Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


BAWASLU Bentuk Relawan Patroli Syber Awasi Konten Pemilu

BAWASLU Bentuk Relawan Patroli Syber Awasi Konten Pemilu.

Jambipos, Kota Jambi-Badan Pengawas Pemilihan Umum (BAWASLU) Provinsi Jambi membentuk relawan patroli Syber untuk mengawasi pelanggaran konten Pemilu 2024 di media elektronik dan media online atau internet.

Pembentukan Relawan Patroli Syber ini di-launching oleh Ketua BAWASLU Provinsi Jambi, Wein Arifin, S.IP, M.IP, pada Sosialisasi Pengawasan Pemilu Partisipatif dalam Rangka Pembentukan Relawan Patroli Siber Pemilu 2024 di Hotel BW Luxury, Kota Jambi, Senin (27/11/2023). 

Kegiatan ini berlangsung dua hari, 27-28 November 2023, menghadirkan Nara Sumber, BAWASLU RI, KadiskomInfo Provinsi Jambi, Drs Ariansyah, ME, Polda Jambi, Kompol Amos J. Lubis, dan Ketua KPID Jambi, Asriadi.

Menurut Wein Arifin, para relawan patroli Syber ini tugasnya untuk memantau dan berpartisipasi aktif  mengawasi konten konten di internet dan  media elektronik  yang melanggar baik muatan iklan dan pemberitaan berkaitan dengan Pemilu 2024. Pelanggaran itu baik dilakukan peserta Pemilu maupun masyarakat, misalnya dalam larangan kampanye adanya ujaran kebencian, menghasut, mengadu domba, menghina, berita hoax, SARA dan sebagainya.

"Patroli Syber ini guna mendeteksi dan mendapatkan informasi pelanggaran Pemilu. Bila pelanggaran tidak bisa dicover oleh Undang-undang Pemilu, maka akan kita teruskan ke pihak Polda, KPID, atau terkait Kominfo," ujar Wien.

Relawan pengawas partisipatif ini melibatkan mahasiswa (BEM), Organisasi Kepemudaan (OKP), organisasi Pers, Instansi OPD lingkungan Pemprov Jambi, instansi terkait lainnya. (JP-ARWANI)  



Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar