Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


DPRD Apresiasi Kinerja Pasukan Pengamanan Perayaan Idul Fitri 1443 H di Jambi

Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto bersama keluarga. (Jambipos/Istimewa)

Jambipos, Jambi-
Ketua DPRD Provinsi Jambi Edi Purwanto mengapresiasi kinerja maksimal seluruh personil pengamanan arus mudik dan arus balik perayaan Hari Raya Idul Fitri 1443 Hijriyah (H) di Provinsi Jambi. Baik itu dari jajaran kepolisian (Polri), TNI, dinas perhubungan, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP), dinas kesehatan, mereka bekerja secara maksimal selama 24 jam di posko-posko mudik Lebaran.
 
Komitmen personil pasukan pengamanan perayaan Idul Fitri 1443 H/2022 ini, keamanan arus mudik dan arus balik mudik perayaan Idul Fitri di Provinsi Jambi mulai Kamis (28/4/2022) hingga Jumat (6/5/2022) masih tetap terjaga. Kondisi tersebut diharapkan tetap berlangsung hingga hari terakhir pengamanan arus mudik dan perayaan Idul Fitri, Senin (9/5/2022).  

Demikian disampaikan Ketua DPRD Provinsi Jambi, Edi Purwanto, Jumat (6/5/2022). Menurutnya, selaku ketua dewan mengapresiasi kinerja dan komitmen segenap pasukan pengamanan arus mudik dan arus balik dan perayan Idul Fitri di Jambi. 

“Terima kasih untuk seluruh pasukan pengamanan mudik lebaran. Juga pengamanan di sejumlah tempat obyek wisata se Provinsi Jambi,” kata Edi Purwanto.

Edi Purwanto menilai,  demi menciptakan mudik dan perayaan Lebaran yang aman dan sehat di tengah padatnya arus mudik, seluruh personil pengamanan Lebaran di Jambi telah menunaikan tugas dengan dedikasi tinggi. 

“Koordinasi seluruh jajaran terkait dalam pengamanan arus mudik dan perayaan Lebaran juga terjaga dengan baik. Hal tersebut membuat  arus mudik dan perayaan Lebaran di Jambi berlangsung aman, tertib dan lancar, tidak ada gangguan berarti,” kata Politisi PDIP ini.

"Secara pribadi saya juga ucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh personil TNI, Polri, dinas perhubungan, Satpol PP, dinas kesehatan, termasuk adik-adik pramuka yang dilibatkan pengamanan arus mudik dan perayaan Lebaran. Mereka semua bekerja baik menjaga dan mengamankan masyarakat merayakan Lebaran dan mudik,” tambahnya.

Kata  Edi Purwanto, di balik kelancaran dan keamanan arus mudik dan perayaan lebaran di Provinsi Jambi tentunya pihak-pihak yang bekerja dengan ikhlas. Mereka rela berkorban tidak berkumpul dengan keluarga merayakan Lebaran demi menunaikan tugas negara mengamankan arus mudik dan perayaan Lebaran. 

“Saya mengharapkan pihak pemerintah daerah di Jambi perlu memberikan apresiasi berbentuk penghargaan kepada seluruh personil pengaman arus mudik dan perayaan Lebaran di Jambi,”katanya. 

Edi Purwanto juga meminta para kepala daerah di Jambi menambah suplai logistic, khususnya makanan, minuman dan vitamin kepada para personil pengamanan arus mudik dan perayaan Lebaran yang siaga di posko-posko mudik. Hal itu penting untuk menjaga stamina seluruh petugas di lapangan. 

Berdasarkan pantauan Edi Purwanto ke pos-pos pengamanan arus mudik sejak Senin – Selasa (2 – 3/5/2022), hingga Jumat (6/5/2022) situasi dan kondisi keamanan di Provinsi Jambi cukup kondusif. Tidak ada muncul ke permukaan gangguan keamanan dan ketertiban masyarakat yang mengganggu jalannya salat Idul Fitri. 

“Perayaan Idul Fitri yang dilakukan warga masyarakat dengan mengunjungi keluarga maupun objek wisata masih berjalan dengan aman dan tertib. Saya tetap mengharapkan masyarakat Jambi, khususnya pemudik agar juga menjaga keamanan. Baik keamanan diri sendiri maupun orang lain,” kata Edi Purwanto yang terpilih dari daerah pemilihan Kota Jambi ini.

Edi Purwanto yakin lalu lintas Jambi aman dan kondusif hingga akhir libur Lebaran. Hal itu tentu bisa tercipta melalui kerja sama seluruh pasukan pengamanan Lebaran di lapangan. 

 “Sekali lagi saya ucapkan terima kasih kepada pasukan pengamanan Lebaran. Tetaplah semangat dan sehat selama menunaikan tugas," paparnya. 
Sementara itu, Kapolda Jambi, Irjen Pol A Rachmad Wibowo, SIK, MIK ketia memantau beberapa pos pengamanan  lebaran di Kota Jambi, mengatakan arus mudik dan perayaan Lebaran di Provinsi Jambi cukup lancar dan aman. Situasi keamanan dan ketertiban masyarakat juga cukup kondusif. 

"Hasi monitoring kami di lapangan, arus mudik Lebaran di Jambi terpantau lancar. Tidak ada kemacetan. Kecelakaan lalu lintas memang ada, tetapi tapi tidak terlalu banyak,"katanya. 

Menurut A Rachmad Wibowo, selama pengamanan arus mudik dan perayaan Idul Fitri, Kamis (28/4/2022) hingga Senin (9/5/2022), jajaran Polda Jambi membentuk 51 pos pengamanan dan pelayanan. Pos pengamanan dan pelayanan tersebut disiagakan di sembilan kabupaten dan dua kota maupun sepanjang jalur mudik di Provinsi Jambi. 

Kata Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, pasukan gabungan Operasi Ketupat Siginjai 2022 di Jambi sudah cukup memadai. Jumlah personil aparat keamanan yang diterjunan pada pengamanan jalur mudik dan perayaan Idul Fitri di Jambi mencapai 3.244 orang.

“Pasukan pengamanan arus Mudik dan perayaan Idul Fitri di Jambi berasal dari Polda Jambi, 175 orang, jajaran Polres/Polresta 11 kabupaten/kota se-Provinsi Jambi (1.461 orang), TNI dari Korem o42/Gapu Jambi (1.608 orang) dan dinas – instansi terkait,”kata Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo.

Menurut Irjen Pol Albertus Rachmad Wibowo, pasukan pengamanan arus mudik dan perayaan Idul Fitri tersebut disiagakan di sebanyak 51 Pos Komando (Posko), yang terdiri dari Pos Pengamanan (Pospam) 25 unit, Pos Pelayanan (Posyan) 21 unit dan Pos Terpadu sebanyak lima unit. Pospam tersebar di pusat-pusat keramaian dan objek wisata, Posyan tersebar di jalur mudik dan Pos Terpadu di bandara, terminal dan pelabuhan laut. (JP-Asenk Lee Saragih)


Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar