Home » , , , , » Musrenbang RKPD 2023, Gubernur Jambi Minta Peningkatan Kualitas Jalan

Musrenbang RKPD 2023, Gubernur Jambi Minta Peningkatan Kualitas Jalan

Written By jambipos-online on Selasa, 05 April 2022 | 18:59

Pembukaan Musrenbang RKPD Provinsi Jambi Tahun 2023 di BW Luxury Hotel Jambi, Selasa (5/4/2022). (Jambipos)

Jambipos, Jambi
-Gubernur Jambi H Al Haris meminta pemerintah pusat membantu peningkatan kualitas jalan lintas barat Provinsi Jambi. Salah satu peningkatan kualitas jalan itu adalah akses Kabupaten Sarolangun, Merangin, Batanghari, Muarojambi hingga ke Kota Jambi. Kini lebar jalan di jalur itu kurang memadai sehingga kerap menimbulkan kecelakaan lalaulintas.

Selain itu, jalan Sarolangun- Batanghari-Kota Jambi perlu pelebaran karena mengingat tingginya kuantitas kendaraan yang melintasi ruas jalan tersebut. Jalan lintas Sumatera dari Sarolangun – Jambi perlu pelebaran dan kerap menimbulkan macet.

Hal itu diungkapkan Gubernur Jambi Al Haris saat menghadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Rancangan Kerja Perangkat Daerah (RKPD) Provinsi Jambi Tahun 2023 di BW Luxury Hotel Jambi, Selasa (5/4/2022). Musrenbang RKPD Provinsi Jambi 2023 dihadiri perwakilan Kemenko Marves dan Kementerian Bappenas, serta DPR dan DPD RI perwakilan Jambi.

Menurut Al Haris, saat ini lebar ruas jalan Sarolangun-Batanghari-Muarojambi-Kota Jambi 7 meter dengan panjang kurang lebih 160 Km. Al Haris pada kesempatan itu juga berharap anggota DPR Dapil Provinsi Jampil juga ikut mendorong pelebaran jalan Sarolangun-Batanghari-Muarojamb-Jambi.

“Kini lebar jalan dari Sarolangun-Batanghari-Muarojambi-Kota Jambi masih 7 meter. Jika dilintasi mobil tronton sudah hampir penuh jalan. Panjang kurang lebih 160 Km. Saya berharap ini bisa dibantu, agar ada pelebaran jalan, 14 meter lebarnya,” ujar Al Haris.

Kata Al Haris, hasil Musrenbang ada beberapa rencana pembangunan bakal di lakukan di tahun depan. Salah satunya penambahan runway Bandara Muara Bungo. Untuk Bandara Muara Bungo, ada tambahan runway sepanjang 400 meter.

Kata Al Haris, isu strategis untuk rencana pembangun pemprov Jambi 2023 adalah pemantapan pembangunan ekonomi, ketimpangan antar wilayah dan ketenagakerjaan. Ada lima skala prioritas yang nantinya akan sangat berperan dan membantu untuk perkembangan masing-masing kabupaten/kota dalam Provinsi Jambi.

“Kelima skala prioritas itu, peningkatan produktivitas daerah, pembangunan infrastruktur daerah, pembangunan manusia, peningkatan lingkungan hidup dan peningkatan tata kelola pemerintahan,’’ ujar Al Haris.

Menurut Gubernur Jambi Al Haris, kegiatan Musrenbang sebagai langkah cepat, agar pemerintah daerah dapat menyusun rencana kebijakan kedepannya. Tentunya ada waktu pemerintah daerah untuk menyusun langkah langkah kebijakan, untuk rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2023.

“Musrenbang ni menjadi penting, agar pemprov dan kabupaten/kota dapat menyusun rencana apa yang menjadi fokus perhatian kedepannya. Dari sekarang ini kita mengundang kabupaten dan kota, untuk bersama bicara apa yang menjadi unggulan kedepan dan menjadi fokus kita di tahun depan," kata Al Haris.

“Sinergi dan kolaborasi kabupaten kota dan provinsi penting, agar terafiliasi dengan pemerintah pusat. Kedepan pembangunan provinsi Jambi ini terintergrasi dari pusat, kabupaten/kota dan provinsi,” ujarnya.

“Jadi kalau membangun suatu sarana prasarana, siapa yang disitu bangun air bersih, siapa yang bangun sinyalnya. Intinya kita ingin semua rencana daerah ini terintergrasi, terarah, dan terukur," kata Al Haris.

Disebutkan, Musrenbang yang digelar itu mengacu ke Pasal 90 dan 91 Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017 tentang tatacara perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah.

Selain itu tatacara evaluasi Ranpeda tentang RPJPD dan RPJMD serta tatacara perubahan RPJPD, RPJMD dan RKPD yang menegaskan bahwa pelaksanaan Musrenbang RKPD dilaksanakan dalam rangka pembahasan rancangan RKPD Provinsi.

“Tujuan Musrembang ini untuk penyepakati permasalahan, prioritas, arah kebijakan daerah dan program kegiatan serta menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan nasional,” kata Al Haris. 

Hasil Musrembang RKPD Provinsi Jambi 2023 yang bertema “Peningkatan Produktivitas untuk Pertumbuhan Hijau” ini, kemudian ditandatangani seluruh bupati/walikota se-Provinsi Jambi yang hadir atau  yang mewakili. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA