Home » , , » Gubernur Jambi Al Haris Pastikan Penempatan Kepala Sekolah SMA Berdasarkan Kompetensi

Gubernur Jambi Al Haris Pastikan Penempatan Kepala Sekolah SMA Berdasarkan Kompetensi

Written By jambipos-online on Kamis, 03 Februari 2022 | 15:49

Gubernur Jambi Al Haris (kiri) didampingi Kepala Disdik Provinsi Jambi Varial Adhi Putra (kanan) saat memimpin rapat koordinasi kepala SMA, SMK dan SLB se Provinsi Jambi di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (03/02/2022). 


Jambipos, Jambi-
Gubernur Jambi H Al Haris menegaskan bahwa penempatan seorang kepala sekolah Sekolah Mengah Aatas (SMA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Luar Biasa (SLB) di Provinsi Jambi berdasarkan kompetensi dan kecakapan dalam memimpin sekolah. Kepala sekolah harus menjadi contoh bagi guru-guru yang lain dan harus bisa membawa sekolahnya serta lulusan berkualitas.

Al Haris juga menegaskan tidak ada bayar membayar untuk menjadi kepala sekolah. Dirinya juga sangat konsen untuk membangun pendidikan di Provinsi Jambi. Oleh karena itu,  tidak ingin pendidikan dinodai dengan suap menyuap.

Demikian ditegaskan Gubernur Jambi Al Haris saat memimpin rapat koordinasi kepala SMA, SMK dan SLB se Provinsi Jambi di Aula Rumah Dinas Gubernur Jambi, Kamis (03/02/2022). Gubernur Jambi Al Haris didampingi Kepala Disdik Provinsi Jambi Varial Adhi Putra memimpin Rakor Kepala SMA, SMK dan SLB tersebut.

Rakor ini dikuti seluruh Kepala SMA, SMK dan SLB baik negeri maupun sekolah swasta. Mengawali Rakor tersebut Gubernur Jambi  Al Haris juga mengabsen seluruh kepala SMA yang hadir. 

“Ini pendidikan tidak boleh dinodai dengan suap menyuap, lembaga ini harus bersih clear dan clean. Kepala sekolah harus fokus meningkatkan kualitas sekolah. Jangan sampai ini menjadi beban karena sudah bayar atau menyogok. Sehingga sunat sanat sunat sini dana BOS. Tapi kalau tidak ada beban silakan berkreasi dan berinovasi meningkatkan kualitas disekolah itu,” kata Al Haris.
Gubernur Jambi, H Al Haris (tujuh dari kiri depan) bersama para kepala sekolah SMA/SMK/Sedarajat pada Rapat Koordinasi (Rakor) Satuan Pendidikan Menengah dan Khusus, Kepala Sekolah SMA, SMK dan SLB se - Provinsi Jambi di auditorium rumah dinas Gubernur Jambi, Kota Jambi, Kamis (3/2/2022). (Foto : KominfoJambi).


Al Haris juga menyampaikan tidak akan membawa kepsek ke ranah politik. “Saya tidak akan membawa kesepk ke ranah Politik, ini pendidikan. Saya tidak ingin pendidikan ternodai dengan politik praktis. Soal pergantian kepala sekolah, saya tidak akan buru-buru. Sebelum melakukan pergantian kepsek, Saya akan melakukan uji kompetensi untuk seluruh kepala SMA dan SMK di Provinsi Jambi. Kita akan lakukan uji kompetensi terlebih dahulu, sebelum melakukan pelantikan kepsek,” tegas Al Haris.

Kata Al Haris, saat uji kompetensi kepsek, dilihat skornya berapa. Kalau tidak pas disekolah besar, kita pindahkan di sekolah kecil. 

“Yang loyo kita ganti. Kita ingin kualitas pendidikan di Jambi meningkat. Sebab itu saya terus akan melakukan tata kelola pendidikan mulai dari tenaga pendidik hingga sarana prasarana. Tata kelola pendidikan Jambi mesti baik. Saya akan langsung mengontrol pembenahan pendidikan di Jambi. Sebab itu kita rapat dengan seluruh kepala sekolah. Saya ingin tau apa yang terjadi. Begitu juga dengan sara prasarana menyangkut kenyamanan sekolah,” ujar Al Haris.

Beasiswa S2

Pada rakor kepsek ini, Gubernur Jambi Al Haris  mencatat masih banyak kepsek lulusan strata (S1). Terkait itu Gubernur Jambi Al Haris mengatakan akan memprogramkan beasiswa S2 khusus untuk kepala sekolah.

“Dinas Pendidikan Provinsi Jambi programkan S2 khusus untuk kepala sekolah. Baik sekolah negeri maupun sekolah swasta.  Kepala sekolah harus menjadi contoh bagi guru-guru yang lain,  dan harus bisa membawa sekolahnya serta lulusan berkualitas. Tentu ini dimulai dari kepala sekolah dan guru yang berkualitas,” jelasnya.

“Saya ingin tiap tahun IPM meningkat. Ini akan terlihat dari hasil lulusan SMA dan SMK. Saya juga ingin lulusa SMA dan SMK di Jambi ini mampu melanjutkan dan bersaing untuk masuk ke perguruan tinggi,” pungkas Al Haris. (JP-Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA