. Al Haris Segera Dilantik Jadi Gubernur Jambi Sabtu 26 Juni 2021 | Jambipos
Home » , , , , » Al Haris Segera Dilantik Jadi Gubernur Jambi Sabtu 26 Juni 2021

Al Haris Segera Dilantik Jadi Gubernur Jambi Sabtu 26 Juni 2021

Written By jambipos-online on Kamis, 10 Juni 2021 | 09:59

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH,MH (kiri) memimpin rapat rapat penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Kamis (10/6/2021). (Foto : Matra/KominfoJambi)

Jambipos, Jambi
-Jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan segenap lapisan masyarakat Jambi menyambut gembira tuntasnya proses pemilihan gubernur dan wakil gubernur (Pilgub) Jambi yang berlangsung alot sejak 9 Desember 2020 hingga 27 Mei 2021.

Pilgub Jambi akhirnya mengantarkan Bupati Merangin, Al Haris menjadi Gubernur Jambi periode 2021 – 2024 didampingi mantan Wakil Wali Kota Jambi, Abdullah Sani sebagai Wakil Gubernur Jambi. Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi dilakukan Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi Jambi di Kota Jambi, Kamis (3/6/2021). Pelantikan Al Haris dan Abdullah Sani sendiri menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi direncanakan Sabtu (26/6/2021). 

Sebagai ucapan rasa syukur atas kesuksesan pelaksanaan Pilgub Jambi sekaligus menyambut Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang baru, Pemprov Jambi  akan melakukan penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi yang baru tersebut secara khusus namun tetap mematuhi protokol kesehatan (prokes) .

Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, SH,MH pada rapat persiapan penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di ruang pola kantor Gubernur Jambi, Kamis (10/6/2021) mengatakan,  Pemprov Jambi telah mempersiapkan rangkaian penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Baru.

”Setelah pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi di Istana Negara, Jakarta nanti, Pemprov Jambi telah mempersiapkan penyambutan. Penyambutan diawali di Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Kota Jambi. Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi, Al Haris – Abdullah Sani nantinya akan disambut secara adat dengan menampilkan kesenian kompangan dan tarian Sekapur Sirih. Setelah itu penyambutan dilanjutkan di rumah dinas Gubernur Jambi,”katanya.

Dikatakan, seluruh rangkaian kegiatan penyambutan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi akan menerapkan prokes secara ketat. Baik penyambutan di Bandara STS Jambi maupun di rumah dinas Gubernur Jambi, Jalan Sultan Thaha Kota Jambi. Pemprov Jambi akan terus berkoordinasi dengan seluruh pihak terkait untuk memantapkan persiapan pelantikan dengan tetap mematuhi prokes. Para undangan yang hadir juga akan diatur agar tidak sampai menimbulkan kerumunan.

“Warga masyarakat kami harapkan bisa menyaksikan penyambutan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi secara dalam jaringan (daring) atau online. Mudah-mudahan penayangan penyambutan bubernur dan wakil gubernur ini bisa ditayangkan secara online,”paparnya.

Pasangan Calon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi,  Al Haris – Abdullah Sani tampil sebagai pemenang Pemilihan Gubernur Jambi 2020. (Foto : Matra/Ist)

Gubernur Definitif

Pelantikan Gubernur Jambi dan Wakil Gubernur Jambi periode 2021 – 2024 hasil Pilgub Jambi 2020/2021 menghadirkan gubernur dan wakil gubernur definitif di Jambi. Kehadiran gubernur dan wakil gubernur definitif hasil pilgub tersebut diharapkan membuat roda pemerintahan dan pembangunan Jambi bisa berjalan normal kembali.

Sejak Kamis (18/2/2021), Gubernur Jambi dijabat Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi. Hari Nur Cahya Murni  menjabat Gubernur Jambi menyusul tertundanya penetapan hasil Pilgub Jambi 9 Desember 2020 akibat gugatan hasil Pilgub Jambi ke Mahkamah Konstitusi (MK). 

Penetapan Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi baru bisa dilakukan setelah keputusan MK mengenai Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilgub Jambi diselenggarakan di 88 Tempat Pemungutan Suara (TPS) di 41 desa/kelurahan, 15 kecamatan dalam wilayah satu kota dan lima kabupaten di Provinsi Jambi dilaksanakan, 27 Mei 2021. 

Berdasarkan hasil Pilgub Jambi dan PSU Pilgub Jambi, pasangan calon (paslon) Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut 3, Al Haris – Abdullah Sani meraih suara terbanyak, yakni total 600.733 suara (38,26 %).

Sedangkan pesaing utamanya, paslon Gubernur dan Wakil Gubernur Jambi nomor urut 1, Cek Endra – Ratu Munawaroh meraih 587.918 suara (37,44 %). Kemudian paslon nomor urut 2 (patahana), Fachrori Umar – Syafril Nursal meraih 381.634 suara (24,3 %).

Berdasarkan hasil rekapitulasi tersebut, selisih suara atau keunggulan Al Haris – Abdullah Sani dari pasangan Cek Endra - Ratu Munawaroh mencapai 12.815 suara. Karena itu paslon Al Haris – Abdullah Sani dinyatakan sebagai pemenang Pilgub Jambi periode 2021 – 2024.   Suara sah Pilgub Jambi 9 Desember 2020 dan PSU Pilgub Jambi 27 Mei 2021 mencapai 1.570.285 suara dari total 1.567.212 pemilih tetap Pilgub Jambi. Sedangkan suara tidak sah sebanyak 89.153 suara. (JP-Lee)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Dirgahayu RI Ke 76

Dirgahayu RI Ke 76
Dra Hj Elviana MSi

JAMBI MANTAP

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Halaman FB Media Lintas Sumatera

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA