cepat dan efektif terhadap keadaan darurat.

Anggota Polres Kerinci  bersama Anggota Polsek Gunung Kerinci, membantu membersihkan bandan jalan tertibum longsoran tanah, dijalan Nasional antara Lubung Nagodang dan Siulak Deras bersama dengan PUPR Kabaupaten Kerinci. (JP-Red)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar