Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Ketua PWI Provinsi H Ridwan Agus Depati Jambi Hadiri Kenduri Sako di Desa Lempur Kerinci

Ketua PWI Provinsi Jambi H. R.Ridwan Agus Depati, disambut secara adat seperti pencak silat, tarian sekapur sirih dan pengalungan selendang khas adat setempat. Juga  disuguhkan sekapur sirih dan rokok nan sebatang tanda penyambutan tamu kehormatan. (Foto: Istimewa)

Jambipos, Kerinci-Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Jambi H Ridwan Agus Depati hadiri acara Kenduri Sako adat dibawah naungan Depeti Gayur yang diadakandilaksanakan di Desa Lempur Danau, Kecamatan Keliling Danau Kerinci, Kabupaten Kerinci, Provinsi Jambi, Senin ( 20/02/2023).

Kedatangan rombongan Ketua PWI Provinsi Jambi H. R.Ridwan Agus Depati, disambut secara adat seperti pencak silat, tarian sekapur sirih dan pengalungan selendang khas adat setempat. Juga  disuguhkan sekapur sirih dan rokok nan sebatang tanda penyambutan tamu kehormatan.

Adat Depati gayur tersohor, selalu diperingati setiap tahun sesudah panen raya padi. Acara yang cukup meriah dan penuh hikmat itu mencakup seluruh warga Desa Lempur Danau dan Pancuran Bangko.

Usai penyambutan, rombongan diarahkan dengan tarian para putri ayu untuk menempati kursi yang telah dipersiapkan. Kemudian panitia menyampaikan susunan acara, diawali dengan atraksi tari-tarian yang lemah gemulai dibawakan oleh gadis-gadis belia dan remaja khas Kerinci yang membuat para tamu undangan sangat terpukau, tak terkecuali H. R. Ridwan Agus Depati Gayur yang memang mencintai adat dan seni budaya.
Ketua panitia, H. Jabirudin Depati, selaku penangum jawab acara Kenduri Adat mengucapkan terima kasih kepada H.R. Ridwan Agus, Depati Gayur yang telah sudi menghadiri hajat tersebut telah mengayunkan tangan melangkah kaki jau jauh dari Jambi disela- sela kesibukannya sebagai Ketua PWI Provinsi Jambi.

“Karena beliau merasakan tokoh tersohor dan sangat terpanggil dihati sanubari yang mendalam. Itulah sosok sang Depati Gayur, mudah dicernai dan dimengerti adat itu lembaga bersandi sarak,” ujarnya .

Dikalangan masyarakat Desa Lempur Danau dan kalangan adat sosok H.R.Ridwan Agus Dpt tak asing lagi, karena bumi kelahiran tumpah darahnya, dia juga anak bangsa putra Indonesia kelahiran asli Lempur Danau Kerinci.

“Beliau sangat sikenal bila bicara ceplas ceplos tanpa beban walaupun bahasanya terpatah patah , namun sangatlah mudah dicerna serta memiliki jiwa penolong dan sosial yang sangat tinggi sudah banyak dirasakan olek masyarakat disini,” ujar H. Jabirudin Depati.

“Saya menyampaikan ucapan terima kasih kepada sang Depati Gayur H. R.Ridwan Agus yang telah sudi menyumbangkangkan sebagian dari hartanya sebesar Rp 10 juta untuk pembelian seragam gadis- gadis penari adat apabila ada momen acara,” katanya.

Sementara H. R. Ridwan Agus dalam sambutannya mengatakan dirinya teringat pesan dari almarhum istrinya Hj.Simurni, apapun yang terjadi jangan sampai melupakan Desa Lempu Danau karena disinilah awal meniti segalanya, baik merintis usaha maupun awal membina rumah tangga.

Usai menyampaikan sambutannya, H.R.Ridwan Agus juga berjanji akan memberi seragam bagi gadis remaja untuk kegiatan lembaga adat utamanya tari-tarian dan yang lainnya.

Turut hadir, Vendra Veda Depati Satiyudo dan Edi Darsa Datok Singarapi. Acara diakhiri pelantikan yang menjadi Depati Gayur  Hakim Adnan, Rio Betino  Ramawi, pemangku adat  Abdul Lamid Kumar, Sutan Meninggal Mad Dayah Hakiki, Imam Masjid Suandi, Bilal Masjid Bayar, Dukun Negeri Badarudin dan yang menjadi Syekh Masjid Nirwan. (JP-Red/Lee)







Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar