. Tigor Sinaga Dipercaya Besarkan PSI di Provinsi Jambi | Jambipos
Home » , , » Tigor Sinaga Dipercaya Besarkan PSI di Provinsi Jambi

Tigor Sinaga Dipercaya Besarkan PSI di Provinsi Jambi

Written By jambipos-online on Kamis, 01 Oktober 2020 | 11:34

Ir Tigor Gh Sinaga (kanan) saat pertemuan pertama  di kediaman Bro Jefrry Geovanie (Big Bro JG) (tengah) di Singapura Juni 2019 lalu. Selama 12 jam memperbincangkan dan pengenalan  PSI langsung dari pendirinya. (Istimewa)


Jambipos, Jambi- Sejak akhir Agustus 2020, DPP PSI menunjuk Ir Tigor Sinaga menjabat Ketua DPW PSI Provinsi Jambi. Tigor Sinaga diberikan kepercayaan untuk membentuk struktur DPW, DPD, DPC PSI di kabupaten/kota se Provinsi Jambi. Tigor Sinaga juga diberikan amanat untuk membesarkan PSI di Provinsi Jambi untuk menghadapi Pemilu 2024 mendatang.

Demikian diungkapan Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) PSI Provinsi Jambi Ir Tigor Gh Sinaga kepada Jambipos, Kamis (1/10/2020) pagi. Tigor Sinaga juga pernah sebagai Caleg DPR RI Dapil Provinsi Jambi pada Pileg 2009 dari  PAN, Pileg 2014 dari Nasdem, Pileg 2019 dari PSI dan masuk dalam 10 besar perolehan suara terbanyak.

Menurut Tigor Sinaga pada 26 September 2020 lalu, dirinya melakukan Zoom meeting atau Ngobdar (Ngobrol Daring) dengan teman-teman DPW PSI Provinsi Jambi dengan rubrik “ Tigor Menyapa Warga dan Simpatisan PSI Jambi".

“Salam solidaritas. Terimakasih atas kehadiran teman-teman semua  dalam zoom meeting, silaturahmi dan konsolidasi PSI DPW Pprovinsi Jambi. Pertemuan secara virtual seperti ini sudah menjadi trend sejak pandemi covid 19 dan akan menjadi kebiasaan baru kedepan dan mudah-mudahan tidak mengurangi esensi dari nilai silaturahmi kita,” ujar Tigor Sinaga saat mengawali perbincangan zoom meeting tersebut.

“Pertama-tama saya ingin memperkenalkan diri terlebih dahulu, terutama buat bro and sis yang baru kenal. Nama saya Tigor Sinaga. Bulan Juni 2020 lalu saya dihubungi bro Endang Tirtana dan Bro Jend Antoni untuk membantu menata kembali PSI Provinsi Jambi. Saya agak kaget kok saya yang lebih sering di luar Jambi diminta untuk ngurusin Jambi. Tapi setelah mendapat penjelasan dari Bro Jend, akhir Agustus  lalu saya sanggupi kepercayaan tersebut,” cerita Tigor Sinaga.

“Saya lahir di Jambi, bapa Batak ibu Sunda. Sampai SMA saya di Jambi, kuliah di ITB. Saya bersyukur dikaruniai 2 anak yang cerdas, keduanya sudah selesai kuliah dengan predikat kelulusan  Cum Laude. Yang besar tamat NTU Singapore saat ini bekerja di Kantor Pusat  Shopee di Singapura. Yang kedua tamat ITB, saat ini  berbisnis di Bandung,” terang Tigor Sinaga. 

Kata Tigor Sinaga, kecintaan dirinya dengan Jambi jangan diragukan lagi. Dia 3 kali maju sebagai Caleg DPR RI dari Provinsi Jambi. Walau sesungguhnya peluang masuk dari Jabar jauh lebih besar karena aktifitas ekonomi, aktifitas organisasi dan aktifitas sosial saya selama ini  banyak di Jabar.

“Tapi karena kecintaan saya dengan tanah kelahiran , saya memilih dapil  Provinsi Jambi. Tahun 2009 saya maju dari  PAN, tahun 2014 saya maju dari Nasdem, tahun 2019 saya maju dari PSI. Ke tiga partai ini mempunyai kesan tersendiri bagi saya. Khusus di PSI saya menikmati sistem dan cara berpartai yang berbeda dengan partai lain,” kata Tigor Sinaga.

“Ke unikan partai ini membuat saya penasaran dan ingin tau langsung tentang partai ini dari pendirinya.
Juni 2019 saya bersama 7 teman berkesempatan  diterima Bro Jefrry Geovanie - atau lebih dikenal dengan panggilan bro JG di kediaman beliau di Singapura. Selama 12 jam kita diskusi,  banyak hal-hal menarik, membuat saya semakin cinta dengan PSI,” tambah Tigor Sinaga.

Tigor Sinaga menambahkan, satu diantaranya kecintaan dirinya kepada PSI yakni partai PSI partai isue, bukan partai sembako. Artinya, yang mendekatkan PSI kepada konstituen  dan yang menjadi faktor penarik calon pemilih adalah ketika PSI mengangkat dan memperjuangkan issue-issue  strategis terkait  harapan rakyat kedepan, untuk perbaikan bangsa dan Negara, Bukan dengan pendekatan sembako atau kerja modal dan bagi-bagi uang.

“Ini ide brilyan dari seorang pendiri partai ini bro JG  yang berani berfikir out off the box. Membangun partai diluar kebiasaan yang ada di Indonesia yang selalu mengandalkan sembako atau money politik setiap pemilu,” ujar Tigor Sinaga.

Disebutkan, kendalanya, PSI harus memberi pembelajaran dan pemahaman  para konstituen yang sudah terlanjur money politik oriented. 

Itu sebabnya PSI menyasar orang muda sebagai konstituen utama yang relatif terdidik dan mempunyai harapan masa depan. Terbukti suara PSI di DKI Jakarta dan kota-kota besar, bahkan di Luar Negeri  membludak. 

“Saat ini, dan kedepan, kerja kita meyakinkan konstituen dengan menjual isue seperti  ini akan sedikit lebih ringan. Karena teman-teman anggota legislatif  di DPRD DKI, DPRD NTT dan DPRD Manado sudah memberi contoh yang baik bagaimana  jika seorang Politisi PSI menjadi anggota  legislatif. Itu semua ide brilyan bro JG, Ketua Dewan Pembina PSI. Kita tunggu  nanti ide-ide baru dari beliau untuk pemenangan 2024,” kata Tigor Sinaga.

Ir Tigor Gh Sinaga melakukan pertemuan kedua dengan bro Bro Jefrry Geovanie (kanan) di Singapura tahun 2019 lalu. Pada kesempatan itu Big Bro JG ingin jumpa dengan ananda Ir Tigor Sinaga yakni Joshua yang dapat Cum Laude dari NTU dan anaknya Kevin, hadir juga Big Bro Sunny  Sekretaris Dewan Pembina PSI. (Istimewa)


Jelang Pemilu 2024

Menjelang 2024 , adda beberap perubahan dari kebijakan PSI  yang cukup signifikan yakni 1. Keanggotaan/ pengurus tidak lagi dibatasi usia maksimal, 2. Pengurus boleh ex partai politik lain, 3. Kemandirian kepengurusan di setiap tingkatan DPW, DPD, DPC. Artinya kepengurusan, baik secara sendiri atau bersama-sama secara kolektif  harus mampu menjalani program partai tanpa subsidi DPP.

“Kebijakan baru ini membuka peluang untuk PSI bisa lebih maju lagi. Karena kemandirian DPW dan DPD diikuti pula dengan pemberian  kewenangan untuk menata proses  calon-calon legislatif dan calon kepala daerah. Sehingga membuka peluang bagi kandidat-kandidat yang ingin maju menata strategi pemenangan di  dapil sejak dini,” tambah Tigor Sinaga.

Menurut Tigor Sinaga, kegagalan masa lalu, PSI terlalu berorientasi ke DPR RI. Sekarang konsepnya dibalik, PSI petakan suara mulai dari dapil  DPRD kota/ Kabupaten, dapil propinsi dengan target 1 fraksi per Kota/ kab dan provinsi. Sedangkan untuk kursi  DPR RI adalah bonus.

Menata Kepengurusan

“Teman-teman sekalian, bro n sis tugas besar yang diberikan kepada saya adalah menata kepengurusan di DPW, DPD, DPC bahkan sampai DPRt. Out put dari penataan ini diharapkan 2024 kita bisa memperoleh 1 fraksi per kabupaten / kota dan provinsi. Untuk tugas tersebut saya mengundang bro n sis untuk bersama-sama menyusun kepengurusan. Saya berharap masukan-masukan dari semua. Silahkan siapa yang berminat , untuk bidang apa atau anda mengusulkan siapa. Ada banyak peluang bagi yang ingin aktif di kepengurusan,” terang Tigor Sinaga.

Ditambahkan, PSI punya 13 direktorat di DPW dan setiap DPD, serta  terbuka juga  untuk bidang-bidang atau direktorat lain yang dapat kita adakan sesuai kebutuhan. 

“Saya juga menunggu saran teman-teman untuk mengusulkan nama tokoh-tokoh yang pantas duduk di dewan pembina, dewan penasehat, dewan pakar di DPW dan DPD,  agar jaringan partai ini semakin besar dan kokoh,” katanya.

“Bagi yang sudah mantap ingin maju caleg DPRD kota/ kab  2024 bisa memilih dapilnya sejak sekarang dan pegang kepengurusan DPC dapil tersebut. Sehingga sudah bisa mulai membuat dan menjalankan  program sosialisasi sejak sekarang. Saya mengajak semua anggota, simpatisan, pengurus  mantan pengurus untuk ambil bagian berkontribusi,” ujar Tigor Sinaga berharap.

Disebutkan, penyegaran dan penataan  itu adalah keniscayaan untuk mencapai kemajuan. “Kita mengundang orang-orang baru masuk PSI tanpa meninggalkan yang sudah ada. Itu konsep penataan saya. Sekali lagi saya mengajak bro n sis pengurus lama yang ingin tetap  jadi pegurus,  anggota atau simpatisan yang ingin aktif jadi pengurus , silahkan hubungi saya. Mari kita sama sama besarkan PSI. Semoga Tuhan merestui rencana kita. Salam solidaritas,” pungkas Tigor Sinaga. (Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA