. Ivan Wirata, Legislator Pegiat Konten Blusukan Bergaya Humanis | Jambipos
Home » , , , , , » Ivan Wirata, Legislator Pegiat Konten Blusukan Bergaya Humanis

Ivan Wirata, Legislator Pegiat Konten Blusukan Bergaya Humanis

Written By jambipos-online on Kamis, 14 Oktober 2021 | 08:18

H Ivan Wirata ST MT MM saat menyapa pelaku badut.(Foto Kolase)

Oleh: Asenk Lee Saragih

Jambipos, Muarojambi-Sosok legislator yang satu ini memang tidak asing lagi bagi masyarakat Muarojambi secara khusus dan juga Provinsi Jambi secara umum. Memulai karie sebagai birokrat dengan puncak jabatan Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Provinsi Jambi beberapa tahun lalu, kini dia menekuni politik dan menjadi wakil rakyat dapil Muarojambi-Batanghari.

Dia adalah H Ivan Wirata ST MT MM. Sosok anggota dewan yang humanis yang kini membuat gebrakan melalui teknologi komunikasi era digital masa  kini lewat konten-konten kreatif menyapa rakyat dalam blusukan. Tiada hari tanpa konten blusukan, begitulah Ivan Wirata mengisi ruang publik lewat media sosial Facebook, IG, YouTube dan kini website pribadi. 

Salah satu media siber yang kerap mengutip dan menarasikan konten blusukan IW, sapaan Ivan Wirata adalah Jambipos Online. Lewat pemberitaan, konten-konten blusukan IW lebih berharga dan terdokumentasi dengan baik. 

Jadi tidak heran, konten-konten video IW saat menyapa rakyat menghiasi media sosial miliknya. Menargetkan konten blusukan 365 judul selama setahun, adalah tekat IW bersama tim kreatifnya, Ucup Buayo dan Bung Idris.    
 
Sebagai daerah pemilihan, Ivan Wirata tak lupa mengucapkan Selamat Hari Jadi Negeri Sailun Salimbai Ke 22, Kabupaten Muarojambi. “Semoga Kabupaten Muarojambi menjadi lebih baik, berprestasi, religius, sejahtera dan maju dalam berbagai hal yang positif serta selalu menjadi kebanggaan masyarakat Muarojambi. Semoga masyarakat Muarojambi selalu aman, damai, tentram, sejahtera, religius, makmur serta yang paling utama adalah mencintai dan bangga dengan daerahnya. Do'a yang tulus kami panjatkan untuk Negeri Sailun Salimbai. Aamiin Ya Rabballalamiin,” tulis H.Ivan Wirata.ST.MM.MT,  Anggota DPRD Provinsi Jambi dan juga menjabat Ketua Partai Golkar Kab.Muaro Jambi.

“Wendi merupakan anak muda yang penuh kreativitas. Iya menjalankan suatu usaha ayam geprek penuh variasi dan menu makanan lainnya di Kasang Pudak, Kecamatan Muarojambi. Usaha yang dia tekuni sejak 2018 lalu, kini semakin diminati oleh masyarakat setempat. Dimana tempat usahanya Wendi dengan konsep modern. Makannya disebutlah Warung Pedesaan Modern,” demikian diungkapkan Ivan Wirata pada konten terbaru yang dibagikan, Kamis (14/10/2021).

“Setelah mencoba makanan khasnya di warung pedesaan modern, ternyata enak dan nikmat. Berbagai macam jenis makanan seperti yang ada di kota – kota, di desa tersebut juga Wendi sediakan dan luar bisanya tempat tersebut ditambah dengan menu karaokean keluarga untuk bersantai dan menghibur diri,” tambah Ivan Wirata, Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi Golkar.

Menurut Ivan Wirata yang juga Ketua DPD Partai Golkar Muarojambi ini, tentu hal ini merupakan sebuah kemajuan bagi desa tersebut. Dimana pengembangan serta tingkat perkonomian menjadi meningkat. Apalagi dikemudian hari banyak yang mencontoh apa yang dilakukan oleh Wendi ini sehingga desa menjadi desa yang berdaya saing dalam menumbuhkan perekonomian desa. “Luar biasa, semoga sukses salalu usahanya dan tentu desa semakin maju,” ujar IW.
Ivan Wirata singgah di Warung Pedesaan Modern di Kasang Pudak, Kecamatan Muarojambi.


Kandel Singkong

Konten blusukan Ivan Wirata bersama “IWComeBack” tergolong cukup beragam. Hampir semua lapisan masyarakat disapanya. Mulai dari tukang sol sepatu, petani, peternak, pedagang, pengamen, dan ragam pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) lainnya di wilayah Kabupaten Muarojambi. Target 365 konten blusukan selama satu tahun memang serius untuk dicapainya.   

Masih terbaru, IW juga menyapa Bapak Lujeng Mulyadi bersama Ibu Harahap, warga Desa Pematang Gajah, Kabupaten Muarojambi yang mengelola kandel singkong. Dimana sesuai permintaan kunjungan beberapa hari kemarin, IW bersama Tim “IWComeBack”  langsung menuju lokasi Ibu Harahap.

“Banyak kesan berharga dari semangat dan ketulusan ibu Harahap dalam menjalankan usahanya. Seperti kutipan berharga buat kita semua "Korona Boleh Membatasi Mobilitas, tapi tidak akan mampu membatasi kreativitas," ungkap ibu Harahap seperti ditirukan Ivan Wirata.

Kata IW, dari sisi lainnya, Ibu Harahap menjelaskan bahawa UMKM yang dia kelola bagaimana memamfaatkan bahan baku dari ubi kayu yang ditanam, agar ubi tersebut bisa berharga di pasaran, tentu harus pandai mengelola bagaiman memproduksi ubi diolah dengan berbagai jenis makanan.

“Seperti yang kita lihat hari ini adanya dodol ubi, bolu ubi dan berbagai jenis kerupuk dari ubi sehingga bisa mengahasilkan dua kali lipat dari harga bahan baku perkilonya. Luar biasa kecerdasan seorang ibu Harahap ini, sehingga mampu mengedukasi masyarakat Jambi khususnya masyarakat di Kabupaten Muarojambi,” ujar IW.

“Nah bagi pemirsa yang minat dengan UMKM Ibu Harahap ini boleh untuk oleh - olehnya bisa pesan langsung ke nomor 081367751348 dengan bapak Lujeng Mulayadi. Dan tentunya bagi masyarakat yang ingin mencoba belajar memproduksi atau memamfaatkan ubi singkong ibu Harahap siap memberikan ilmu - ilmunya kepada kita semua. Luar biasa. Semoga bapak dan ibu sukses selalu,” tambah IW sembaru mempromosikan usaha Ibu Harahap.

Supir Sendiri

Dalam membuat konten blusukan, Ivan Wirata tak sungkan-sungkan untuk mengendarai mobil sendiri untuk menuju lokasi pembuatan konten. 

“Pagi itu kami berkunjung memenuhi undangan salah satu penggiat UMKM yang ada di Desa Pematang Gajah. Namun kondisinya berbeda kali ini. Karena tim sedang sibuk menjalankan aktivitas, terpaksa turun gunung mengemudi sendiri dan di temani videografer kita yang sedikit penuh ke was - wasan saat di supiri langsung oleh H. Ivan Wirata,” ujar IW.

Hal ini dilakukan Ivan Wirata, oleh karena panggilan tugas untuk melayani rakyat, karena sudah cukup lama waktunya tak juga dikunjungi, akhirnya IW berdua memutuskan untuk menjumpai salah satu UMKM tersebut. 

“Simak video kelanjutannya lusa ya pemirsa. Hari ini sengaja turun menguji mental videografer kita, dan doakan kami sampai ditujuan, Aamiin,” ucap IW sembari mempromosikan akun media sosialnya.

“Mas Eri belajar secara otodidak memelihara ikan cupang yang konon ikan cupang ini menjadi incaran para pecinta ikan hias sebelumnya. Diketahui viralnya menurunnya angka penjualan ikan cupang ini, kami mencoba menghampirinya di tempat dimana Mas Eri menjalankan usahanya,” tulis IW.

Setelah banyak berbincang dengannya hal demikian tidaklah benar justru ikan cupang ini menjadi incaran oleh komunitas ikan cupang dan yang hobi memelihara ikan cupang.

Ikan cupang memang murah harganya namun jika ikan cupang benar - benar di budidaya dan di pelihara dengan benar akan menghasilkan ikan yang berkualitas. Ikan yang penuh magnet untuk menarik para pecinta ikan cupang membelinya, ungkap Mas Eri kepada IW.

“Apalagi diketahui Mas Eri ini sudah mampu membudidaya ikan cupang hingga mampu melakukan perkawinan ikan cupang untuk mendapatkan benih - benih unggul ikan cupang. Hal ini tentulah menjadi apresiasi bagi kita dimana kesuksesan seorang Mas Eri ini mampu mengelola ikan cupang dengan baik dan benar. Bayangkan harga ikan cupang Mas Eri sudah diatas harga biasanya sehingga kini iya sukses. Luar biasa Mas Heri, tetap semangat dan sukses selalu,” kata IW.

Es Pisang Hijau

Tak berhenti disitu, pada pecan yang sama Oktober ini, IW juga menyempatkan diri berbincang dengan Hamzah penjual Es Pisang Hijau keliling dengan menggenakan pakaian badut yang sededang berjoged. 
“Seketika itu kita mampir lanjut berbincang bersama mas yang berprofesi badut. Tak ada lagi pekerjaan yang bisa menampungnya. Sudah mencoba kesana kemari hingga akhirnya untuk bertahan hidup serta menghidupakan keluarga harus turun kejalan berupa badut,” ucap IW, seperti menampung cerita Hamzah.

“Dua ratus ribu perhari biasa dia dapatkan dari menghibur anak- anak sambil berjoged mampir dari warung ke warung dan hal itu tentu sudah cukup bagi nya untuk makan keluarga. Namun jika hari hujan terkendala tidak mendapatkan apa - apa sama sekali,” jelasnya.

Diakhir perbincangan IW dengan Hamzah, berpesan bagaimana usaha yang dia lakukan hendaknya dapat dihargai. Walau pekerjaan seperti ini adanya pastinya hal ini bagian dari pekerjaan yang harus disyukuri, masyaallah. 

“Luar biasa masnya. Semoga Mas tetap selalu dalam keadaan sehat dan selalu  dimudahkan segala urusan serta rejeki mengalir, Aamiin,” pungkas IW.

Setiap kunjungan Anggota DPRD Provinsi Jambi Dapil Muarojambi H Ivan Wirata ST MM MT dan “IWComeBack” menyambangi rakyat menampung aspirasi rakyat sebagai bahan pokok pikiran dewan dari Kabupaten Muarojambi, diabadikan oleh YouTuber Bung Idris di Channel YouTube “Bincang Kito” dan juga Channel YouTube Ivan Wirata dan akun facebook Ivan Wirata dan IG Ivan Wirata. (JP-Penulis Redpel Jambipos Online)

Profilnya H Ivan Wirata ST MM MT

Mundur sebagai Kapala Dinas Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PUPR) Provinsi Jambi karena merasa terpanggil membangun Muarojambi (RunnerUp Pilkada Muarojambi 2016) dan kini duduk sebagai Anggota DPRD Provinsi Jambi Periode 2019-2024. Ivan Wirata merupakan pria kelahiran Air Tiris, Riau 27 Maret 1968.

Berikut ini Profile Lengkapnya.
KETERANGAN DIRI                                                                     
•Nama (Lengkap)-H. Ivan Wirata, ST, MM, MT           
•N I P-19680327 199703 1 002                  
•Pangkat Gol. Ruang Pembina ( IV/c ) TMT. 01/04/2013              
•Tempat & Tgl. Lahir-Air Tiris, 27 Maret 1968                   
•Jenis Kelamin-Laki-laki                   
•Agama-Islam            
•Status Perkawinan-Kawin    
                   
RIWAYAT JABATAN                                                                    
•1995 – 1997 : Staf Bagian Proyek Irigasi Wilayah Kerinci                   
•1997 – 1999 : Kepala TU Bag.Proyek Wilayah Batanghari - Tanjung Jabung
•1999 – 2000 : Koordinator lapangan Bag. Proyek Irigasi Wilayah Sarko - Bute                      
•2001 – 2002 : Assisten Pembinaan dan Pelaksanaan (Binlak) Proyek Irigasi Jambi                  
•2002 – 2003 : Kasi Pembangunan Pada Subdin Bina Marga Dinas PU Kab. Muaro       Jambi
•2004 - 2005: Pemimpin Bagian Proyek Pembangunan Tata Guna Air              
•2006 : Kepala SNVT Irigasi dan Rawa Jambi             
•2007 : PPK. Pengembangan Rawa                 
•2008 : Kepala SNVT Pelaksana Pengelolaan SDA Sumatera VI Provinsi  Jambi
•2009 : Kepala Balai Wilayah Sungai Sumatera VI                   
•2010 - 2011: Sekretaris Dinas PU Prov. Jambi           
•2011 – 2014 : Kepala Dinas PU Provinsi Jambi   
.2016-Peserta Pilkada Calon Bupati Muarojambi 
-2019-2024-Anggota DPRD Provinsi Jambi Fraksi Golkar Dapil Muarojambi-Batanghari  
                
 PENDIDIKAN
Pendidikan Umum                                     
•1975 – 1981 : SD No. 29 Pekan Baru            
•1982 – 1984 : SMPN 2 Pekan Baru               
•1985 – 1987 : SMAN 2 Pekan Baru              
•1987 – 1994 : Sarjana Teknik Jurusan Teknik Sipil Univ. Bung Hatta Padang  
•1999 – 2001 : Magister Management (MM) Labora Jakarta               
•2008 – 2009 : Magister Teknik Sipil (MT) Univ. Diponegoro Semarang
Latihan Jabatan (Km III, Km IV, SESPA dan lain-lain)                                                     
•1999 : Diklat ADUM  
•2004 – 2005 : Diklat PIM Tk. III                   
•2012 : Diklat PIM TK.II-                                                 
Penataran (P4, TARPADNAS, PEMILU, dan lain-lain) 
Pendidikan/Latihan/Kursus di DN (disebut gelar jika ada)                              
•1995 : Kursus Penyusunan Upaya Pengelolaan Lingkungan dan Upaya Pemantauan Lingkungan (UKL / UPL) bidang PU (Komisi Pusat AMDAL Dep.PU)                   
•1999 : Pendidikan dan Pelatihan Tata Cara Pengadaan Jasa Konstruksi (Pusdiklat Peg. Dep. PU)       
•2000 : Diseminasi Penerapan Hukum di Lingkungan Sub Dinas Pengairan Dinas PU Provinsi Jambi (Dinas PU Prov. Jambi)                      
•2001 : Pendidikan dan Pelatihan Manajemen Proyek (LAN)               
•2004 : Pelatihan Pejabat Inti Proyek (PIP) (Ditjen SDA)                     
•2005 : Pendidikan dan Pelatihan Teknis Pengadaan Barang dan Jasa Pemerintah di Lingkungan Pemerintah Provinsi Jambi (Pem. Prov.Jambi)                  
•2006 : Seminar Nasional Peran dan Prospek Pengembangan Rawa dalam Pembangunan Nasional (Ditjen SDA)                      
•2007 : Workshop Reformasi Aspek Manajemen Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menuju ) Penyelenggaraan Infrastruktur ke-PU-an di Era Globalisasi Univ. Diponegoro)               
•2007 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres RI No. 80 tahun 2003 (Angkatan XXIX) (LPPM Univ. Airlangga)                     
•2008 : Kuliah Perdana Mahasiswa Program Doktor Teknik Sipil dengan Topik Pengaruh Kebijakan Nasional tata Ruang dalam Pembangunan Insfrastruktur dan Pengendalian Bencana Alam (Univ. Diponegoro)                     
•2009 : Pelatihan Perencanaan Strategik, kepemimpinan dan Teknik Negosiasi (PPM)
•2009 : Pelatihan Ahli Pengadaan Barang/Jasa Pemerintah Sesuai Keppres (L4)
•2010 : Pendidikan dan Pelatihan Laporan Keuangan dan Barang Milik Negara (Pusdiklat BPKP)        
•2010: Diskusi Panel Nasional Tema Rawa untuk Pangan (HIMALIRA dan Ditjen SDA)                      
•2013 : Pelatihan Ahli Pengadaan Nasional                               
                                                                                  
PANGKAT GOLONGAN                                                                
•1997 : Penata Muda  ( III/a )              
•2001 : Penata Muda Tk. I  ( III/b )                 
•2002 : Penata  ( III/c )            
•2006 : Penata Tk. I  ( III/d )               
•2010 : Pembina  ( IV/a )                     
•2011 : Pembina TK.1  ( IV/b )            
•2013: Pembina Utama Muda  ( IV/c )             
                                                                  
TANDA JASA PENGHARGAAN                                                             
•2008 : Satyalancana Karya Satya 10 Tahun Presiden RI                      
•2008 : Penghargaan Kinerja Pelaksanaan tugas Tahun 2007-2008                   
                                                                      
KETERANGAN ORGANISASI                                                                 
Keterangan dalam Organisasi Profesi                                                          
•1. Komite Nasional Indonesia untuk Bendungan Besar (KNIBB)                     
•2. Himpunan Ahli Teknik Hidrolik Indonesia (HATHI)            
•3.HimpunanMasyarakatPeduliRawa (HIMALIRA)                                                                                                                                                              
Keterangan dalam Organisasi Kemasyarakatan                                                      
•2012 : Pemuda Pancasila                    
•2013 : Pemuda Panca Marga              
•2014 -2024: Sentral Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI).


Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA