Home » , , , » Menancapkan Komitmen Pembangunan Infrastruktur di Hari Bhakti PUPR Ke 77 di Jambi

Menancapkan Komitmen Pembangunan Infrastruktur di Hari Bhakti PUPR Ke 77 di Jambi

Written By jambipos-online on Sabtu, 03 Desember 2022 | 16:54

Gubernur Jambi H Al Haris (ke empat dari kanan) didampingi Kadis PUPR Provinsi Jambi H M Fauzi (ketiga dari kiri) dan Pejabat Jajaran (BBWSS) VI pada Hari Bhakti PUPU 77, Sabtu (3/12/2022). (IST)

Jambipos, Jambi-Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi memaknai Hari Bhakti PU Ke 77 ( 3-12-1945-3-12-2022) dengan semangat kebersamaan dan saling mendukung dalam profesionalisme kerja guna mewujudkan pembangunan infrastruktur sesuai dengan “Motto PU, Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat”, dalam mewujudkan Visi-Misi “JAMBI MANTAP 2024”.

Hal itu juga yang dikedepankan Kadis PUPR Provinsi, H M Fauzi  guna bersinergi dengan kebijakan Gubernur Jambi H Al Haris. Peringatan Hari Bhakti PU Ke 77 ini menjadi momen berharga sebagai wujud “Motto PU, Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat dalam pembangunan infrasstruktur di Provinsi Jambi.

“Saya juga mengharapkan kepada semua, baik para kabid, staf untuk saling bahu membahu, tolong menolong dalam menjalankan tugas pembangunan bidang insfrastruktur di Provinsi Jambi. Karena tugas ini memang berat. Jadi kalau tidak saling bantu membantu dalam pencapain visi dan misi ini tidak akan tercapai,” ujar M Fauzi kepada wartawan, usai Upacara Hari Bhakti PUPR ke 77 di lapangan Kantor Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VI di Jalan Lintas Timur No 1 Medalo Darat, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu pagi (3/12/2022). 

Sementara upacara Bendera Hari Bhkati PU Ke 77 di lapangan Kantor Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VI di Jalan Lintas Timur No 1 Medalo Darat, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu pagi (3/12/2022) berjalan tertib. Bertindak sebagai Inspektur Upacara adalah Gubernur Jambi Al Haris.

Sejumlah balai wilayah Kementerian PUPR dan Dinas PUPR kabupaten/kota di Provinsi Jambi, memperingati hari bakti PUPR ke-77 tahun 2022, di kantor Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) wilayah IV Jambi, Sabtu (3/12/2022).

Balai wilayah kementerian PUPR yang mengikuti peringatan hari bakti PUPR itu meliputi, BPJN, Balai Wilayah Sungai Sumatera (BWSS) V, Balai Prasarana Permukiman Wilayah (BPPW) Jambi, Balai Pelaksana Pemilihan Jasa Konstruksi (BP2JK) dan Dinas PUPR Provinsi Jambi. Hadir juga dalam kesempatan Gubernur Jambi Al Haris, Sekretaris Daerah Provinsi Jambi H Sudirman.

Sambutan Menteri PUPR Basuki Hadimuljono yang dibacakan Sekda, menyampaikan apresiasi kepada seluruh jajaran insan PUPR atas kerjakeras hingga saat ini. 

“Melalui kekompakan dan kerjasama tim, kita menerobos berbagai halangan untuk dapat menyelesaikan tugas-tugas dan terus melayani masyarakat dengan infrastruktur yang kita bangun dan pelihara," katanya.

Disebutkan, sejumlah capaian PUPR dalam membangun bangsa, serta peran serta PUPR dalam kesuksesan G20 di Bali beberap waktu lalu. Pada 2023 mendatang, dijelaskan bahwa kementerian PUPR melanjutkan pembangunan infrastruktur prioritas.

“Khususnya infrastruktur pendukung transformasi ekonomi dan melaksanakan pembangunan infrastruktur untuk menumbuhkan sentra-sentra ekonomi baru, termasuk pembangunan Ibu Kota Nusantara serta pengembangan 3 Kota Industri," ujarnya.

Pidato Menteri PUPR Dr Ir M Basuki Hadimuljono, M.Sc yang dibacakan Sekda Provinsi Jamnbi H Sudirman menjelaskan tentang capaian pembangunan insfrastruktur di Indonesia selama setahun terakhir. Inti dari sambutannya yakni menekankan bahwa pembangunan infrastruktur adalah untuk kemajuan Bangsa.

Kemudian bahwa pembangunan infrastruktur di daerah harus dipacu guna membuka akses ekonomi masyarakat. Sehingga pada akhirnya perekonomian masyarakat Indonesia meningkat.

Disebutkan, pada tahun 2022 Kementerian PUPR RI berhasil menyelesaikan 15 bendungan, dan 11 bendungan telah selesai dan telah diresmikan Presiden RI Joko Widodo. Kemudian dibidang pembangunan jalan, hingga November 2022 total panjang jalan tol yang dibangun di Indonesia mencapai lebih dari 2.529KM.

Gubernur Jambi Al Haris. 
Lanjutkan Pembangunan  

Pada kesempatan itu, Gubernur Jambi Al Haris mengajak Dinas PUPR Provinsi Jambi berkolaborasi dalam membangun Jambi. PUPR juga diminta terus berkoordinasi dalam melaksanakan pembangunan Jambi.

“Di momen Hari Bakti ke-77 PUPR, semuanya insan PU bergerak semuanya. Kita ingin membangun Jambi terintegrasi, semua sistem bergerak semuanya," ujarnya.

Menurut Al Haris, pada tahun 2023 nanti kementrian PUPR akan melanjutkan pembangunan infrastruktur yang telah menjadi prioritas pembangunan. “Pada 2023 kementrian PUPR akan melanjutkan pembangunan prioritas", katanya.

Menurutnya, visi dan misi JAMBI MANTAB 2024 itu guna meningkatkan pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi sebagai upaya membuka akses ekonomi disegala bidang. Tentunya ini menjadi tanggungjawab setiap stakeholder untuk saling berkoordinasi guna mencapai apa yang kita harapkan.

“Kita juga masih bekerja keras untuk membangun jalan Muarasabak hingga ke Pelabuhan Ujung Jabung. Kita rencanakan pembangunan jalan ini dengan sistem multyyears. Ini sudah kami evaluasi dan sudah kami usulkan ke Menteri PUPR. Paketnya kontrak multi years yakni Muarasabak-Ujung Jabung,” katanya.

Disisi lain, Gubernur Jambi H Al Haris menambahkan, agar sinergitas Kementerian PUPR dengan Pemerintah Provinsi Jambi terus ditingkatkan dalam bidang pembangunan di daerah. 

“Saya mengharapkan adanya sinergitas dan pembangunan insfrakturtur terintegrasi di daerah. Semua harus kompak dari Kementerian PUPR, PUPR Provinsi Jambi dan PUPR Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi. Sehingga pembangunan infrastruk untuk kepentingan masyarakat berjalan dengan baik,” kata Al Haris.

Hal senada juga disampaikan Kepala BPJN IV Jambi, Christ. Pihaknya disebut selalu berkoordinasi dengan Dinas PUPR Provinsi Jambi. “Untuk bagaiman bisa bersinergi dalam menjalankan program agar terintegrasi sehingga semuanya berjalan baik," sebutnya.

Selanjutnya, Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi M. Fauzi mengatakan Hari Bakti ke-77 PUPR itu merupakan momen mengenang kembali para pejuang melalui instansi PUPR.

“Jadi kita mengenang jasa-jasa mereka, sekaligus dalam momen ini juga kita bisa melakukan silaturahmi antar insan PU. Dan yang lebih penting, ada pesan khusus menteri, Pak Gubernur bahkan presiden bahwa kedepan akan melaksanakan pembangunan secara bersinergi," katanya.

Upacara Bendera Hari Bhkati PU Ke 77 dihadiri staf dilingkungan BBWS, Balai Pelaksanaan Jalan Nasional (BPJN) Jambi,  PUPR Provinsi Jambi, PUPR Kabupaten Kota Se Provinsi Jambi, undangan Forkompida Provinsi Jambi, serta undangan pensiunan PU Provinsi Jambi.

Usai upacara dilanjutkan dengan ramah tamah di Ruang VIPP Kantor Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VI Jambi dengan makan siang bersama. Juga ada sederetan papan bunga ucapan Hari Bhakti PU Ke 77 dari Mitra Kerja PUPR Provinsi Jambi.

Visi Misi Bidang Infrastruktur

Pembangunan infrastruktur jalan dan jembatan di Provinsi Jambi merupakan program penting dalam visi pembangunan Provinsi Jambi dibawah kepemimpinan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi Periode 2020 - 2024 H Al Haris - H. Abdullah Sani. Pembangunan infrastruktur jalan itu sebagai urat nadi perekonomian dalam memantapkan perekonomian masyarakat.

Dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) tahun 2021-2026, pembangunan infrstruktur jalan dan jembatan sudah dilaksanakan awal  tahun 2021. Pemerintah Provinsi Jambi lewat Bidang Bina Marga Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi berhasil membangun 66,43 persen lebih infrastruktur hingga November 2022.

Pentingnya percepatan pembangunan jalan dan jembatan di Provinsi Jambi, adalah salah satu solusi meningkatkan perekonomian masyarakat, khususnya di daerah produksi pangan. Guna mewujudkan pembangunan insfrastruktur yang berkelanjutan, Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi terus  bersinergi dengan pemerintah kabupaten/kote dan Pemerintah Pusat.

Dalam rangka Hari Bhakti PUPR Ke 77 (3 Des 1945-03 Des 2022), sebagai regulasi pembangunan infrastruktur di Provinsi Jambi, Bidang Bina Marga Dinas PUPR Provinsi Jambi memaknai Hari Bhakti PUPR Ke 77 dengan  slogan “Sigap Membangun Negeri”.

Semangat “Sigap Membangun Negeri” penuh kebersamaan dan saling mendukung dengan profesionalisme kerja dalam mewujudkan pembangunan infrastruktur juga sejalan sesuai dengan “Motto PU, Bekerja Keras, Bergerak Cepat, Bertindak Tepat”. 

Dalam Visi Pemerintah Provinsi Jambi, pembangunan infrastruk menjadi prioritas dalam menunjang pertumbuhan ekonomi di Provinsi Jambi. Tentunya program ini memerlukan anggaran yang cukup besar. Namun demikian Dinas PUPR Provinsi Jambi bisa mensiasati pembangunan infrastruktur yang prioritas.

Kepala Dinas PUPR Provinsi Jambi H M Fauzi disela-sela Upacara Hari Bhakti PUPR Ke 77 di lapangan Kantor Balai Balai Wilayah Sungai Sumatera (BBWSS) VI di Jalan Lintas Timur No 1 Medalo Darat, Kabupaten Muarojambi, Provinsi Jambi, Sabtu (3/12/2022) pagi mengatakan, progress pembangunan jalan provinsi hingga November 2021 sudah mencapai 66,43 persen dari target 71,77 persen dari total panjang jalan keseluruhan 1,032.884 meter.

Kondisi jalan mantap tersebut terdiri dari kondisi jalan baik sepanjang 449.238 meter, kondisi jalan sedang sepanjang 355.652 meter. Sedangkan kondisi jalan rusak ringan sepanjang 121.670 meter dan kondisi jalan rusak berat sepanjang 106.324 meter. 

Mencapai Rp 376 M

Menurut M Fauzi, anggaran pada APBD Provinsi Jambi Tahun 2022 untuk infrastruktur jalan dan jembatan pada kegiatan Bidang Bina Marga PUPR Provinsi Jambi mencapai Rp 376.329.405.000. 

Dana sebesar Rp 376.329.405.000 itu untuk kegiatan pembangunan jalan, pelebaran jalan menuju standar, rekontruksi jalan, rehabilitasi jalan serta pemeliharaan berkala jalan. 

Katanya, untuk kegiatan pembangunan jalan meliputi pembangunan Jalan Desa Simpang –Sungai Rambut (akses Pelabuhan Ujung Jabung), Jalan Desa Simpang-Simpang Jembatan Muarasabak, Jalan Dusun Tuo-Jangkat Merangin, Jalan Desa Simpang Berbak-Simpang Jembatan Ma Sabak (Dana DAK).
Selanjutnya kegiatan pelebaran jalan menuju standar yakni Jalan Lingkar Muarobungo (Sei Mengkuang-Simpang Sei Buluh-Simpang Tanjung Menanti-Simpang Terminal-Sei Binjai), Jalan Simpang Sawmill-Simpang Logpon, Jalan Sungai Duren-Sungai Buluh, Jalan Simpang Panerokan –Simpang Suka Makmur/Sungai Bahar-Muarojambi.

Kemudian, lanjut Tetap Sinulingga, kegiatan rekontruksi jalan meliputi titik Jalan Simpang Talang Pudak-Suak Kandis, Jalan Simpang Pelawan –Sei Salak-Pkn Gedang/Batang Asai (dua ruas), Jalan Pekan Gedang-Ma Talang, Jalan Simp Pauh-Air Hitam/Simp Mentawak, Jalan Simp Margoyoso-Air Hitam/Simp Mentawak, Jalan Muara Tebo-Simp Logpon, Jalan Sei Saren-Teluk Nilau-Parit 10/Senyerang, Jalan Batas Kabupaten Tebo/Batas Kabupaten Bungo-Kuamang Kuning-Pintas-Betung Bedarah.

Selanjutnya kegiatan rehabilitasi jalan pada tahun 2022 yakni Jalan Hayam Wuruk Kota Jambi dan Jalan Basuki Rahmad-Jalan Zainir Havis. Sementara kegiatan pemeliharaan berkala oleh Bidang Bina Marga DPUPR Provinsi Jambi Tahun 2022 yakni Jalan Simpang Lagan-Simpang Pelabi/Zona V dan Jalan Jujun-Lempur-Pulau Sangkar. 

Roadshow teknis Kadis PUPR Provinsi Jambi M Fauzi bersama jajaran melakukan penelusuran terhadap sejumlah kondsi jalan di Provinsi Jambi guna memaksimalkan pembangunan infrastruktur jalan di Provinsi Jambi menuju Visi Misi “JAMBI TUNTAS 2024” dalam memaknai Hari Bhakti PUPR  Ke 77. Selamat, Sigap Membangun Negeri. (JP-Asenk Lee Saragih)


Galeri foto rangkaian kegiatan hari bakti PUPR ke - 77  Penanaman Pohon bertempat di Rusun BPJN Kementerian PUPR di Mendalo Darat. Dalam hal ini Anggota DPRD Provinsi Jambi H. Ivan Wirata  diundang sebagai Ketum IPPU ( Ikatan Pensiunan PUPR ) Jambi. “77 Tahun Bakti PUPR Sigap Membangun Negeri”. (Foto-Foto Oleh Ucup Buayo-FB)





















Kadis PUPR Provinsi Jambi H M Fauzi (kiri) dan H Ivan Wirata.


Pak Wasis (kiri) dan H Ivan Wirata.











Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA