Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Sinsen Berbagi Tips Perawatan Motor Kopling Agar Awet dan Tidak Rewel


Sinsen Berbagi Tips Perawatan Motor Kopling Agar Awet dan Tidak Rewel.

Jambipos, Jambi
- Sepeda motor adalah jenis kendaraan yang di gunakan dari berbagai kalangan dan juga berbagai usia, ada banyak jenis dan tipe motor sesuai dengan target pasarnya. Namun pada dasarnya tipe mesin sepeda motor terbagi menjadi 3 yaitu mesin manual atau gigi, mesin kopling dan mesin matik.

Senior Technical Instructor PT Sinar Sentosa Primatama (Sinsen) Erfinando mengatakan sepeda motor dengan tipe mesin kopling di dominasi oleh motor sport, kombinasi kopling dan gigi serta kapasitas mesin yang besar menjadikan jenis motor ini bisa mencapai kecepatan tinggi dalam waktu relatif cepat.

Pada umumnya pangsa pasar motor sport adalah kalangan anak muda dengan tampilan yang gagah dan sporty serta kapasitas mesin yang besar sangat cocok digunakan untuk anak muda dengan semangat yang tinggi.

“Dari sekian banyak pengguna motor sport bermesin kopling, tentunya ada saja yang masih belum memahami cara perawatan motor bermesin kopling” ujar Erfinando.

Berikut tips yang perlu diperhatikan dalam perawatan motor bermesin kopling :

1.    Mengganti oli secara rutin

Oli berfungsi untuk memberikan lapisan pada bagian mesin ketika mesin sedang bekerja, untuk merawat mesin kopling yang cenderung lebiih cepat panas, sebaiknya tidak lupa untuk mengganti oli secara rutin. Pergantian oli biasanya dilakukan setelah 2.000 km perjalanan.

2.    Rajin melakukan pengecekan kanvas kopling

Pada motor bermesin kopling, tentu saja kinerja kopling motor anda harus selalu prima, kanvas kopling yang bermasalah dapat mengganggu kinerja mesin saat melakukan langkah perubahan transmisi dan akan mempengaruhi laju motor anda. Para pengendara motor bermesin kopling harus rajin mengecek kondiri kanvas kopling pada motornya, jika kanvas sudah mulai terkikis sebaiknya harus segera diganti.
3.    Cek dan bersihkan kabel kopling

Ada kalanya saat menggunakan motor bermesin kopling tarikan pada kopling terasa berat, jika terjadi hal yang demikian anda tidak perlu panik, ini terjadi karena kabel kopling motor anda kering karena karatan atau kotoran lainnya. Cara mengatasinya cukup mudah, anda tidak perlu membawa ke bengkel, cukup tuangkan cairan pelumas anti karat ke dalam kabel melalui tuas pada bagian handling kopling dan setelah cairan masuk coba tarik handling kopling perlahan beberapa kali. Jika masih berat, anda bisa menambahkan kembali cairan pelumasnya dan mengulangi langkah tersebut sampai tarikan kopling terasa enteng.

4.    Penggunaan Kopling yang Benar

Hindari cara penggunaan kopling yang salah seperti menekan kopling secara gantung dan penggunaan kopling yg berlebihan, karena akan mempercepat keausan dan perubahan yang cepat pada kinerja kopling.

“Untuk memaksimalkan perawatan motor kopling, selalu lakukan pemeriksaan dan perawatan rutin di Bengkel resmi sepeda motor Honda atau AHASS terdekat agar mesin sepeda motor anda selalu dalam kondisi prima” tutup Erfinando. (JP-Rel)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar