Home » , » Organisasi HBB Muarojambi Buka Projek UMKM Percontohan Budidaya Ikan Lele

Organisasi HBB Muarojambi Buka Projek UMKM Percontohan Budidaya Ikan Lele

Written By jambipos-online on Jumat, 20 Mei 2022 | 11:47

Program percontohan UMKM HBB Muarojambi bidang budidaya ikan lele di Desa Markanding, Kecamatan Sugai Bahar Utara, Kabupaten Muarojambi, Jumat (20/5/2022). (Jambipos/Asenk Lee Saragih) 

Jambipos, Muarojambi
-Organisasi Perkumpulan Horas Bangso Batak (HBB) Dewan Pengurus Cabang (DPC) Muarojambi membuat projek percontongan Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) di Desa Markanding, Kecamatan Sungai bahar Utara, Kabupaten Muarojambi.
   
Ketua DPC HBB Muarojambi Benny Simanjuntak selaku pencetus ide ini, kepada Jambipos, Jumat (20/5/2022) mengatakan, pendirian UMKM bidang budidaya lele sebagai tahap awal yang dilakukan HBB Muarojambi  dalam memberdayakan ekonomi.

“Untuk tahap awal kami akan budidaya 10 ribu bibit ikan lele pada empat kotak atau kolam budidaya. Lahan budidaya ini disewakan untuk HBB Muarojambi oleh Dewan Pakar Hukum DPC HBB Muarojambi Bapak Ir Amal Manalu. Kalau soal dana pada UMKM ini sistimnya gotong royong bagi anggota HBB Muarojambi yang tergerak hatinya,” ujar Benny Simanjuntak. 

Menurut Benny Simanjuntak, kedepan UMKM HBB Muarojambi ini juga akan mengembangkan budidaya ikan mas sesuai dengan pangsa pasar tingginya permintaan masyarakat Batak di Jambi. 

“UMKM HBB Muarojambi ini juga berencana menggandeng Bumdes Markanding dalam pengembangan serta permodalan. Jika Pak Kades bisa menjembatani kepada Pemerintah Muarojambi, HBB Muarojambi bisa mengembangkan UMKM ini dengan melibatkan masyarakat desa setempat,” kata Benny Simanjuntak. 

Selain pengembangan UMKM, HBB Muarojambi juga akan mengadakan kegiatan Seni Budaya Batak pada bulan Juni dan Agustus 2022 mendatang. Kegiatan meliputi pelatihan soal adat Batak seperti protocol (Raja Parhata) Pesta.

“Pengurus DPC HBB Muarojambi mengucapkan terimakasih kepada Pakar Hukum HBB Muarojambi Ir Amal Manalu yang memberikan lahan untuk kegiatan UMKM HBB Muarojambi,” katanya.

Sementara Ketua DPP HBB Lamsiang Sitompul SH MH mengapresiasi apa yang dilakukan DPC HBB Muarojambi yang membuat proyek percontohan bidang UMKM budidaya ikan lele. 

Disebutkan, gagasan seperti ini harus dikembangkan oleh seluruh organisasi HBB se Indonesia selain kegiatan sosial dan advokasi hukum yang sudah melekat pada HBB. (JP-Asenk Lee Saragih)


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA