Info Terkini

10/recent/ticker-posts

Widget HTML

 


Gubernur Jambi Al Haris Ajak Bupati Merangin Bahas Soal Kesiapan Penilaian Geopark Merangin

Bupati Merangin: Saya Optimis Jadi UGG
Gubernur Jambi H Al Haris menggelar rapat dengan Bupati Merangin H Mashuri dan Sekda Merangin Fajarman serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Merangin membahas persiapan penilaian Geopark Merangin. Rapat yang digelar di Bappeda Merangin, Jumat (18/2/2022) terkait kehadiran Tim dari UNESCO akan melakukan penilaian, layak atau tidaknya Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG). (Foto: KominfoMerangin)

Jambipos, Merangin-Gubernur Jambi H Al Haris menggelar rapat dengan Bupati Merangin H Mashuri dan Sekda Merangin Fajarman serta Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Merangin membahas persiapan penilaian Geopark Merangin. Rapat yang digelar di Bappeda Merangin, Jumat (18/2/2022) terkait kehadiran Tim dari UNESCO akan melakukan penilaian, layak atau tidaknya Geopark Merangin menjadi UNESCO Global Geopark (UGG).

"Kita harus persiapkan betul penilaian ini dan jangan sampai kita tidak siap, seperti pada penilaian 2014, yang pada akhirnya gagal. Intinya ini tugas kita bersama dan saya siap sepenuhnya. Geopark Merangin harus naik level menjadi destinasi wisata dunia. Sebab, dalam waktu dekat Tim UNESCO akan melakukan penilaian," kata Gubernur Jambi H Al Haris pada rapat tersebut.

Disebutkan, guna memuluskan proses penilaian ini, Pemprov Jambi bersama Pemkab Merangin akan membenahi kawasan Geopark Merangin-Jambi. Mulai dari pembangunan jalan akses, pusat informasi turis, gerbang masuk dan fasilitas pendukung lainnya.

Untuk melengkapi sarana dan prasarana Geopark Merangin-Jambi itu, gubernur menggelontorkan dana Provinsi Jambi sebesar Rp 2 miliar. Pengerjaan proyek infrastruktur Geopark Merangin-Jambi ini akan dikebut.

"Nanti cepat dibangun sarana-sarana penunjangnya, seperti gazebo dan fasilitas lainnya. Kondisi persiapan di lokasi Geopark Merangin-Jambi ini harus benar-benar matang, kita harus siap,’’pinta Gubernur Jambi Al Haris.

Selain itu Al Haris menegaskan, pentingnya pemasangan rambu-rambu menuju geopark, karena belum banyak terpasang. Untuk itu, gubernur juga akan membantu pembuatan rambu-rambu tersebut.

Dinas Kominfo diminta gubernur, harus siap dengan sinyal internet di lokasi Geopark Merangin-Jambi. Jika perlu gubernur minta dibawa mobil peralatan dari Telekom untuk pengadaan sinyal tersebut.

"Kita punya dana untuk berkunjung ke UNESCO di Perancis, guna membicarakan peningkatan status Geopark Merangin-Jambi ini. Nanti silahkan siapa yang akan berangkat melakukan pendekatan dan proyeksi di sana,’’terang Al Haris.

Bila Geopark Merangin-Jambi telah menjadi UNESCO Global Geopark jelas gubernur, baru nanti kembali diusulkan Geopark Kerinci, yang sudah dilaunching di Bandung beberapa waktu lalu.

"Kalau Geopark Merangin-Jambi sudah jadi UGG dan Candi Muarojambi sudah jadi milik dunia, tentu Bandara Udara Sultan Thaha Jambi akan menjadi Bandara internasional,’’harap Al Haris.

Sementara Bupati Merangin H Mashuri sangat optimis Geopark Merangin-Jambi bisa naik level menjadi UGG, karena bila dibanding dengan geopark lainnya, Geopark Merangin-Jambi paling banyak mempunyai keunggulan.
 
"Prestasi besar kita bila Geopark Merangin-Jambi lulus dan ditetapkan menjadi UGG. Danau Toba sudah sepuluh tahun. Rinjani sudah enam tahun. Kita meski baru beberapa tahun harus siap," kata Mashuri. (JP-Yahya/Asenk Lee)

Berita Lainnya

Posting Komentar

0 Komentar