. Ini Daftar Peserta Paslon dan Parpol Pengusung Pilkada Serentak di Provinsi Jambi Tahun 2020 | Jambipos
Home » , , , , , , , , » Ini Daftar Peserta Paslon dan Parpol Pengusung Pilkada Serentak di Provinsi Jambi Tahun 2020

Ini Daftar Peserta Paslon dan Parpol Pengusung Pilkada Serentak di Provinsi Jambi Tahun 2020

Written By jambipos-online on Rabu, 09 September 2020 | 13:42

Paslon Tunggal melawan kotak kosong di Kota Sungaipenuh (9/12/2020). (IST)

Jambipos, Jambi-
Pelaksanaan pemilihan kepala daerah (Pilkada) serentak pada Rabu 9 Desember 2020 mendatang, di Provinsi Jambi diikuti 4 kabupaten (Bungo, Batanghari, Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat), 1 Kota Sungaipenuh serta Pilkada Gubernur Jambi.

Seluruh calon peserta Pilkada, baik paslon gubernur Jambi dan paslon bupati Bungo, Batanghari, Tanjabtim dan Tanjabar dan calon walikota Sungaipenuh saat ini tengah menjalani proses tes kesehatan dan uji narkotika setelah lolos administrasi mendaftar di KPU masing-masing calon.

Pilkada Gubernur Jambi Periode 2020-2024 diikuti tiga Paslon yakni Al Haris–Abdullah Sani, Cek Endra–Ratu Munawaroh dan Fachrori Umar– Syafril Nursal.

Dari tiga calon gubernur Jambi itu, dua diantaranya kini menjabat Bupati di Provinsi Jambi. Al Haris merupakan bupati dua periode di Kabupaten Merangin dan H Cek Endra bupati dua periode di Kabupaten Sarolangun. Sedangkan Fachrori Umar merupakan patahana Gubernur Jambi menggantikan Zumi Zola karena tersandukung kasus korupsi.

Paslon Fachrori Umar–Syafril Nursal mendapat dukungan tiga parpol dengan jumlah 19 kursi di DPRD Provinsi Jambi yakni Gerindra dengan jumlah tujuh kursi di DPRD, Demokrat (tujuh kursi), PPP (tiga kursi) dan Hanura (dua kursi).

Paslon Al Haris–Abdullah Sani mendapat dukungan tiga parpol dengan jumlah 17 kursi di DPRD (PKB, PKS, PAN).  Sedangkan pasangan Cek Endra – Ratu Munawaroh mendapat dukungan parpol, yakni PDIP dan Golkar jumlah 17 kursi di DPRD Provinsi Jambi.
Tiga Paslon Pilkada Gubernur Jambi Periode 2020-2025.

1 Kota, 4 Kabupaten

Sementara Pilkada Wali Kota Sungaipenuh 10 Parpol dengan 24 kursi di DPRD Kota Sungaipenuh mengusung paslon Fikar Azami berpasangan dengan Yos Adrino. Fikar Azami merupakan anak Wali Kota Sungaipenuh Asyafri Jaya Bakri. Sedangkan Yos Adrino adalah politisi PAN.

Sepuluh parpol koalisi pengusung Fikar Azami- Yos Adrino adalah Demokrat, PAN, Golkar, Gerindra, PKS, PPP, PKB, NasDem, Berkarya dan Hanura. Satu parpol tersisa hanya PDIP yang memili 1 kursi di DPRD Kota Sungaipenuh.

KPU Kota Sungaipenuh hanya menerima satu paslon yang mendaftar yakni dan kini telah dilakukan penelitian dan kelengkapan persyaratan dokumen paslon, Fikar Azami-Yos Adrino dan sudah dinyatakan lengkap serta memenuhi syarat.

Menurut Ketua KPU Kota Sungaipenuh, Irwan, Pilkada Kota Sungaipenuh pada 9 Desember 2020 calon tunggal dan melawan kotak kosong.

Sedangkan Pilkada Bungo hanya diikuti dua paslon yakni pasangan H. Sudirman Zaini, SH MH berpasangan dengan Dr. Erick Muhammad Henrizal, SE MM. Paslon ini diusung oleh koalisi parpol PKB (3 kursi), Hanura (3 kursi) dan Perindo ( 1kursi) dengan total 7 kursi di DPRD Kabupaten Bungo.

Paslon H Mashuri, SP ME -H Safrudin Dwi Aprianto, S.Pd diusung koalisi 10 parpol yakni PAN (4 kursi), PKS (4 kursi), PPP (2 kursi), Berkarya (2 kursi), Bulan Bintang (1 kursi), Golkar (1 kursi), PDIP (3 kursi), NasDem (4 kursi), Demokrat ( 3 kursi) dan Gerindra (4 kursi) dengan total 29 kursi di DPRD Kabupaten Bungo.

Berikutnya Pilkada Kabupaten Batanghari diikuti tiga paslon yakni Yunninta Asmara-Muhammad Mahdan, Paslon M.Fadhil Arief - Bakhtiar dan dr Firdaus- Camelia Puji Astuti.

Paslon dr Firdaus- Camelia Puji Astuti diusung koalisi Parpol  Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Amanat Nasional (PAN) dan Partai Demokrat.

Paslon Yunninta Asmara-Muhammad Mahdan diusung koalisi parpol Golkar, PDIP, Gerindra dan Perindo. Paslon ketiga yakni M Fadhil Arief-Bakhtiar diusung koalisi PPP dan Partai NasDem.

Selanjutnya Pilkada 9 Desember 2020 di dua kabupaten wilayah Timur Provinsi Jambi yakni di Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Kabupaten Tanjung Jabung Barat.

Peserta Pilkada di Tanjung Jabung Timur (Tanjabtim) hanya diikuti dua paslon yakni Paslon Abdul Rasid-Mustakim dan Paslon Romi Hariyanto-Robby Nahliyansyah.

Pasangan calon Abdul Rasid-Mustakim diusung oleh koalisi parpol PDIP, NasDem, PBB, dan dua parpol non parlemen (PPP dan Partai Garuda). PDIP dan NasDem. Sementara Paslon Romi Hariyanto-Robby Nahliyansyah maju jalur perseorang. Namun saat pendaftaran di KPU Tanjabtim,  empat partai, yaitu PAN, Gerindra, Demokrat, dan Golkar memberikan dukungan ke paslon Romi Hariyanto-Robby Nahliyansyah.

Kemudian Pilkada Bupati Kabupaten Tanjung Jabung Barat (Tanjabar) diikuti tiga paslon yakni 1.Paslon Mukhlis-Supardi diusung koalisi Parpol PKB, NasDem, Demokrat, PBB,  2.Paslon Mulyani Siregar-Amin diusung kolaisi parpol PDI, Golkar dan PPP dan 3.Paslon Anwar Sadat-Khairan diusung oleh koalisi parpol PAN, PKS dan Gerindra.(Asenk Lee Saragih)
Share this article :

Posting Komentar

 

Copyright © 1998. Jambipos Hak Cipta PT JAMBI POS MULTI MEDIA