. Peraih Medali Emas Dapat Bonus Rp 300 Juta, 101 Orang Atlet Jambi Siap Bertarung di PON XX Papua | Jambipos
Home » , , , » Peraih Medali Emas Dapat Bonus Rp 300 Juta, 101 Orang Atlet Jambi Siap Bertarung di PON XX Papua

Peraih Medali Emas Dapat Bonus Rp 300 Juta, 101 Orang Atlet Jambi Siap Bertarung di PON XX Papua

Written By jambipos-online on Sabtu, 11 September 2021 | 08:05

Gubernur Jambi, Al Haris mengenakan jaket kepada seorang atlet pada pelepasan Kontingen Jambi ke Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX Papua di Stadion KONI Kota Jambi, Sabtu (11/9/2021). (Foto : KominfoJambi)

Jambipos, Jambi
-Sebanyak 101 orang atlet Provinsi Jambi dari 21 cabang olah raga siap bertarung menghadapi lawan-lawan mereka pada Pekan Olah Raga Nasional (PON) XX di Provinsi Papua 2 – 15 Oktober 2021. Para atlet Jambi yang berhasil meraih medali emas pada PON tersebut akan mendapatkan bonus Rp 300 juta, medali perak Rp 150 juta dan medali perunggu Rp 75 juta. Sedangkan para pelatih atlet berprestasi Jambi juga disiapkan bonus Rp 250 juta.

Gubernur Jambi, Al Haris pada pelepasan atlet dan official Jambi ke PON XX Papua di Stadion Komite Olah Raga Nasional Indonesia (KONI) Provinsi Jambi, Kota Jambi, Sabtu (11/9/2021) meminta para atlet Jambi yang akan berlaga di PON Papua harus benar-benar berjuang keras meraih prestasi. 

Para atlet juga diharapkan tetap menjujung sportivitas dan kekompakan tim. Citra baik Provinsi Jambi harus tetap dijaga para atlet, pelatih dan official kontingen PON XX Provinsi Jambi selama berada di Papua. Kontingen PON XX Provinsi Jambi mulai diberangkatkan menuju Papua, Jumat (17/9/2021).

"Anda adalah duta duta Jambi di tingkat nasional. Anda yang membawa nama baik Jambi. Kita bangga sekali karena kita akan menunjukkan diri kita di kancah nasional itu, PON XX Papua. Pada PON kali ini Jambi menetapkan terget meraih peringkat ke-13 dengan 10 medali emas,"katanya.

Sebagai anak bangsa dan anak   Jambi, kata Al Haris tentu seluruh atlet, pelatih dan official ingin sukses pada PON XX Papua. Ketika membawa nama Jambi ke kancah nasional, yang harus ada di benak atlet dan adalah harus juara, harus dapat medali.

“Provinsi Jambi memang daerah yang jumlah penduduknya yang kecil. Tetapi di tingkat nasional, kita harus mempunyai jiwa yang besar dan semangat yang besar karena kita memiliki kemampuan mengukir prestasi,”ujarnya.

Patuhi Prokes

Al Haris mengingatkan, seluruh atlet, pelatih dan official kontingen PON XX Provinsi Jambi tetap mematuhi protocol kesehatan (prokes) selama mengikuti PON di Papua. Hal itu penting mencegah terpaparnya atlet, pelatih dan official dari Covid-19.

Dikatakan, PON kali ini yang dilaksanakan di tengah kondisi pandemi Covid-19 diyakini tidak akan menimbulkan klister baru karena selama penyelenggaraan PON prokes dilaksanakan secara ketat.

Terkait dengan bonus atlet, Al Haris mengatakan, Pemprov Jambi akan memperhatikan para atltet berprestasi. Para atlet dan pelatih peraih medali akan mendapatkan bonus. Pemberian bonus tersebut merupakan salah satu motivasi juga bagi para atlet agar mereka benar-benar berjuang semaksimal mungkin meraih prestasi.

"Para atlet berprestasi yang membuat kita bangga di tingkat nasional. Para atlet yang berprestasi akan mendapatkan bonus. Bonus atlet peraih medali emas kami berikan Rp 300 juta/orang, medali perak Rp 150 juta dan medali perunggu Rp 75 juta. Bonus pelatih juga kami siapkan Rp 250 juta,”katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Jambi, Budi Setiawan pada kesempatan tersebut mengatakan, Kontingen Jambi yang akan berlaga di PON XX Papua, nanti diperkuat atlet 101 orang atlet dari 21 cabang olah raga. Para atlet didampingi para pelatih dan official 58 orang. Target Provinsi Jambi pada PON XX Papua, meraih peringkat 13 dengan 10 medali emas.

Cabang olah raga yang diikuti para kontingen Jambi pada PON XX tersebut, yakni angkat besi, atletik, billiar, bulutangkis, dayung, gulat, judo, karate, menembak, muaythai, panahan, panjat tebing, pencak silat, aquatik, senam, sepak takraw, sepatu roda, taekwondo, tarung derajat, tinju dan wushu. Cabang olah raga andalan Jambi meraih medali pada PON tersebut, antara lain, dayung dan angkat besi.

Salah satu atlet andalan Jambi untuk mendulang emas pada PON XX Papu, yakni atlet dayung nasional Mutiara Rahma Putri, yang baru memperkuat Indonesia pada Olimpiade Tokyo, 23 Juli – 8 Agustus lalu. Mutiara Rahma Putri akan turun pada nomor Women’s Lightweight Double (ganda kelas ringan putri) Women Lightweight Single (tunggal kelas ringan putri) dengan target medali emas.

 “Kami mengharapkan Pemprov Jambi memperhatikan atlet-atlet Jambi yang berprestasi di PON XX Papua dengan memberikan bonus yang sepantasnya. Hal itu penting sebagai motivasi bagi para atlet,”ujarnya.

Sementara itu, Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Jambi, Ronaldi mengatakan, Provinsi Jambi pernaih meraih prestasi puncak pada PON XV 2020 di Kota Surabaya, Provinsi Jawa Timur dengan mernempati peringkat enam nasional. Saat itu Jambi mengoleksi 19 medali emas, sembilan medali perak dan 13 medail perunggu.

Prestasi tersebut meningkat lagi pada PON XVI di Palembang, Sumatera Selatan. Sat itu Jambi meraih peringkat enam dengan perolehan 27 medali emas, 12 medali perak dan 12 medali perunggu. Sedangkan pada PON XVIII 2012 di Riau, prestasi Jambi melorot ke peringkat 24.

Ketika itu para atlet Jambi hanya bisa mempersembahkan  tiga medali emas, delapan perak dan 20 perunggu. Selanjutnya pada PON XIX 2016 di Jawa Barat, Jambi hanya nai satu tingkat ke peringkat 23 dengan perolehan enam medali emas, enam perak dan 21 perunggu.(JP/Matra/Lee)






Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA