. Eks Arena MTQ Nasional ke-18 Jambi Dikembangkan Menjadi Pusat Ekonomi Baru | Jambipos
Home » , , , » Eks Arena MTQ Nasional ke-18 Jambi Dikembangkan Menjadi Pusat Ekonomi Baru

Eks Arena MTQ Nasional ke-18 Jambi Dikembangkan Menjadi Pusat Ekonomi Baru

Written By jambipos-online on Rabu, 26 Mei 2021 | 08:53

Penjabat Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi (kiri) dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, Sh, MH (kanan) memimpin rapat secara virtual (zooming) Pengelolaan Aset Eks Arena MTQ bersama Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (25/5/2021). (Foto : KominfoJambi).

Jambipos, Jambi
-Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi dan pemerintah kabupaten/kota se-Provinsi Jambi siap mengembangkan bekas (eks) arena Musabaqah Tilawatil Qurna (MTQ) Nasional ke-18 di dekat Taman Rimba, Jambi Selatan, Kota Jambi, Provinsi Jambi menjadi pusat promosi bisnis atau usaha ekonomi daerah.

Bekas arena MTQ Nasional 18 tersebut sangat cocok dikembangkan menjadi pusat promosi bisnis karena berada di Ibukota Provinsi Jambi dan lokasinya dekat dengan Bandara Sultan Thaha Syaifuddin (STS) Jambi dan pusat perdagangan di Pasar, Kota Jambi.

Penjabat (Pj) Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi pada rapat secara virtual (zooming) mengenai Pengelolaan Aset Eks Arena MTQ bersama Bupati/Wali Kota se-Provinsi Jambi di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (25/5/2021) mengatakan, lokasi eks arena MTQ  Nasional ke-18 di Kota Jambi tersebut strategis untuk dimanfaatkan secara ekonomi sekaligus ajang promosi Provinsi Jambi. 

“Lokasi eks arena MTQ Nasional ke-18 tersebut bisa dijadikan tempat promosi dan pemasaran produk unggulan Jambi, termasuk produk unggulan sembulan kabupaten dan dua kota di Jambi. Karena itu Pemprov Jambi dan seluruh kabupaten/kota di Jambi perlu bekerja sama mengembangkan eks arena MTQ Nasional ke-18 menjadi pusat bisnis di Jambi,”katanya.

Dikatakan, pengelolaan eks arena MTQ Nasional ke-18 tersbut bisa dilakukan secara bersama. Pemerintah kabupaten dan kota di Jambi bisa memanfaatkan aset di eks arena MTQ tersebut menjadi tempat (stand) promosi usaha. Bagi daerah yang belum memiliki stand di lokasi eks arena MTQ tersebut bisa disediakan nanti.

“Eks arena MTQ Nasional ke-18 yang memiliki luas sekitar 600 meter persegi (m2) mencukupi untuk dikembangkan menjadi pusat promosi usaha. Rumah-rumah adat kabupaten dan kota yang ada di eks arena MTQ tersebut akan diperbaiki sebagai daya tarik wisata. Kemudian bangunan di eks arena MTQ tersebut juga nantinya bisa dimanfaatkans sebagai tempat pelaksanaan resepsi pernikahan,”ujarnya.

Penjabat  Gubernur Jambi, Dr Hari Nur Cahya Murni, MSi (tiga dari kanan) memimpin rapat secara virtual (zooming) Pengelolaan Aset Eks Arena MTQ di rumah dinas Gubernur Jambi, Selasa (25/5/2021). (Foto : KominfoJambi).

Rapat pengelolaan eks arena MTQ Nasional ke-18 tersebut turut dihadiri Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jambi, H Sudirman, Sh, MH, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Pemprov Jambi, Agus Sunaryo, Kepala Badan keuangan Daerah (Bakeuda) Provinsi Jambi, Agus Pirngadi dan Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jambi, Dr Sri Purnama. Kemudian rapat tersebut juga diikuti secara virtual oleh Bupati Merangin, H Al Haris, Bupati Bungo, H Mashuri dan Bupati Muarojambi,  Hj Masnah Busro.

Sementara, Sekda Pemprov Jambi, H Sudirman pada kesempatan tersebut mengatakan, seluruh kabupaten dan kota di Provinsi Jambi sepakat melakukan kerja sama mengembangkan eks arena MTQ Nasional ke-18 di Kota Jambi menjadi pusat promosi produk unggulan daerah. Para bupati dan wali kota se-Provinsi Jambi meminta pengelolaan eks arena MTQ tersebut dilakukan secara profesional.

“Pengelolaan pusat promosi ekonomi daerah di eks arena MTQ Nasional ke-18 ini penting agar lokasi tersebut nantinya bisa menjadi ikon (lambang) kemajuan ekonomi dan miniatur Provinsi Jambi,”katanya.  

Sementara itu pantauan medialintassumatera.com baru-baru ini, bekas lokasi atau arena MTQ Nasional ke-18 di kawasan Taman Rimba, Kota Jambi tidak terawat lagi. Bangunan – bangunan yang ada, termasuk rumah-rumah adat kabupaten/kota di bekas arena MTQ tersebut tampak kusam dan sebagian bangunnya sudah lapuk. Sedangkan kawasan bekas arena MTQ tersebut juga ditumbuhi semak – belukar.(JP-Lee/Matra)
Share this article :

Posting Komentar

Komentar Dilarang Melanggar UU ITE

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh

Garis Tangan Ahmadi Zubir-Alvia Santoni Jadi Wali Kota dan Wali Kota Sungaipenuh
Nyaris Gagal Maju Pilkada Karena Gerakan Rival Borong Partai

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH

Rasa Optimisme Pembangunan GKPS Tanah Kanaan Jambi Bersama St Radipoh Hasiholan Sinaga SH
KLIK Benner Untuk Beritanya

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”

Sebesar Rp 211 Miliar Refokusing APBD Provinsi Jambi Seperti “Menggarami Laut”
KLIK Benner Untuk Beritanya
 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA