Home » , , » Dr H Marhaban Sigalingging Apresiasi Kemajuan PPRS Kota Jambi Hingga Usia 34 Tahun

Dr H Marhaban Sigalingging Apresiasi Kemajuan PPRS Kota Jambi Hingga Usia 34 Tahun

Written By jambipos-online on Senin, 28 Februari 2022 | 07:53

Disematkan Hiou Simalungun
Foto Oleh: Asenk Lee Saragih Manihuruk

Jambipos, Jambi-Pengurus Parsadaan Pomparan (Perkumpulan Keturunan)  Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS-Indonesia) sekaligus Ketua Umum HUT Ke 40 PPRS-Indonesia dan Mubes PPRSI Tahun 2022, Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH mengapresiasi perkembangan PPRS Kota Jambi hingga tetap eksis hingga usia 34 Tahun sejak berdiri tahun 1988 silam. Bahkan memasuki usia 34 tahun PPRS Kota Jambi, kini “SIGALINGGING (Toba), MPU BADA (Pakpak Dairi), GARINGGING (Simalungun)” sudah bersatu dalam PPRS Kota Jambi.

Apresiasi itu disampaikan  Dr H Marhaban Sigalingging saat menghadiri undangan Pesta Partangiangan (Syukuran) awal tahun 2022 (Bona Taon) Parsadaan Pomparan (Perkumpulan Keturunan)  Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya di Gedung Budi Mulia Mayang Jambi, Minggu (27/2/2022).

Kehadiran Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH di gedung Budi Mulia Mayang Kota Jambi disambut tarian generasi muda PPRS Jambi dengan lantunan Lagu “Ende Ni Raja Sigalingging” Karya Cipta Dr H Marhaban Sigalingging yang dilantunkan Trio Boru Sigalingging CS Jambi.

Setelah penyambutan, dilanjutkan dengan acara khusus penyematan Hiou (Ulos) Simalungun kepada Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH oleh Panasehat PPRS Jambi St Meslan Saragih Garingging SH didampingi istri Br Purba.  

Acara Pemberian Hiou (Ulos) Simalungun (Gotong, Tapak Catur, Bulang) kepada Dr H Marhaban Sigalingging Beserta Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH sebagai ucapan syukur selamat datang serta tamu kehormatan yang dituakan pada Pesta Bona Taon PPRS Kota Jambi.

Usai penyematan Hiou tersebut Dr H Marhaban Sigalingging memberikan bantuan untuk PPRS Jambi Rp 10 Juta. Pada kesempatan itu sebelum santap siang, juga dilakukan pemberian Kuliner Khas Adat Simalungun “Panggang Dayok Binatur” (ayam kampung dipanggang diatur dalam piring dengan bumbu khas tradisional Simalungun-Halal) diberikan kepada Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH.

Kehadiran Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH juga memberikan semangat kepada generasi muda atau milenial PPRS Jambi dengan memberikan sambutan dan apresiasi berupa pena khusus kepada mahasiswa dan pelajar yang hadir pada pesta bona taon itu.

Pada kesempatan itu, Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH menikmati suasa Adat Budaya Pesta Bona Taon PPRS Jambi dengan “manortor” bersama. Sukacita bersahaja tampak pada kesempatan itu.


Harus Kompak

“Suatu kebanggaan bisa hadir di Pelantikan Pengurus PPRS Wilayan Provinsi Jambi dan Cabang Kota Jambi sekaligus acara Budaya Pesta Bona Taon. Ini juga kebanggaan buat keluarga besar Sigalingging (Sigalingging, Mpu Bada dan Garingging) Boru, Bere, Ibebere se Wilayah Provinsi Jambi, bisa berkumpul dan bersukacita. Terimakasih atas berkenan bersedia mengundang kami dari Pusat dan PPRS Jambi memberikan penghargaan yang begitu mengharukan dan membanggakan kami sebagi Representasi Pomparan Raja Sigalingging,” ujar Dr H Marhaban Sigalingging, yang juga pencipta Lagu “Ende Ni Raja Sigalingging” ini.

“Semoga Tuhan YME mengabulkan semua permintaan kita dan membalas Budi-baiknya Bapak dan Ibu PPRS Jambi semua Khususnya Bapak Ketua PPRS Kota Jambi beserta Panitia Acara,” katanya.

Dr H Marhaban Sigalingging juga mengapresiasi Panitia Bp Iramsen Saragih Garingging SH/ Br Purba dan Amangboru TP Napitupulu beserta seluruh Kru Kepanitiaan Pesta Bona Taon PPRS Jambi Tahun 2022. Dirinya juga berharap agar PPRS Provinsi dan Kota Jambi semakin maju, pengurusnya semakin solid. Sehingga Pomparan “S├»galingging Maju - Sigalingging Jaya.

“Terimakasih yang tidak terhingga ini khususnya kami sampaikan kepada Ketua PPRS Kota Jambi Periode 2029-2021, I Robinson Sigalingging SPd/ F Boru Sinaga, Op Nathan Gajah Sigalingging/Br. Manalu (Penasehat), Bapak Goodman Sigalingging/Br. Manalu, St. Meslan Saragih Garingging, SH/R Br. Purba, selaku Penasehat dan yang sudah banyak berbuat dan berkarya untuk kemajuan dan kejayaan PPRS di Jambi,” terangnya.

“Ini juga tidak lepas dari usaha dan perbuatan baik Apparaniba PARLIN SIGALINGGING (Ama Enjel) mantan Ketua PPRS Jambi yang berasal dari Pakkat yang sudah lama berkomunikasi dengan kami lewat telepon dan WA seputar kemajuan Marga SIGALINGGING dan baru disinilah pertama kami bisa bertemu dan bertatap-muka,” ujar Dr H Marhaban Sigalingging. 

Dr H Marhaban Sigalingging juga mengapresiasi “SIGALINGGING” di Kota Jambi ada Trio Boru dan Nyonya Sigalingging dan sudah tampil di YouTube membawakan Lagu “ENDE NI RAJA SIGALINGGING”.

“Jadi saya bangga secara pribadi sewaktu melihat acara tersebut dan melihat begitu kompaknya dan begitu besar penghargaan Pomparan Sigalingging yang ada di Jambi dengan adanya lagu kita lagi ”ENDE NI RAJA SIGALINGGING”. Bukan main Boru dan Nyonya Sigalingging begitu menghargai dan begitu bangganya kita dengan apa yang sudah kita punya saat ini. Artinya kita harus menghargai karya Marga Sigalingging agar kita lebih saling menghormati. Bangga dan saling mengasihi dimana saja berada, Sigalingging harus Maju dan Jaya,” kata Dr H Marhaban Sigalingging.

Disebutkan, meski mungkin SDM Marga Sigalingging saat ini belum bisa disejajarkan dengan beberapa Marga PARNA yang sudah maju, apalagi Marga-marga yang ada di SUKU BATAK, namun kita percaya ke depan, PPRS minta kepada Tuhan agar segera muncul dan tampil SDM atau Person Pomparan Raja Sigalingging yang lebih berprestasi dan punya kemampuan lebih sebagai Pejabat atau Abdi Negara, PNS, Petani ataupun Pengusaha dari Kota Jambi ini. 

“Khususnya SDM Sigalingging yang mau berbuat dan membangun Sigalingging, walaupun sekecil apa mampunya untuk kemajuan, kejayaan dan persatuan Sigalingging. Sebagaimana yang sudah dilaksanakan Ketua Robinson Sigalingging, SPd, dalam mempersatukan Sigalingging yang ada di Provinsi Jambi. Juga sebagaimana pesan dan yang dulu digagas oleh Abang kita Dr. Mirwan Sigalingging (Bapak Leo atau Op Keyra)/ Boru Silalahi sewaktu bertugas di Kantor BPN Provinsi Jambi,” terangnya. 

“Kita Doakan Beliau Doktor Mirwan Sigalingging yang sudah banyak berbuat untuk Pomparan Raja Sigalingging dan sebagai Doktor Pertama Marga Sigalingging. Beliau adalah Penulis BUKU TAROMBO, wajib kita teladani dan semoga Beliau panjang umur, sehat selalu, Amin,” ujarnya.

Dr H Marhaban Sigalingging menambahkan,  kehadiran dirinya bersama istri tercinta AKBP Hj Andi Nurlia SH MH, diundang oleh Ketua PPRS Jambi I Robinson Sigalingging, bukan karena dirinya seorang pejabat atau pengusaha atau ada yang mau diserahkan ataupun hadiahkan. Namun sebagai Pomparan Marga Sigalingging, dirinya hadir dan bersedia datang atas suatu kerinduan dan keinginan bertemu Saudara  Sigalingging yang ada di Jambi. 

“Kami bangga, senang dan penuh suka-cita hari ini bisa berkumpul dengan PPRS se Jambi. Terimakasih kepada Tuhan semoga kita SIGALINGGING Maju dan Jaya. Barangkali ini yang dapat kami sampaikan, kurang-lebih mohon maaf. Jala songon hata ni uppasa: Balittang ma pagabe tumondolhon sitodoan. Aritta ma sai gabe molo olo Hita marsipaulian,” pungkas Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi istri AKBP Hj. Andi Nurlia SH MH (Mami Alif Ray Al Fitrah Sigalingging). 



Bangga

Kehadiran Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH di Pesta Bona Taon PPRS Jambi juga memiliki kesan tersendiri bagi I Robinson Sigalingging SPd. Betapa tidak, setelah menginjak usia 34 Tahun PPRS Jambi, baru kali pertama Pengurus Pusat PPRS Indonesia hadir menyapa PPRS Jambi.

“Ini suatu kebanggaan tersendiri bagi saya dan juga keluarga besar PPRS Jambi. Kehadiran Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH adalah energy PPRS Jambi untuk lebih semangat lagi mengembangkan PPRS Wilayah Provinsi Jambi,” katanya.

“Kedatangan Pengurus PPRS Cabang Bungo, Tebo, Sarolangun, Merangin dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat di Pesta Bona Taon PPRS Jambi kali ini, sebagai tanda dimulainya pengembangan PPRS Wilayah Provinsi Jambi. Juga dengan bergabungnya SIGALINGGUNG, MPU BADA, GARINGGING dalam satu rumah PPRS Jambi, suatu kebanggaan bahwa PPRS itu penuh ragam budaya. Seperti PPRS Budaya Adat Toba, PPRS Budaya Pakpak Dairi dan PPRS Nuansa Adat Budaya Simalungun. Ini menyatu dalam PPRS Jambi saat ini,” ujar  Robinson Sigalingging SPd, yang juga diakhir jabatannya sebagai Ketua PPRS Cabang Kota Jambi menerbitkan Buku Sejarah Singkat dan ADRT PPRS Jambi.

Menurut Robinson Sigalingging SPd, Pesta Bona Tahun PPRS Kota Jambi 2022, panitia nuansanya Simalungun dan juga makanan khas Adat Simalungun Panggang “Dayok Binatur” juga ada. Secara khusus juga Hiou Simalungun dan Kuliner Simalungn diberikan kepada  Dr H Marhaban Sigalingging (Oppung Tuan Haji) didampingi Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH sebagai tamu kehormatan.

Ketua Wilayah PPRS Provinsi Jambi, Robinson Sigalingging SPd didampingi Penasehat PPRS Jambi St Meslan Saragih SH, Ketua Panitia Iramsen Garingging SH, Ketua PPRS Cabang Kota Jambi terpilih Syamsudin Sigalingging / Br Sinaga (Ap Mahasih) dan Pengurus PPRS Kabupaten mengucapkan terimakasih atas kehadiran Dr H Marhaban Sigalingging bersama Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH di Jambi.

Mereka juga berharap agar Pengurus Pusat PPRS Indonesia lebih memperhatikan lagi keberadaan PPRS di daerah. Agar PPRS bisa maju lebih besar lagi dan pengurus wilayah atau cabang bisa saling kenal dengan pengurus pusat dan juga pengurus PPRS antar daerah lain.

Pesta Bona Taoun PPRS Jambi ini berjalan penuh sukacita dan penuh nuansa keragaman budaya Batak. Nuansa keragaman Budaya tampak dari pakaian Adat Toba, Simalungun dan Pakpak Dairi.

Suasana pesta tambah meriah dengan lantunan tembang-tembang Batak oleh PN-Trio (Jay Sihombing, Martogi Simbolon, Goxen Purba). Juga PN Trio yang sungguh memukau membawakan Lagu “Ende Ni Raja Sigalingging” Ciptaan Dr H Marhaban Sigalingging.

Pada acara syukuran itu terkumpul dana dari hasil penjualan kupon, iuran dan hasil tor-tor (Panasehat, Panitia, Sigalingging, Boru, Bere-Ibebere) sebanyak Rp 32 Juta. 

Jumlah KK Parsadaan Pomparan Raja Sigalingging, Boru, Bere dan Ibebere (PPRS) Se- Kota Jambi dan sekitarnya sebanyak 136 KK dengan rincian (Haha Anggi) Marga Sigalingging  sebanyak 44 KK, Boru 35 KK, Bere 31 KK dan Ibebere 20 KK tambah anggota baru Minggu (27/2/2022) sebanyak 3 KK. Usai doa penutup sebelum meninggalkan gedung, Dr H Marhaban Sigalingging bersama Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH melakukan foto bersama. (Asenk Lee Saragih)
Galeri Video Dr H Marhaban Sigalingging bersama Istri AKBP Hj Andi Nurlia SH MH di Jambi
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA